PENGARUH E-WOM, BRAND ATTITUDE DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK ACE HARDWARE DI JAKARTA

Main Article Content

Marcelly Willinna
Sanny Ekawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh, E-WOM, Brand attitude, dan Brand image terhadap Purchase intention produk Ace Hardware di Jakarta.  Responden ini diambil sampelnya menggunakan teknik nonprobability sampling dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dan ukuran sampel dalam penelitian ini 105 responden. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen kuesioner dalam bentuk google form yang disebar melalui media sosial. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Evaluasi Model Struktural (Inner Model). Hasil uji penelitian menunjukkan bahwa E-WOM, Brand attitude dan Brand image berpengaruh signifikan terhadap purchase intention produk Ace Hardware di Jakarta. 


 


This study aims to examine the influence, E-WOM, Brand attitude, and Brand image on Ace Hardware's purchase intention products in Jakarta. These respondents were sampled using a non-probability sampling technique with the design used in this study being descriptive through a quantitative approach. Sampling by purposive sampling technique and sample size in this study was 105 respondents. Data was obtained using a questionnaire instrument in the form of a google form distributed through social media. Data analysis was carried out using Structural Model Evaluation (Inner Model). The results of the research test show that E-WOM, Brand attitude and Brand image have a significant effect on Ace Hardware's purchase intention in Jakarta.

Article Details

Section
Artikel

References

Al-Ja'afreh, A., & Al-Adaileh, R. (2020). Dampak pemasaran elektronik dari mulut ke mulut terhadap minat pembelian konsumen. Jurnal Teknologi Informasi Teoretis dan Terapan.

Banurea, P., Purbawati, D., & Ngatno. (2024). Pengaruh brand image dan negatif elektronik word of mouth terhadap keputusan penggunaan jasa ekspedisi JNE di kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. https://doi.org/10.14710/jiab.2024.40108

Corporate Ace, H. (2024). Increasing Capability, Strengthening Sustainable Business. Laporan berkelanjutan 2023.

Emtrade. (n.d.). SSSG ACES Tumbuh 8% di 2023, Gimana Potensinya Tahun Ini? https://emtrade.id/blog/12526/sssg-aces-tumbuh-8-di-2023-gimana-potensinya-tahun-ini

Firmansyah,A.(2019).Pemasaran Produk Dan Merek. Qiara Media. Gustiko, A.B.(2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Brand Attitude

Imamuddin I. (2021). Pengaruh advertising disclosure language dan influencer credibility terhadap minat beli konsumen melalui sikap merek sebagai variabel intervening.(Studi pada Konsumen UMKM F&B di kabupaten Pasuruan). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial.

Ismayanti, N. A.M., & Santika, I. W. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser , Brand Image Model R R Square Adjusted R Square Std.ErroroftheEstimate 1,821a 0,6740,6711,833 , Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Sepatu Olahraga Nike Di Kota Denpasar. E-Journal Manajemen Unud.

Kumar, S. B., Kumari, R., Kumar, A., Kumar, J., & Tahir, A. (2019). Depression, Anxiety, and Stress Among Final-year Medical Students. Cureus. https://doi.org/10.7759/cureus.4257.

Lestari, D. E., & Gunawan, C. (n.d.). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS). https://www.embiss.com/index.php/embiss/article/view/12

Naderibani, M., Adibzade, M., & Ghahnavihe,, D. (2016). The impact of innovation on going to buy electronics using structural equation modeling (SEM). Journal of Business Management,. https://journal.untar.ac.id/index.php/jmieb/article/view/21956

Negara, G. A., & Rachmawati, I. (2020). Pengaruh E-wom Terhadap Brand Attitude Dan Purchase Intention Produk Sepatu Saint Barkley Di Indonesia Pada Sosial Media Instagram. proceedings of Management.

Nawawi, M. T., & Delvin, D. (2022). “Pengaruh citra merek kesadaran merek dan loyalitas merek terhadap niat beli produk X di Jakarta”. Prosiding Serina, 2(1), 405-414

Putra, R. S. E., & Padmantyo, S. (2023). . Pengaruh E-Wom Dan Brand Awareness Terhadap Online Purchase Intention. Innovative: Journal Of Social Science Research.

Rahmawati, V., & Witjaksono, B. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen.

Rust, R., Lemon, K., & Zeithaml, V. (2016). Return on marketing: Using customer equity to focus marketing strategy. Journal of Marketing. https://doi.org/10.1509/jmkg.68.1.109.24030

Siregar, A. I. (2024). Studi Literature : Hubungan E-WOM dan Keputusan Pembelian. Jurnal ilmu Multidisiplin.

Tahar, A., Sari, R., & Handayani, W. (2016). Analisis tren perkembangan ekonomi digital dan dampaknya terhadap bisnis di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Trisunarno, H. T. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan.

Yusniawati, V., & Prasetyo, A. (2022). Pengaruh E-Wom Dan Brand Image Terhadap Online Purchase Intention Fashion Muslim Pada Milenial Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan.