PERAN MEDIA DIGITAL DALAM MEMBANTU PERKEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PADA PRODUK GLACIE

Main Article Content

Thomas Wilson Lius Winardi
Nastasya Cindy Hidajat

Abstract

Over the past few years, there have been developments in the f&b industry that have made entrepreneurs continue to innovate, this is due to changes in product marketing. This change occurs as a result of technological advances and the digitalization era which makes buyers prefer to switch from offline to online because it makes it easier to find products that match their desires. The change to the digitalization era has become an opportunity that brings many conveniences for SMEs in continuing to develop innovations in products and also provides a sense of security in their data collection. In this era, there are various digital platforms and technologies that allow SMEs to conduct business activities more efficiently. They are able to optimally reach a wider market, interact directly with consumers, and use data to understand market desires. In addition, the digitalization era that encourages innovation allows SMEs to continue to create new ideas so that they can improve their business competitiveness. By utilizing technology, entrepreneurs are able to adapt easily and quickly to market changes and create new opportunities that can bring sustainable growth to their business. The role of digital media has become a platform to expand the market so that it can reach buyers optimally. With the application of digital media in Glacie's business, it is hoped that it will be able to reach the market optimally and can help make every business activity more efficient. Through a good strategy, the benefits of using digital media can be seen from purchasing products without having to come to the store, tidier data collection so as to shorten product manufacturing time, and the process of collecting sales and payment data.


ABSTRAK


Melalui beberapa tahun belakangan telah terjadi perkembangan pada industri f&b yang menjadikan para pengusaha terus melakukan inovasi hal ini diakibatkan karena telah terjadi perubahan dalam pemasaran produk. Perubahan ini terjadi akibat dari kemajuan teknologi dan era digitalisasi yang   membuat para pembeli lebih memilih beralih dari luring ke daring dikarenakan lebih mempermudah dalam mencari produk yang sesuai dengan keinginan. Perubahan ke era digitalisasi telah menjadi peluang yang membawa banyak kemudahan bagi pelaku UKM dalam terus mengembangkan inovasi pada produk dan juga memberikan rasa aman pada pendataan mereka. Dalam era ini, terdapat berbagai macam platform dan teknologi digital yang memungkinkan para pelaku UKM untuk melakukan kegiatan usaha menjadi lebih efisien. Mereka mampu untuk menjangkau lebih optimal pasar yang lebih luas, berinteraksi langsung dengan para konsumen, dan memakai data untuk memahami keinginan pasar. Selain itu, era digitalisasi yang mendorong inovasi sehingga memungkinkan para pelaku UKM dapat terus membuat ide-ide baru sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya saing usaha mereka. Dengan memanfaatkan teknologi, para pengusaha mampu beradaptasi dengan mudah dan cepat terhadap perubahan pasar dan menciptakan sebuah peluang baru yang dapat membawa sebuah pertumbuhan berkelanjutan bagi usaha mereka. Peran media digital ini telah menjadi suatu wadah untuk memperluas pasar sehingga dapat menjangkau pembeli secara optimal. Dengan penerapan media digital dalam usaha Glacie diharapkan mampu untuk mencapai pasar secara optimal serta dapat membantu agar setiap kegiatan usaha lebih efisien. melalui strategi yang baik,manfaat dari penggunaan media digital dapat terlihat dari pembelian produk tanpa harus mendatangi toko, pendataan lebih rapi sehingga mempersingkat waktu pembuatan produk, dan proses pengumpulan data penjualan dan pembayaran.

Article Details

Section
Articles

References

Kumparan. Arundaya, R. (2023, January 8). Pengaruh Teknologi dalam Perkembangan Wirausaha. Kumparan. https://kumparan.com/raihanarundaya/pengaruh-teknologi-dalam-perkembangan-wirausaha-1zWVcyli01C

Kompas. Maharani, A. S. A., & Alexander, H. B. (2022, October 28). “Food and Beverage” Mendominasi Serapan Mal di Jakarta . Kompas. https://www.kompas.com/properti/read/2022/10/28/080000121/-food-and-beverage-mendominasi-serapan-mal-di-jakarta

Prajogi, M. B., Utama, L., & Verawati. (2023). Inovasi dan Pengembangan Produk pada Usaha Pakaian Batik Milenial. Jurnal Serina Abdimas, 1, 250–256.