FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASIONAL PEGAWAI

Main Article Content

Veroansyah Halim
Mei Ie

Abstract

Perilaku kewargaan organisasional melibatkan tindakan yang membantu organisasi, seperti membantu rekan kerja dan memberikan kontribusi berarti untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi secara keseluruhan, baik di dalam atau luar kewajibannya sebagai pegawai organisasi tersebut. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku kewargaan organisasional adalah kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan membuktikan adanya pengaruh kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja terhadap perilaku kewargaan organisasional. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 58 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Penelitian ini menggunakan software SmartPLS4 sebagai sarana pengolahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kewargaan organisasional, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kewargaan organisasional. Implikasi dalam penelitian ini yang perlu diperhatikan oleh perusahaan adalah bahwa pemimpin perlu lebih objektif dalam pembagian, pengarahan dan pengawasan serta memperhatikan interaksi para pegawai guna meningkatan perilaku kewargaan organisasional pegawai.

Article Details

Section
Artikel

References

Afandi, P. (2018). Manajemen sumber daya manusia (Teori, Konsep dan Indikator)

Ajabar. (2020). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.

Hair, J. F. et. al. (2017). Partial Least Squares Structural Equation ModelingBased Discrete Choice Modeling: An Illustration In Modeling Retailer Choice. Business Research. 12(1) : 115-142

Irawan, F., & Ie, M. (2022). The Effect of Work Environment and Job Satisfaction on Employee Organizational Commitment. Proceedings of the 3rd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2021), 655, 1452-1457. https://www.atlantis-press.com/proceedings/ticash-21/125973245

Kumala, H. R., & Agustina, T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Perhubungan, Komunikasi Dan Informatika. Kindai, Vol. II(1). 34-40

Napitupulu, D. (2018) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (studi pada perawat Rumah Sakit Puri Husada di Tembilahan). Jom Fisip , 5(1).

Prasetyaningtyas W.S, Raharjo K & Afrianty T.W. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Knowledge Sharing dan Kepuasan Kerja. 23(2). 370-399.

Purjani. N. L. P., & Riani. I. G. (2019). The Implication of Person-Job Fit and Person – Organization Fit on Organizational Citizenship Behavior. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(9). 1625-1630

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif untuk peneltian Yang Bersifat : Eksploratif, Enterpretif dan Konstruktif.

Suhardi, G. T dan Ie, M. (2022), Peran Gaya Kepemimpinan, Perilaku Kewargaan Organsiasional dan Stres Kerja terhadap Turnover Intention. Jurnal Manajemen Maranatha (JMM). 22(2). 183-192.

Syafrina, N., (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Aspacindo. Jurnal Benefita. 1 (1). (34-35).

Widianingrum. V. I, (2021). Peran Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour (studi pada CV. MARGA MITRA). 1(1)

Zahra. R. R dan Rina. N. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit di Kota Bandung, Jurnal Lontar. 6(1). 43-67.