ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN TEPUNG TERIGU DENGAN PENDEKATAN ECONOMIC ORDER QUANTITY PADA UMKM HANKEIKEU

Main Article Content

Heni Nastiti
Mayang Nabila Sari
Eveline Hana
Ni Nyoman Ayu Astipurani
Talitha Sahda Azaria

Abstract

Mengontrol persediaan bahan baku adalah salah satu masalah yang penting bagi bisnis. Hal tersebut dikarenakan pengendalian persediaan bahan baku secara langsung memengaruhi berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan bisnis secara keseluruhan untuk menjalankan operasinya. Tanpa pengendalian bahan baku, bisnis dapat mengalami masalah seperti keterlambatan dalam memenuhi permintaan pelanggan, yang dapat memengaruhi profitabilitasnya. Dalam project ini menggunakan UMKM Hankeikeu menjadi subjek kajian serta pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan owner Hankeikeu. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui seberapa optimal persediaan tepung terigu pada Hankeikeu dengan menggunakan metode EOQ. Bila persediaan bahan baku dikendalikan dengan menggunakan metode EOQ maka biaya persediaan akan menjadi lebih kecil dan lebih efisien.

Article Details

Section
Artikel

References

Larasati, W., Yateno, Y., & Japlani, A. (2022, October). Analisis Pengendalian Persediaan Tepung Terigu Pada Umkm Dengan Pendekatan Economic Order Quantity Pada Toko Kue Sahara Cake Di Gantimulyo Pekalongan Lampung Timur. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Snppm) Universitas Muhammadiyah Metro (Vol. 4, No. 1, pp. 79-89).

Lukmana, T., & Yulianti, D. T. (2015). Penerapan Metode EOQ dan ROP (Studi Kasus: PD. Baru). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 1(3).

Pongoh, M. (2016). Analisis Penerapan Manajemen Rantai Pasokan Pabrik Gula Aren Masarang

Sulaiman, F., & Nanda, N. (2018). Pengendalian Persediaan Bahan Baku DenganMenggunakan Metode Eoq Pada Ud. Adi Mabel. Jurnal Teknovasi: Jurnal Teknik dan Inovasi Mesin Otomotif, Komputer, Industri dan Elektronika, 2(1), 1-11.

Supit, T., & Jan, A. H. (2015). Analisis Persediaan Bahan Baku Pada Industri Mebel di Desa Leilem

Talumewo, P. O., Kawet, L., & Pondaag, J. J. (2014). Analisis Rantai Pasok Ketersediaan Bahan Baku di Industri Jasa Makanan Cepat Saji Pada KFC Multimart Ranotana

Vistasusiyanti, V., Kindangen, P., & Palandeng, I. D. (2017). Analisis manajemen rantai pasokan spring bed pada PT. Massindo Sinar Pratama Kota Manado. Jurnal EMBA:

Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Wahyudi, R. (2015). Analisis pengendalian persediaan barang berdasarkan metode eoq di Toko Era Baru Samarinda. Ejournal Ilmu Admistrasi Bisnis, 2(1), 162-173.