KERANGKA KERJA MANAJEMEN RISIKO RANTAI PASOKAN UNTUK MENGURANGI RISIKO PADA TOKO SINAR SURYA TEHNIK

Main Article Content

Lidya Lidya
Natalia Natalia
Margareth Laurent
Mohammad Agung Saryatmo

Abstract

Persaingan bisnis saat ini semakin ketat dari berbagai bidang yang ada, sedangkan tidak semua bisnis sangat memperhatikan rantai pasok dan menerapkan sesuai tatanannya dengan baik. Dalam menjalankan bisnisnya, Toko Sinar Surya Tehnik memiliki risiko-risiko yang dapat menghambat kelancaran jalannya usaha. Toko Sinar Surya Tehnik menjual berbagai macam produk yang didapatkan dari agen, distributor, dan produsen. Meminimalisasi kemungkinan terjadinya risiko dalam bisnis dapat dimulai dengan mengendalikan, sekaligus mengontrol aktivitas rantai pasok dengan melibatkan manajemen atau tata kelola rantai pasok. Penelitian dilakukan di Toko Sinar Surya Tehnik, dengan tujuan untuk mengidentifikasi risiko yang memiliki peluang untuk terjadi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling, dan data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Ada juga tahapan analisis data yang dilakukan dengan menjabarkan proses bisnis dengan melibatkan SCOR, yaitu Plan, Source, Make, Deliver, dan Return. Peneliti mengidentifikasi risiko tersebut dengan menggunakan risk maps. Dari identifikasi risiko yang sudah dilakukan ditemukan sebanyak 42 risiko yang dibagi berdasarkan pemetaan yang diperoleh melalui perkalian antara angka probabilitas dengan angka konsekuensi. Hasil dari pemetaan tersebut terdiri dari 3 tingkatan, yaitu 8 risiko tingkat sedang, 29 risiko tingkat tinggi, 5 risiko tingkat sangat tinggi. Setelah mengidentifikasi risiko berdasarkan tingkatannya, peneliti juga menyusun upaya pencegahan risiko.

Article Details

Section
Artikel

References

Chukwuka, O.J., Ren, J., Wang, J. & Paraskevadakis, D. (2023). A comprehensive research on analyzing risk factors in emergency supply chains. Journal of Humanitarian Logistics and Supply Chain Management, Vol. 13 No. 3, pp. 249-292.

Kilubi, I., & Rogers, H. (2018). Bridging the gap between supply chain risk management and strategic technology partnering capabilities: insights from social capital theory. Supply ChainManagement: An International Journal, 23(4), 278-292.

Pringgadini, S. A., & Basiya, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Perceived Security, Dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan E-Payment Pospay. SEIKO : Journal of Management Business, 5(1), hal 574-584.

Pujawan, I. N. & Mahendrawathi, E.R. (2017). Supply Chain Management (3rd ed). Surabaya: Guna Widya.

Qintharah, Y. N. (2018) Perancangan Penerapan Manajemen Risiko. Jurnal Riset Akuntansi & Komputerisasi Akuntansi, Vol. 10, No.1, hal 67-86.

Rustam, B. R. (2017). Manajemen Risiko: Prinsip, penerapan, dan Penelitian, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfa Beta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r & d). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tjaja, A. I. S., Dio, R. S., & Arif, I. (2019). Meminimasi Risiko pada Rantai Pasok Menggunakan Kerangka Kerja Supply Chain Risk Management di PT. Adhi Chandra Dwiutama. Jurnal Rekayasa Hijau, Vol. 3, No. 1, hal: 29-40.

Tummala, R., & Schoenherr, T. (2011). Assessing and Managing Risks Using the Supply Chain Risk Management Process (SCRMP)’, Supply Chain Management: An International Journal, vol.16, no.6.

Yap, P. (2017). Panduan Praktis Manajemen Risiko Perusahaan. Growing Publishing.

Yasa, I.W.W., Dharma, I.G.B.S., & Sudipta, I.G.K. (2013). Manajemen Risiko Operasional dan Pemeliharaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Bangli di Kabupaten Bangli. Jurnal Spektran, Vol 1 No 2 Juli 2013, Hal 30–38.