FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI DI TIKTOK SHOP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh siaran langsung, kepercayaan merek dan ulasan positif terhadap minat beli di Tiktok Shop. Besar sampel penelitian ini adalah 113 orang yang sudah pernah membeli barang melalui Tiktok Shop di Jakarta. Metode purposive sampling digunakan untuk menyebarkan kuesioner secara online dan analisis data dilakukan menggunakan model PLS-SEM melalui perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat beli di Tiktok Shop dipengaruhi oleh siaran langsung dan ulasan positif sedangkan kepercayaan merek tidak dapat mempengaruhi minat beli. Selain itu, hasil penelitian ini menyarankan agar penjual di Tiktok Shop fokus dalam menerapkan siaran langsung dan menjaga ulasan positif untuk meningkatkan minat beli.
This study aims to analyze the influence of live streaming, brand trust, and positive reviews on purchase intention on TikTok Shop. The sample size for this study consists of 113 individuals who have previously purchased products through TikTok Shop in Jakarta. The purposive sampling method was used to distribute the questionnaire online, and data analysis was conducted using the PLS-SEM model through SmartPLS 4 software. The results indicate that purchase intention on TikTok Shop is influenced by live streaming and positive reviews, while brand trust does not have an effect on purchase intention. Furthermore, this study suggests that sellers on TikTok Shop should focus on implementing live streaming and maintaining positive reviews to enhance purchase intention.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustina, L. (2018). Live video streaming sebagai bentuk perkembangan fitur media sosial. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(1), 17-23. Shahnaz, N. B. F., & Wahyono, W. (2016). Faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen di toko online. Management analysis journal, 5(4).
Tiktok juga merupakan aplikasi sosial media dengan potensi yang sangat besar karena Tiktok merupakan aplikasi yang memiliki pertumbuhan pengguna tercepat pada tahun 2021. Databoks, 2021
Wang, X., & Cheng, Z. (2020). Cross-sectional studies: strengths, weaknesses, and recommendations. Chest, 158(1), S65-S71.
Leislee, J., & Nawawi, M. T. (2024). Pengaruh Brand Trust, Brand Awareness, dan Perceived Quality terhadap Purchase Intention Produk Private Label Jakarta (Studi Kasus pada Indomaret). Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 6(3), 619-627.
Maslowska, E., Malthouse, E. C., & Bernritter, S. F. (2017). Too good to be true: the role of online reviews’ features in probability to buy. International Journal of Advertising, 36(1), 142-163.
Pardianti, M. S. (2022). Pengelolaan konten tiktok sebagai media informasi. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 187-210.
Putra, J. S., & Cokki, C. (2023). FACTORS INFLUENCING CUSTOMER LOYALTY TOWARD MIXUE ICE CREAM AND TEA SHOP IN JAKARTA. International Journal of Application on Economics and Business, 1(3), 1669-1680.