PELATIHAN AKUNTANSI RETURN MERCHANDISE AUTHORIZATION MENGGUNAKAN PROGRAM ACCURATE BAGI SISWA SMA KRISTEN YUSUF JAKARTA

Main Article Content

Nastasya Cindy Hidajat
Beatrice Tannessia Tandri
Cherry Tanichi

Abstract

Trading companies are one of the most numerous types of business in the world. This type of business involves the activity of buying and selling goods with the aim of making a profit from the price difference. Their business activities do not stop at the sales stage, but must also provide after-sales service so that consumers feel satisfied and get convenience if there are problems in the future. This after-sales service is known as Return Merchandise Authorization, which will be abbreviated as RMA. In the current digital era, companies have shifted to using technology in carrying out their business activities. Accurate is a software made in Indonesia that is designed to support bookkeeping and inputting business transactions. Currently, the term RMA is rarely known by the public, especially school students. Almost all students do not know what RMA is. Therefore, seeing the importance of knowledge of RMA and to support works made in Indonesia, the PKM Team introduced the Accurate program to input RMA transactions for Kristen Yusuf High School students. This Community Service Activity (PKM) is one manifestation of the Tri Dharma of Higher Education, to provide benefits to the community. It is hoped that this activity will provide benefits for Yusuf Christian High School students to understand more about RMA and how to input it using the Accurate program.


ABSTRAK


Perusahaan dagang merupakan salah satu jenis usaha yang paling banyak di dunia. Jenis usaha ini melibatkan aktivitas pembelian dan penjualan barang dengan tujuan memperoleh keuntungan dari selisih harga tersebut. Kegiatan usaha mereka tidak berhenti sampai tahap penjualan saja, melainkan harus juga melakukan layanan purna jual agar konsumen merasa puas dan mendapatkan kemudahan jika ada kendala di kemudian hari. Layanan purna jual ini dikenal dengan istilah Return Merchandise Authorization yang selanjutnya akan disingkat sebagai RMA. Dalam era digital saat ini, perusahaan telah beralih kepada penggunaan teknologi dalam menjalankan kegiatan usaha mereka. Accurate merupakan salah satu software buatan Indonesia yang didesain untuk mendukung kegiatan pembukuan dan penginputan transaksi usaha. Saat ini istilah RMA jarang diketahui oleh masyarakat, terlebih lagi siswa sekolah. Hampir seluruh siswa tidak mengetahui apa itu RMA. Oleh karena itu melihat pentingnya pengetahuan akan RMA dan untuk mendukung karya hasil buatan Indonesia, maka Tim PKM memperkenalkan program Accurate untuk menginput transaksi RMA kepada siswa SMA Kristen Yusuf. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini (PKM) adalah salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Diharapkan kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi siswa SMA Kristen Yusuf untuk lebih memahami mengenai RMA dan cara penginputannya menggunakan program Accurate.

Article Details

Section
Articles

References

Daryatno, A,B. (2022). Implementasi Penggunaan Software Accurate Untuk Meningkatan

Efisiensi Operasional Dan Perpajakan Perusahaan. Prosiding SERINA 2(1): 861-868

GtEgaransi. (2023). Manajemen Return Merchandise Authorization (RMA). Retrieved

August 28, 2024, from https://sidig.id/blog/return-merchandise-authorization/manajemen-return-merchandise-authorization-rma/

Giri, S., & Thapa, K. (2016). A Study of Customer Satisfaction on After Sales

Service of Two Wheelers in Kathmandu Valley. Journal of Business and Social Sciences Research, 1(1), 1–16

Hidajat, N,C. (2022). Pelatihan Akuntansi Dengan Topik Penginputan Transaksi Persediaan

Dengan Aplikasi Accurate Kepada Murid Sma Kristen Yusuf, Jakarta. Prosiding SERINA 2(1): 1205-1213

Modul Laboratorium Accurate. (2024). Edisi 21.

Purwati, A. A., Fitrio, T., Ben, F., & Hamzah, M. L. (2020). Product Quality and

After-Sales Service in Improving Customer Satisfaction and Loyalty. Jurnal Economia, 16(2), 223–235

Rebelo, C. G. S., Pereira, M. T., Silva, J. F. G., Ferreira, L. P., Sá, J. C., & Mota, A. M.

(2021). After sales service: Key settings for improving profitability and customer satisfaction. Procedia Manufacturing, 55, 463–470

Sriwati, Novia, J.,Sutedja, N. (2024). Pelatihan Penggunaan Modul RMA Software

Accurate bagi Siswa SMA Kristoforus I. Jurnal Serina Abdimas 2(2), 484-489