PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MEREK KONSUMEN UNIQLO DI JAKARTA BARAT
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Apakah terdapat pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek, dan apakah terdapat pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Merek. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Uniqlo di Jakarta Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 150 responden yang merupakan pelanggan Uniqlo di Jakarta Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian ini diolah menggunakan SmartPLS versi 4.0.0 dan Microsoft Excel 2024. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kepercayaan Merek berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Merek pada konsumen Uniqlo di Jakarta Barat, dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Merek pada konsumen Uniqlo di Jakarta Barat.
The purpose of this study is to find out whether there is an effect of Brand Trust on Brand Loyalty, Furthermore, whether there is an effect of Product Quality on Brand Loyalty. The population in this study were consumers of Uniqlo in West Jakarta. The sample used in this study was 150 respondents from customers of Uniqlo in West Jakarta. The sampling technique used was nonprobability sampling with a purposive sampling method. This study was processed using SmartPLS Version 4.0.0 and Microsoft Excel 2024. Overall the results of this study are as stated: Brand Loyalty has a significant effect on Brand Loyalty on consumers Uniqlo in West Jakarta. Moreover, Product Quality has a significant effect on Brand Loyalty on consumers Uniqlo in West Jakarta.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Fatma,Y. A, Mehmet, K., Bianca, S. Z. (2024). Brand Reputation and Trust: The Impact on Customer Satisfaction and Loyalty for the Hewlett-Packard Brand. MDPI Journal 16(22), 9681. https://doi.org/10.3390/su16229681
Hafilah, N. E., Chaer, V. P., & Usman, O. (2019). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, Product Quality, and Price on Purchase Decisions Samsung Smartphones. https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3314080
Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
Hendri, & Budiono, H. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, EWOM terhadap Purchase Intention pada produk H&M pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 371–379.
Hendro, H., & Keni, K. (2020). EWOM Dan Trust sebagai Prediktor terhadap Purchase Intention: Brand Image sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Komunikasi, 12(2), 298. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.7760
Heriyanto, H. & Ie, M. (2024). Peran Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Wirausaha Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Keberhasilan Berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 6(1).
Iswati, H., & Novia, L. (2021). Pengaruh Display, Promosi Penjualan, dan Kualitas Produk Pada Toko Online terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 100–103.
Keller, K. L., Prameswaran, A. M. ., & Jacob, I. (2019). Building, Measuring, and Managing Brand Equity Fourth Edition. Pearson India Education Services 5(6).
Laksono, A. W., Dr. Suryadi, N., SE., MM. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic Journal of Management Research, 3(1):8-16. http://dx.doi.org/10.33019/hjmr.v3i1.1804
Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2020). Sistem Pengendalian Mutu. Surabaya: Metromedia.
Okki, R. I., & Trinanda, O. (2021). Analysis of the influence of brand experience, customer engagement on brand trust through brand attachment as an intervening variable in Gojek users in Padang City. Marketing Management Studies (MMS), 1(2), 132–141. https://doi.org/10.24036/jkmp.v1i1
Ramadhan.T.A, Frendika Yusuf Putra Nugraha, Fatin Navi Cahyati, Selvia Luwinda, Erinna Dian Rahmayanti, dan Marjam Desma Rahadhini. (2023). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Pada Mahasiswa Solo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 229-237. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v16i1
Rather, R. A., & Hollebeek, L. D. (2019). Exploring and validating social identification and social exchange-based drivers of hospitality customer loyalty. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 31(3), 1432–1451.
Rahmawati, R., & Sentana, E. I. P. (2021). The effect of product quality on customer loyalty with the mediation of customer satisfaction. International Journal of Managerial Studies and Research, 9(2). https://doi.org/10.20431/2349-0349.0902004
Sewaka, Anggraini Katry., & Sunarsih, Denok. (2022). Digital Marketing. Penerbit: Pascal Books.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA
Suntoro, W., & Silintowe, Y. B. R. (2020). Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Modus, 32(1), 25–41.
Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh social media marketing terhadap customer engagement dan loyalitas merek pada akun Instagram Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185–198. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/388
Winnie, & Keni. (2020). Prediksi Brand Experience Dan Perceived Quality Terhadap Brand Loyalty. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(2), 501–509. https://lintar.untar.ac.id/repository/penelitian/buktipenelitian_10199028_5A163237.pdf