FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ONLINE DI TOKOPEDIA PADA MAHASISWA FEB UNTAR JAKARTA

Main Article Content

M. Tony Nawawi
Purwanto P.
Darryl Darryl
Jennifer Dinata

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, keamanan, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Purposive Random Sampling dan jumlah sampel sebanyak 120 Mahasiswa. Alat analisis yang digunakan adalah PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel keamanan, dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Website Tokopedia. Sedangkan variable kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Website Tokopedia.

Article Details

Section
Artikel

References

---------------, dan Amstrong, (2001). Prinsip-Prinsip Manajemen, Jilid 1. Edisi Kedelapan Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing, MBA., Jakarta: Erlangga

-----------------, dan Kevin Lane Keller. ( 2012). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga

--------------, dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga

Aghdaie, S.F.A. (2011). Evaluation of the Consumers Trust Effect on Viral Marketing Acceptance Based on the Technology Acceptance Model. International Journal of Marketing Studies. Vol. 4, No. 6

Archana dan Vandana. (2012). Ajzen’s Theory of Planned Behavior and Social Media Use by College Students”, American Journal of Psychological Research

Baskara, Isnain Putra dan Hariyadi Guruh. (2013). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi akan Resiko terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social Networking Websites) (Studi Pada Mahasiswa di Kota Semarang). FEB Universitas Dian Nuswantoro. Semarang

Davis, F.D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3)

Dharma, Fitra. (2006), ‘Pengaruh Structural Assurance dan Perceived Reputation terhadap Trust Pengguna Internet di Sistem e-commerce’. Makalah Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang, 23-26 Agustus.Djarwanto PS dan Pangestu Subagyo. 2011. Statistik Induktif. Edisi 4: BPFE Yogyakarta

Engel, J. F., Blackwell, R. D., dan Miniard, P. W. (1994). Consumer Behavior, Eigth Edition, Forth Worth: The Dryden Press

Gefen, D. (2003). E-commerce: The Role of Familiarity and Trust. Omega 28(5)

Goenardi, S. B., (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Beli pada Tiket Online Kereta Api di Surabaya. satriyabinangkit@yahoo.com. Surabaya.

Hahn-Youl. (2002). The Effects of Consumer Risk Perception on Pre-purchase information in Online Auctions: Brand, Word-of-Mouth, and Customized Information. Journal of Computer-Mediated Communication

Hardiawan, Anandya Cahya, (2013). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online Tokobagus.com), Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang

Katawetawaraks, Chayapa., & Wang, Cheng Lu. (2011). Online Shopper Behavior: Influences Of Online Shopping Decision. Asian Journal of Business Research, Vol. 1 No. 2

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. PT. Prenhalindo. Jakarta

Lamb, Charles. W, Hair, Joseph P, Dan Mc.Daniel, Carl. (2001). Pemasaran, Terjemahan, Jilid I. Jakarta: PT. Salemba Empat

Laudon, Kenneth C., & Jane, P. Laudon. (2012). Manajemen Information System: Managing the Digital Firm. New Jersey: Prentice-Hall.

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Salemba Empat

Mayer, R.C., Davis, J. H., dan Schoorman, F. D., (1995). An Integratif Model of Organizational Trust, Academy of Management Review, 30 (3): 709- 734.

Mujiyana, Ingge Elissa. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. FE Universitas Gunadarma. Semarang

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. (2001). Perspektif e-Business: Tinjauan Teknis, Manajerial, danStrategi. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta

Park, Chung-Hoon, and Young-Gul Kim. (2006). “The Effect of Information Satisfaction and Relational Benefit on Consumers Online Site Commitmennts”. Journal of Electronic Commerce in Organizations, Vol. 4, No. 1

Raman, Arasu, and Viswanathan A. (2011). Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer. IJCA Special Issue on “Wireless Information Networks & Business Information System”. WINBIS

Schiffman, Leon & Kanuk, Leslie Lazer. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Methods for Business. In A Skill-Building Approach (Seventh Ed, hal. 237–266). Chichester: Wiley.

Situmorang. (2010). Analisis Data Penelitian; Menggunakan Program SPSS, Terbitan Pertama. Medan: USU Press

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhir, dkk. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Terhadap Pengguna Situs Website www.Kaskus.co.id). Jurnal Administrasi Bisnis.Vol. 8. No. 1

Sukma, Abdurrahman Adi. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites. Jurnal Ekonomi Manajemen. Jakarta

Sumarwan, Ujang. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia

Suresh A.M. (2011). The relationships between 3-D advertisings and risk perceptions on the Web: The mediating role of brand and emotion. Unpublished Working Paper, UMIST, UK

Suresh dan Shashikala. (2011). A Survey of the Effect of Consumers’ Perceived Risk on Purchase Intention in E-Shopping. Business Intelligence Journal

Tjiptono, Fandy. (2011). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta

Verina, Eunike, Edy Yulianto dan Wasis A. Latief. (2014). Faktor-Faktor Yang Mmepengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook (Survei pada Konsumen Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook yang berlokasi di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 10 No. 1

Widiana, M. E., Supit, H., & Hartini, S. (2012). Penggunaan Teknologi Internet dalam Sistem Penjualan On-line untukMeningkatkan Kepuasan dan Pembelian Berulang Produk Batik padaUsaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 14 No. 1