Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI

Main Article Content

Irvandy Irvandy
Ignatius Roni Setyawan

Abstract

The purpose of this study is to examine the effect of company growth, company size, and ownership structure on company value on manufacturing companies listed on Indonesia Stock Exchange in the 2016-2019 period. Number of samples are 19 samples by purposive sampling method. Data were collected through Indonesia Stock Exchange official website, which are idx.co.id and idnfinancials.com. Data were processed by using Eviews10 software. The results in this study show that company size has a negative significant effect on company value, while company growth and ownership structure have no significant effect on company value. This research can be studied by managers to determine the factors that influence the value of the company in manufacturing companies listed on the Stock Exchange.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, dan struktur kepemilikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2019. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 19 sampel yang dipilih melalui metode purposive sampling. Data perusahaan untuk pemilihan sampel diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia, yaitu idx.co.id dan idnfinancials.com. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software Eviews10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pertumbuhan perusahaan dan struktur kepemilikan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dapat dipelajari oleh manajer untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Irvandy Irvandy, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

Ignatius Roni Setyawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

References

Aritonang, R. L. (2007). Riset Pemasaran: Teori dan Praktik (1 ed). Bogor: Ghalia Indonesia.

Brigham, E. F. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terjemahan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, I. d. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gill, A. d. (2012). The Impact of Corporate Governance and Financial Leverage on the Value of American Firms. International Research Journal of Finance and Economics, No.91, 1-14.

Hermuningsih, S. (2013, Oktober). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan.

Hestinoviana, V. S. (2013). The Influence of Profitability, Solvability, Asset Growth, and Sales Growth Toward Firm Value (Empirical Study on Mining Companies Which Listed on Indonesia Stock Exchange). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 4, No. 1.

Husna, A. d. (2019). Effects of Return on Asset, Debt to Asset Ratio, Current Ratio, Firm Size, and Dividend Payout Ratio on Firm Value. International Journal of Economics and Financial Issues, 50-54.

Ichsan, R. (2013). Teori Keagenan. Retrieved from https://bungrandhy.wordpress.com/2013/01/12/teori-keagenan-agency-theory/.

Meckling, J. M. (1976). Theory of the firm: Managerial behaviour, agency cost and ownership structure. Journal of Finance Economic, Vol. 3, 305-360.

Naceur, S. b. (2002). The relationship between dividend policy, financial structure, profitability and firm value. Applied Financial Economic, 12, 843-849.

Shoaib, K. d. (2015). Capital Structure and Managerial Ownership: Evidence from Pakistan. Business and Economic Horizons (BEH). Vol.11, 131-142.

Soebiantoro, S. d. (2007). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Interen, dan Faktor Eksteren terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, 41-48.

Suwardika, I. N. (2017). PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN pERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PROPERTI. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 3, 1248-1277.

Wardani, D. K. (2011). PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN DAN KEBIJAKAN HUTANG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 15, No. 1, 27-36.

Wardjono. (Mei 2010). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Price to Book Value dan Implikasinya pada Return Saham. Dinamika Keuangan dan Perbankan, Vol. 2, No.1, 83-96.