PELATIHAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI BAGI MURID SMA KRISTOFORUS 1 DALAM KEGIATAN ASISTENSI MENGAJAR

Main Article Content

Nicholas Richardson
Liana Susanto

Abstract

Education of accounting material for students at Kristoforus 1 High School is an "merdeka belajar kampus merdeka" activity held by Tarumanagara University students and lecturers with the aim of having a positive impact on education in Indonesia. This activity was held because Kristoforus 1 High School students received accounting lessons only in class 12 in second semester, and that accounting lessons were combined with economics lessons. This training is carried out by providing additional knowledge regarding basic accounting equations. providing material regarding basic accounting equations is carried out offline every Thursday starting from 15 August 2024 to 19 September 2024. This training is held at 14.30-16.00 at each meeting which is attended by students from SMA Kristoforus 1. The significance of this training is that it provides knowledge of basic accounting equations. This activity begins with a presentation of the material and then continues with practice questions. It is also possible for the teachers and students of SMA Kristoforus 1 to hold discussions related to the material provided. It is hoped that the provision of material regarding accounting will provide provisions for Kristoforus 1 High School students to pursue higher education and also prepare them for the world of work. As a measure of success, the teacher provides exercises in the form of spontaneous quizzes to determine the extent of students' understanding of the material provided. As many as 85% of Kristoforus 1 High School students were able to answer correctly the quiz given by the teacher. These results are proof that the teaching assistance activities carried out at Kristoforus High School have had a positive impact on students.


ABSTRAK


Pendalaman materi akuntansi bagi siswa-siswi di SMA Kristoforus 1 merupakan kegiatan “merdeka belajar kampus merdeka” yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen Universitas Tarumanagara dengan tujuan untuk memberikan dampak yang positif terhadap pendidikan di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan karena siswa-siswi SMA Kristoforus 1 mendapatkan pelajaran akuntansi hanya di kelas 12 semester 2, dan pelajaran akuntansi digabung dengan pelajaran ekonomi. Pelatihan ini dilaksanakan dengan memberikan pengetahuan tambahan mengenai persamaan dasar akuntansi. Penyampaian materi mengenai persamaan dasar akuntansi dilakukan secara luring setiap hari kamis yang dimulai pada tanggal 15 Agustus 2024 hingga 19 September 2024. Pelatihan ini dilaksanakan pada pukul 14.30-16.00 setiap pertemuannya yang diikuti oleh siswa-siswi SMA Kristoforus 1. Signifikansi dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan tentang persamaan dasar akuntansi. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi dan kemudian dilanjutkan dengan latihan soal, Tidak menutup kemungkinan juga untuk para pengajar dan siswa-siswi SMA Kristoforus 1 untuk melakukan diskusi terkait materi yang diberikan. Pemberian materi mengenai akuntansi ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi siswa-siswi SMA Kristoforus 1 untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi dan juga mempersiapkan mereka untuk di dunia kerja. Sebagai tolak ukur keberhasilan, pengajar memberikan latihan berupa kuis secara spontan yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi yang diberikan. Sebesar 85% siswa-siswi SMA Kristoforus 1 dapat menjawab dengan benar kuis yang diberikan oleh pengajar. Hasil ini menjadi bukti bahwa kegiatan asistensi mengajar yang dilakukan di SMA Kristoforus ini memberikan dampak yang positif bagi murid-murid.


 

Article Details

Section
Articles

References

Dewi, D. P. (2017). Analisis pengaruh Hutang Jangka Panjang, Hutang Jangka Pendek Dan Modal Kerja Bersih Terhadap laba pada PT. Griya Asri Prima. SEKRETARI, 1(2), 18.

Husin, P. A. (2021). Penggunaan Siklus Akuntansi Pada UMKM. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2(2), 51–55.

Juarez, R., Rosario, U. (2015). The Accounting Equation Inequality: A Set Theory Approach. Global Journal of Business Research, 9(3), 97-104.

Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2020). Intermediate accounting (17th ed.). John Wiley & Sons.

Pereira, J. S., Silva, F. F., Panhoca, L., Chaves, J. M., & Fernandes, A. M. (2022). Water Resource Accounting: Information and Awareness for Sustainable use. Ciência e Natura, 44.

Warren, Carl S., Reeve, James M., Duchac, Jonathan E (2017). Accounting (26th ed). Boston: Cengage Learning.

Weygant, Jerry J., Paul D. Kimmel, And Donald E. Kieso., (2020). Financial Accounting with International Financial Reporting Standards. (4th ed). United States: John Wiley & Sons Inc.

Yuniarwati, Santioso L., Ekadjaja A, dan Bangun N., (2021). Pengantar Akuntansi. (Edisi 2). Jakarta : Mitra Wacana Media.