PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL, E-WOM DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINTIFIC
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh positif dari variabel pemasaran media sosial, EWOM, terhadap keputusan pembelian pada produk skintific yang di mediasi oleh brand awareness. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode nonprobability dengan Teknik purposive sampling yaitu dengan mengumpulkan data melalui pengumpulan kuisoner dengan mengisi pertanyaan yang di sebrakan melalu goegle forms. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil penyebaran kuesioner secara online dengan menggunakan Google Form. Jumlah responden yang mengisi kuesioner tersebut sebanyak 181 responden dengan kriteria pengguna produk Skintific. Analisis hipotesis penelitian ini menggunakan PLS-SEM dengan menggunakan aplikasi Smart-PLS 4 dan hasil yang diperoleh menunjukan hasil penelitian positif atau diterima.
This study aims to identify the positive influence of social media marketing variables, EWOM, on purchasing decisions on skintific products mediated by brand awareness. Data collection in this study used a non-probability method with a purposive sampling technique, namely by collecting data through questionnaires by filling out questions that were distributed through Google Forms. The research data were obtained through the results of distributing questionnaires online using Google Form. The number of respondents who filled out the questionnaire was 181 respondents with the criteria for users of Skintific products. The analysis of the research hypothesis used PLS-SEM using the Smart-PLS 4 application and the results obtained showed positive or accepted research results.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Calistarahma, I. R., & Saputro, E. P. (2023). Pengaruh Promosi media sosial dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen produk skincare Skintific. Dialektika komunikta: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah, 11(2), 125-136.
Djakasaputra, A., & Nawawi, M. T. (2024). The Role of Social Media in Building Trust, Creativity, and Satisfaction for Millennial Entrepreneurs. International Journal of Management Science and Application, 3(2), 98-109.
Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2020). Marketing Research: An Applied Approach. Harlow: Pearson Education Limited.
Nabilanasywa, A., Rajagukguk, N. K., Harahap, A. F., Daffa, M., & Khaira, I. (2024). Pengaruh sosia media marketing melalui media tiktok terhadap minat beli konsumen pada produk skincare Skintific (Studi pada mahasiswa prodi manajmen universitas negri Medan). Jurnal Ekonomi dan Manajemen,3(2), 20-30
Nawawi, M. T., & Delvin, D. (2022). “PENGARUH CITRA MEREK, KESADARAN MEREK DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP NIAT BELI PRODUK X DI JAKARTA”. PROSIDING SERINA, 2(1), 405-414.
Prayogo, E. F., & Yoestini, Y. (2022). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PSIS STORE. Diponegoro Journal of Management, 11(6).
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, CV: Bandung.
Yuniardi, D., & Athalets, F. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Dan Online Customer Review Serta E-WoM Terhadap Online Impulsive Buying Pada Produk Skintific Clay Stick Di E-Commerce Tiktok Shop (Studi Pada Pengguna Produk Skintific Clay Stick Di Kota Samarinda). Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 10241-10255.

