PENGENALAN PENGANTAR DAN PRINSIP AKUNTANSI UNTUK SISWA SMAN 2

Main Article Content

Ferry Adang
Joshua Jose Lysander
Zahra Fiany Nur Adibah

Abstract

The digitalization era has a significant influence on creativity and business, including business transactions which require system to maintain companies’ financial. This system is called Accounting and is managed by accountants. Accountants has an important role in maintaining companies’ going concern and economic growth, both for the entity and for the country. Therefore, accounting knowledge is important for high school students to prepare themselves to continue their education in college. It is hoped that this introduction and training regarding the basics of accounting will make a positive contribution to the knowledge of SMA Negeri 2 Jakarta students, not only theoretically but practically, which can be applied individually in the future. This activity was carried out on March 4, 2024, onsite and lasted for 120 minutes. After done in preparations, the PKM FEB team delivered the material and then discussed example questions to help students of SMA Negeri 2 Jakarta better understand the material. In this activity, the PKM FEB Team had the opportunity to introduce and train on the basics of accounting at SMA Negeri 2 Jakarta. The implementation of this activity showed quite good and effective results and responses. The enthusiasm of the students at SMA Negeri 2 Jakarta led to the conclusion that the students were interested in getting to know accounting, and the PKM FEB Team assessed that this training activity was quite successful in providing knowledge related to the basics of accounting.


ABSTRAK


Era digitalisasi memiliki pengaruh signifikan dalam berkreasi dan berbisnis, termasuk dalam transaksi bisnis yang memerlukan sistem untuk menjaga keuangan perusahaan. Sistem ini disebut Akuntansi dan dijalankan oleh akuntan. Akuntan berperan penting dalam menjaga kelangsungan hidup perusahaan dan pertumbuhan ekonomi, baik untuk entitas maupun negara. Oleh karena itu, pengetahuan akuntansi penting bagi siswa SMA untuk mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Pengenalan dan pelatihan mengenai dasar-dasar akuntansi ini diharapkan akan memberikan kontribusi yang positif terhadap pengetahuan pada siswa SMA 2 Negeri Jakarta, siswa tidak hanya teoritis tetapi secara praktik yang dapat diterapkan secara masing-masing pada masa depan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2024 secara tatap muka yang berlangsung selama 120 menit. Setelah melakukan persiapan, tim PKM FEB menyampaikan materi dan kemudian membahas contoh-contoh soal untuk membantu siswa SMA Negeri 2 Jakarta lebih memahami materi tersebut. Setelah melakukan persiapan, tim PKM FEB menyampaikan materi dan kemudian membahas contoh-contoh soal untuk membantu siswa lebih memahami materi tersebut. Dalam kegiatan ini Tim PKM FEB berkesempatan untuk melakukan pengenalan dan pelatihan dasar-dasar akuntansi pada SMA Negeri 2 Jakarta.  Pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan hasil dan respon yang cukup baik dan efektif. Antusiasme siswa SMAN 2 Negeri Jakarta memberikan kesimpulan bahwasanya para siswa tertarik untuk mengenal akuntansi dan Tim PKM FEB menilai kegiatan pelatihan ini cukup berhasil dalam memberikan pengetahuan terkait dasar-dasar akuntansi.

Article Details

Section
Articles

References

Aisyah S. S. (2022). Belajar Mudah Akuntansi Dasar (Laporan Keuangan Perusahaan jasa, dagang, manufaktur). Malang: BAO Publishing.

Lukman, H. (2022). Laboratorium Akuntansi Untuk SMA Ricci Jakarta. Modul Pengenalan Akuntansi.

Sufiyati, & S, I. B. (2022). Pembakalan Pencatatan Akuntansi Perusahaan Dagang. Jurnal SERINA: Seri Seminar Nasional. 4. 1173-1182.

Weygant, J. J., Paul D. K., And Donald E. K., (2019). Financial Accounting with International Financial Reporting Standards. (4th ed). United States: John Wiley & Sons Inc.

Widyasari, et al. (2023). Pembekalan Mengenai Klasifikasi Sistem Kode Akuntansi dan Jurnal Akuntansi Dasar untuk Siswa SMA BHK. Jurnal ABDIMAS: Pengabdian Masyarakat. 6 (2). 235-241.