PENDALAMAN DASAR AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA/I SMA SANTO KRISTOFORUS 1 PADA ILMU AKUNTANSI
Main Article Content
Abstract
The decline in the number of students choosing accounting majors at several universities in Indonesia is a serious concern, especially considering the importance of accounting in the world of business and economics. Accounting plays an essential role in preparing financial reports which are the basis for decision making for stakeholders, both internally and externally. However, at the high school level, as is the case at SMA Santo Kristoforus 1, students still find it difficult to understand basic accounting concepts, and one of them is general journals. This is due to limited learning time and material that is considered complicated by students. Therefore, the Faculty of Economics and Business, Tarumanagara University (Untar) is implementing a Community Service (PKM) program with the aim of providing teaching about general accounting journals to Santo Kristoforus 1 SMA students. Through interactive offline teaching methods and quiz games based on the Kahoot platform , this activity not only succeeded in attracting a little student interest, but also succeeded in deepening the students' understanding of basic accounting and general journals. The evaluation results showed that 50% of participants were able to answer the quiz questions correctly, indicating an increase in understanding, although not optimal. It is hoped that this PKM activity can be the first step in introducing accounting in a more interesting way and building students' interest in this field for further study in the future.
ABSTRAK
Penurunan jumlah mahasiswa yang memilih jurusan akuntansi di beberapa universitas di Indonesia menjadi perhatian serius, terutama mengingat pentingnya akuntansi dalam dunia bisnis dan ekonomi. Akuntansi memainkan peran esensial dalam penyusunan laporan keuangan yang menjadi dasar pengambilan keputusan bagi pemangku kepentingan, baik secara internal maupun eksternal. Namun, di tingkat SMA, seperti yang terjadi di SMA Santo Kristoforus 1, para siswa masih merasa kesulitan memahami konsep dasar akuntansi, dan salah satunya adalah jurnal umum. Hal ini disebabkan karena waktu pembelajaran yang terbatas dan materi yang dianggap rumit oleh para siswa-siswi. Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara (Untar) melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tujuan memberikan pengajaran mengenai jurnal umum akuntansi kepada siswa-siswi SMA Santo Kristoforus 1. Melalui metode pengajaran luring yang interaktif dan permainan kuis berbasis platform Kahoot, kegiatan ini tidak hanya berhasil menarik sedikit minat siswa-siswi, tetapi juga berhasil memperdalam pemahaman siswa-siswi terkait akuntansi dasar dan jurnal umum. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 50% peserta mampu menjawab soal kuis dengan benar, menunjukkan adanya peningkatan pemahaman walaupun belum optimal. Kegiatan PKM ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang positif dalam memperkenalkan akuntansi dengan cara yang lebih menarik dan membangun minat siswa dalam bidang ini untuk studi lanjutan di masa depan, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi keuangan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Weygant, Jerry J., Paul D. Kimmel, And Donald E. Kieso., (2014). Financial Accounting with International Financial Reporting Standards. (2th ed). United States: John Wiley & Sons Inc.
Sembiring, D.M. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Kurangnya Minat Siswa Memilih Jurusan Akuntansi Kelas X DI SMK Kansai Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, Vol 7. Jurnal(1), 2. E-ISSN:2598-3252. Retrieved from https://journal.uir.ac.id
Tampubolon, B.E., Fadiya, S.I.N., & Putri, S.A. (2022). Garis Abu – Abu Dunia Akuntansi: Keresahan Klise Antara Punah Atau Bertahan. Prosiding ASIC 2022, Vol 1. Jurnal(1), 12-13. Retrieved from https://prosidingakt.ukdw.ac.id
Anwar, S., Setiawan, A.B., & Ningsih, K.F. (2024). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan Program Studi Akuntansi Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Krisnadwipayana, Vol 11. Jurnal(2), 2. DOI : https://doi.org/10.35137/jabk.v11i2.414
Urong, R.O. (2020). Persepsi Guru Sosiologi Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 Di Sma Negeri 1 Maurole Kabupaten Ende. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 5. Jurnal(2), 2-6. P-ISSN 2477-1287 E-ISSN 2745-7516. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id
Wardani, F.K., Wardana, B.K. (2022). Prinsip Dasar dan Konsep Dasar Akuntansi. Asian Journal of Management Analytics, Vol 1. Jurnal(2), 2. Retrieved from https://journal.formosapublisher.org/
Jurnal Umum Akuntansi: Contoh dan Cara Membuatnya. (20 Des. 2023). PPM School Of Management. Diakses tanggal 2 Okt. 2024, dari https://ppmschool.ac.id/jurnal-umum-akuntansi/