ANALISIS PERAN INOVASI, KREATIVITAS DAN MODAL SOSIAL TERHADAP KESUKSESAN STARTUP MAHASISWA UNIVERSITAS TARUMANAGARA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh inovasi, kreativitas, dan modal sosial terhadap keberhasilan startup bisnis online di kalangan mahasiswa Universitas Tarumanagara. Dalam penelitian ini, teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel, dengan jumlah responden sebanyak 99 mahasiswa yang aktif menjalankan startup bisnis online. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang disebarkan menggunakan Google Form. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah dengan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Inovasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan startup bisnis online, menunjukkan bahwa kreativitas dalam menciptakan produk atau layanan baru memainkan peran penting dalam mendorong keberhasilan startup, 2) Kreativitas memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap kesuksesan startup, mencerminkan pentingnya ide-ide baru dan kemampuan berpikir inovatif untuk memenangkan persaingan pasar, dan 3) Modal sosial juga berdampak positif secara signifikan, menegaskan peran hubungan sosial, jaringan, dan kolaborasi dalam mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa inovasi, kreativitas, dan modal sosial merupakan elemen kunci yang harus diperhatikan oleh mahasiswa untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan bisnis online mereka di era digital yang kompetitif.
ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze the influence of innovation, creativity, and social capital on the success of online business startups among Universitas Tarumanagara students. In this research, purposive sampling was employed to determine the sample, involving 99 students actively running online business startups. Data was collected through online questionnaires distributed via Google Forms. The data analysis was conducted using the Structural Equation Modeling (SEM) approach processed with SmartPLS version 4.0 software. The results show that 1) Innovation has a positive and significant impact on the success of online business startups, highlighting the importance of creativity in developing new products or services to drive startup success, 2) Creativity contributes positively and significantly to startup success, emphasizing the role of innovative ideas and thinking to compete in the market, and 3) Social capital also has a positive and significant impact, underscoring the role of social relationships, networks, and collaboration in supporting business growth and sustainability. This study implies that innovation, creativity, and social capital are key elements that students should consider enhancing the competitiveness and sustainability of their online businesses in a competitive digital era.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abubakar, Dr. Drs. H. R. (n.d.). Pengantar Metodologi Penelitian.
Batoebara, M. U. (2021). Inovasi dan Kolaborasi Dalam Era Komunikasi Digital.
Blank, S., & Dorf, B. (2020). The Step-by-Step Guide for Building a Great Company The Startup Owner’s Manual.
Chaffey, D., & Chadwick, F. E. (2016). Digital Marketing Strategy, Implementation and Practice. www.pearson.com/uk
CNBC Indonesia. (2022, October 3). Jokowi ungkap banyak startup RI gagal total, ini penyebabnya. Retrieved November 24, 2024, from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20221003085102-37-376659/jokowi-ungkap-banyak-startup-ri-gagal-total-ini-penyebabnya
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis Eight Edition. www.cengage.com/highered
Hannes Widjaja, O., Budiono, H., & Olivia, G. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Karakteristik Kewirausahaan Serta Motivasi Pada Keberhasilan Usaha Kota Pontianak.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2020). E-commerce 2020 - 2021 business. technology. society. Pearson.
Purwantini, S., Rusdianti, E., & Wardoyo, P. (2021). Kreativitas Kewirausahaan. In Jurnal Tematik (Vol. 3, Issue 2).
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business : A Skill-Building Approach. www.wileypluslearningspace.com
Widjaja, O. H., Budiono, H. dan Olivia, G., 2022. Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, karakteristik kewirausahaan serta motivasi pada keberhasilan usaha kota Pontianak. Prosiding Seri Seminar Nasional, 2(1), hlm. 199–208. doi: 10.24912/pserina.v2i1.18531.