PENGARUH KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN DAN ENTREPRENEURIAL ROLE MODEL TERHADAP INTENSI KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SEKOLAH LUAR BIASA

Main Article Content

Mei Ie
Hetty Karunia Tunjungsari
Salsabila Ayunda Martsa Buana

Abstract

Kewirausahaan dinilai sangat menarik bagi disabilitas karena memungkinkan mereka untuk menyesuaikan pekerjaan mereka dan mengakomodasi kecacatan mereka. Pengembangan kewirausahaan bagi disabilitas tidak dapat dilepaskan dari pengembangan karakteristik kewirausahaan. Seorang wirausaha harus memiliki pemikiran terbuka akan segala hal terutama mengenai ide bisnis baru dalam hidupnya karena kewirausahaan memerlukan pemikiran inovatif, melakukan apa yang direncanakannya dengan berani, dan menghasilkan berbagai ide baru untuk meningkatkan usahanya. Wirausahawan pun membutuhkan role model yang lebih tinggi profil atau jabatannya sebagai panutan dalam mendukung pengembangan bisnis mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik kewirausahaan dan motivasi terhadap intensi kewirausahaan. Metode purposive sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian adalah para siswa Sekolah Luar Biasa di Tanjungpandan. Data pada penelitian ini diolah dengan menggunakan SmartPLS 3.3.3. Hasil penelitian yang diperoleh adalah karakteristik kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi kewirausahaan. Motivasi juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi kewirausahaan.

Article Details

Section
Artikel

References

Adesola, S., Outer, B. & Muller, S. (2019). New entrepreneurial worlds: Can the use of role models in higher education inspire students? The case of Nigeria. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 11(4), 465- 491.

Alferaih, A. (2022). Starting a new business? Assessing university students’ intentions towards digital entrepreneurship in Saudi Arabia. International Journal of Information Management Data Insights, 2 (2), Article 100087.

Balcazar, F.E., Kuchak, J., Dimpfl, S., Sariepell, V. and Alvarado, F. (2014). An empowerment model of entrepreneurship for people with disabilities in the United States. Psychosocial Intervention, 23, 145-150. Doi: http://dx.doi.org/10.1016/j.psi.2014.07.002

Bird, B. (2019). Toward a theory of entrepreneurial competency. Advances in Entrepreneurship, Firm Emergence and Growth, 21, 115–131. https://doi.org/10.1108/S1074-754020190000021011

Dhamayantie, E., dan Fauzan, R. (2017). Penguatan karakteristik dan kompetensi kewirausahaan untuk meningkatkan kinerja UMKM. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. 11(1), 80-91. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2017.v11.i01.p07

Fellnhofer, K. & Mueller, S. (2018). “I want to be like you!”: The influence of role models on entrepreneurial intention. Journal of Enterprising Culture, 26(2), 113–153.

Gedik, S., Miman, M., Kesici, M. S. (2015). Characteristics and Attitudes of Entrepreneurs Towards Entrepreneurship. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 195, 1087-1096, doi: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.153

Liu, F., Ma, J., & Li., R. (2019). Which role model is more effective? Storytelling and entrepreneurial intention in entrepreneurship education. Frontiers in Psychology, 10(837), 1-12.

Van, T. T., Do, Q. H., & Luong, M. H. (2019). Entrepreneurial human capital, role models, and fear of failure and start-up perception of feasibility among adults in Vietnam. International Journal of Engineering Business Management, 11(1), 1-11.

Wahidmurni, W., & Baihaqi, J. (2019). Entrepreneurial intentions and its influencing factors: A Survey of student cooperative members in Indonesia. In Advances in economics, business and management research, 1st International Conference on Islamic Economics and Business (ICONIES): 101 (pp. 162–166). Maulana Malik Ibrahim Islamic State University Malang.

Youssef, A. B., Boubaker, S., Dedaj, B., & Voskhi, M. C. (2021). Digitalization of the economy and entrepreneurship intention. Technological Forecasting and Social Change. 164, doi: https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120043