PEMBEKALAN MATERI NERACA LAJUR PERUSAHAAN DAGANG KEPADA SISWI SMA SANTA URSULA JAKARTA DALAM KEGIATAN MBKM
Main Article Content
Abstract
The MBKM teaching assistance program offers students practical experience outside of lectures. The author chose SMA Santa Ursula Jakarta as a partner because of its good reputation. SMA Santa Ursula Jakarta has a problem with limited learning time because there are many activities outside of routine learning hours. Therefore, the author decided to provide material supplies on trading company’s worksheet. This program is expected to improve the accounting skills of SMA Santa Ursula students and help students develop soft skills and hard skills needed in the workplace. The implementation of the MBKM Teaching Assistance activity at SMA Santa Ursula Jakarta began with coordination between the author, the principal, and the economics teacher. In this activity, the author acts as an assistant economics teacher, assisting accounting learning in class XII SOS I. The author started the MBKM activity on August 12 to November 2024. However, this journal only covers activities until September 18, 2024 due to the journal submission deadline. Since the activities described in this journal are only until September 18, 2024, the results that can be described are exercise question on preparing a trading company's worksheet made by the author. The author suggests that Santa Ursula High School inform the class schedule earlier if it is accelerated and inform earlier if there is a change in the teaching class location. The author also suggests that the Tarumanagara University Accounting Study Program provide an MBKM assistance guidebook and a list of partner schools for MBKM activities.
ABSTRAK
Program MBKM asistensi mengajar bertujuan memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa melalui aktivitas di luar perkuliahan. Penulis memilih SMA Santa Ursula Jakarta sebagai mitra karena reputasi mitra yang bagus. SMA Santa Ursula Jakarta memiliki masalah keterbatasan waktu pembelajaran karena banyak kegiatan di luar jam pembelajaran rutin. Oleh karena itu, penulis memutuskan untuk memberikan pembekalan materi tentang neraca lajur perusahaan dagang. Program ini diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan akuntansi siswi SMA Santa Ursula dan membantu mahasiswa/i mengembangkan soft skills serta hard skills yang dibutuhkan di dunia kerja. Pelaksanaan kegiatan MBKM Asistensi Mengajar di SMA Santa Ursula Jakarta dimulai dengan koordinasi antara penulis, kepala sekolah, dan guru ekonomi. Dalam kegiatan ini, Penulis berperan sebagai asisten guru ekonomi, mendampingi pembelajaran akuntansi di kelas XII SOS I. Penulis memulai kegiatan asistensi mengajar pada tanggal 12 Agustus sampai dengan bulan November 2024. Namun, jurnal ini hanya mencakup kegiatan hingga 18 September 2024 karena batas pengumpulan jurnal. Dikarenakan kegiatan yang dijabarkan dalam jurnal ini hanya sampai tanggal 18 September 2024, maka hasil yang dapat dijabarkan adalah soal latihan penyusunan neraca lajur perusahan dagang yang dibuat oleh penulis. Penulis menyarankan SMA Santa Ursula untuk menginformasikan jadwal jam pelajaran lebih awal jika dipercepat dan menginformasikan lebih awal apabila ada perubahan tempat kelas mengajar. Penulis juga menyarankan Program Studi Akuntansi Universitas Tarumanagara untuk memberikan buku panduan MBKM asistensi serta daftar sekolah mitra untuk kegiatan MBKM.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arnila, R. A., & Ahyani, H. (2021). Peningkatan pemahaman dasar akuntansi mahasiswa melalui penerapan direct instruction dengan media worksheet. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 389–398. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. (2024). Buku panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2024/06/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-MBKM-2024.pdf
Nataherwin, & Kurniawan, S. (2022). Pelatihan buku besar dan kertas kerja perusahaan dagang kepada siswa SMA Kristen Almasih. Jurnal Prosiding Serina IV Untar 2022, 2(1), 1091–1097. https://doi.org/10.24912/pserina.v2i1.19874
Rahim, D. A., Damhudi, D., & Citrayani, I. (2023). Pelatihan penyusunan laporan keuangan sebagai kemampuan dasar melakukan usaha bagi UMKM Tangerang. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 148–157. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1408
Rasyid, R., & Felice, J. (2022). Pendampingan perbaikan sistem akuntansi serta laporan keuangan. Jurnal Prosiding Serina IV Untar 2022, 2(1), 1519–1526. https://doi.org/10.24912/pserina.v2i1.19935
Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso, D. E. (2019). Financial accounting with international financial reporting standards (4th ed.). New Jersey: John Wiley & Sons.
Wijoyo, A., & Rich, K. (2022). Pelatihan sistem buku besar dan kertas kerja bagi siswa/i SMA Ricci I. Jurnal Prosiding Serina IV Untar 2022, 2(1), 1437–1446. https://doi.org/10.24912/pserina.v2i1.19923