PERANAN JOB POSITION DALAM MENDUKUNG MANAJEMEN SKY BLUE RESORT
Main Article Content
Abstract
Teknologi memberikan dampak yang penting terhadap bisnis, khususnya perhotelan dimana sekarang tamu memiliki ketergantungan secara digital dan menginginkan kemudahan serta fleksibilitas dalam pemesanan. Salah satunya dapat dilihat dari transaksi, pemesanan, dan layanan. Perubahan inilah menjadi salah satu alasan industri perhotelan perlu berinovasi dan kreatif dalam menciptakan ide baru melalui penggunaan teknologi dalam sistem hotel, penggunaan software aplikasi yang bekerja sama dengan programmer sehingga tamu dapat dengan mudah melakukan pemesanan secara langsung tanpa harus bertransaksi menggunakan uang tunai. Adanya perkembangan inilah yang mengharuskan hotel memiliki sumber daya yang handal sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. Dengan demikian, job position menjadi faktor krusial yang harus diperhatikan untuk mendukung jalannya bisnis agar tidak salah penempatan dan sumber daya yang ada dapat berkontribusi secara maksimal untuk kemajuan hotel. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Pada penelitian ini diteliti peranan job position khususnya sebagai cook di hotel commercial dalam mendukung manajemen Sky Blue Resort dari segi proses bisnis, manajemen operasional, rekrutmen dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penempatan peran pekerjaan yang sesuai dapat mendukung proses bisnis pada perhotelan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Booking.com. (2023). Mandarin Oriental Bangkok - SHA Extra Plus. https://www.booking.com/hotel/th/mandarin-oriental-bangkok.id.html
Expedia. (2023). Find hotels by Mandarin Oriental Hotel Group in Canary Wharf. https://www.expedia.com/Canary-Wharf-London-Hotels-Mandarin-Oriental-Hotel-Group.0-n179523-0--bMandarinOrientalHotelGroup.Travel-Guide-Filter-Hotels
Fatimah, F. N. D. (2021). Panduan Praktis Evaluasi Kinerja Karyawan (Indah (ed.)). Anak Hebat Indonesia.
Hayati, N., & Yulianto, E. (2021). Efektivitas Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 98–115. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.958
Kadarisman, M. (2011). Pengertian dan Filosofi Manajemen Kompensasi. Manajemen Sumber Daya Manusia, 1–53.
Setiani, B. (2013). Dalam Proses Rekrutmen Tenaga Kerja Di Perusahaan. Manajemen Sumber Daya Manusia, 1(1), 41.
Sudjudiman, H., & Najicha, F. U. (2020). Pengaturan Pemutusan Hubungan Kerja (Phk) di Indonesia dan Singapura. UIR Law Review, 4(2), 40–50. https://doi.org/10.25299/uirlrev.2020.vol4(2).6767
Suherman, U. D. (2019). Orientasi dan Pengembangan Pegawai dalam Peningkatan Kinerja Pegawai di Pegadaian Syariah. ’Adliya, 13(1), 1.
Wiyono, F. (2016). PROSES PEREKRUTAN DAN SELEKSI KARYAWAN PADA PERUSAHAAN. JURNAL MANAJEMEN, 2(1), 11–40.
Sale, M. J., Lohfeld, L. H., & Brazil, K. (2002). Revisiting the quantitative-qualitative debate: Implication for mixed-method research. Quality and Quantity, 36(1), 43-53.
Kasinath, H. M. (2013). Understanding and using qualitative methods in performance measurement. Journal of Educational Studies, Trend and Practices, 3(1), 46-57.
McCusker, K., & Gunaydin, S. (2015). Research using qualitative, quantitative or mixed methods and choice based on the research. Perfusion. DOI: 10.1177/0267659114559116
Sofaer, S. (1999). Qualitative methods: what are they and why use them?. Health Services Research 34:4 Part II (December 1999)