Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha UKM Di Jakarta Barat

Main Article Content

Calvin Hamel
Andi Wijaya

Abstract

The purpose of this study is to investigate and analyze the effect of entrepreneurial orientation and market orientation on the performance of SME businesses in West Jakarta. This research was conducted by judgment sampling method. Researchers distributed questionnaires to 100 business owners in West Jakarta. Data analysis using SEM PLS analysis. The results of the analysis concluded that entrepreneurship orientation and market orientation influence SME business performance in West Jakarta.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja usaha UKM di Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan dengan metode judgement sampling. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 100 pemilik usaha di Jakarta Barat. Analsisi data menggunakan analisis SEM PLS. Hasil analisis menyimpulkan bahwa orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja usaha UKM di Jakarta Barat.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Calvin Hamel, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

Andi Wijaya, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

References

Abbas, Djamila. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Ukm Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS), Vol. 5, No. 1, 95-111.

Affendy A. H., Asmat-Nizam, Abdul-Talib dan Farid M. S. (2015). Entrepreneurial Orientation Effects on Market Orientation and SMEs Business Performance – A SEM Approach. Review of Integrative Business and Economics Research, Vol. 4(3), 259-271.

Andiyanto, Frenky. (2017). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi Empiris Pada Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di Kabupaten Kudus). Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol. 7, No. 1, 1-20.

Anoraga dan Sudantoko, (2002). Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Windi dan Murwatiningsih. (2016). Pengaruh Kemampuan Manajemen Dan Karakteristik Usaha Terhadap Kinerja Usaha Ukm Olahan Produk Salak Di Kabupaten Banjarnegara. Management Analysis Journal, Vol. 5, No. 2, 123-127.

Bucktowar, Rouma, Akin Kocak And Kesseven Padachi. (2015). Entrepreneurial Orientation, Market Orientation And Networking: Impact On Innovation And Firm Performance. Journal of Developmental Entrepreneurship, Vol. 20, No. 04, 1-22.

Buli, Bereket Mamo. (2016). Entrepreneurial orientation, market orientation and performance of SMEs in the manufacturing industry Evidence from Ethiopian enterprises. Management Research Review, Vol. 40, No. 3, 292-309.

Edison, Emron. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. cetakan ke-1. Bandung:Alfabeta

Ferdinand, Augusty. (2010). Metode Penelitian Manajemen, Semarang: Indoprint.

Hussain, Jawad, Wali Rahman dan Fayaz Ali Shah. (2016). Market Orientation and Performance: The Interaction Effect of Entrepreneurial Orientation. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences. Vol. 10(2), 388-403.

Kanaidi. (2014). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Enterpreneur dan Inovasi Organisasi Terhadap Kinerja Usaha. Strategic Management Journal, 14 (2), 95-153.

Masa'deh, Ra'ed, Jawaher Al-Henzab, Ali Tarhini and Bader Yousef Obeidat. (2018). The associations among market orientation, technology orientation, entrepreneurial orientation and organizational performance. Benchmarking: An International Journal, 25 (8), 3117-3142.

Mei Ie dan Vincent Pratama. (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pada Usaha Kecil Dan Menengah Sektor Ritel. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Vol. 3, No. 1, 156-164.

Porter, Michael, E. (2008). Strategi Bersaing (Competitive Strategy). Tangerang: Karisma Publishing Group.

Primiana, Ina. (2009), Menggerakkan Sektor Riil UKM & Industri. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Silviasih. Franky Slamet, Denny Iskandar (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik UKM Sektor Manufaktur Garmen Di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol. 16, No. 1, 13-24.

Tenenhaus, A., Giron, A., Saporta, G., dan Fertil, B. (2005). PLS path modeling. Computational Statistics & Data Analysis, 48(1), 159-364.

Wahyudi, Nur. (2014). Analisis Faktor-Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Terhadap Kesuksesan Usaha Jasa Mikro Di Kecamatan Sungai Kunjang. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol. 3, No. 2, 47-58.

Wardoyo, Paulus., Rusdianti, Endang dan Purwantini, Sri. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Strategi Usaha Dan Kinerja Bisnis UMKM Di Desa UjungUjung, Kec. Pabelan, Kab Semarang. Journal and Proceeding, Vol 5, No 1, 1-19.

Winata, Ahmad Yahya Surya. (2010). Mengukur Kinerja Pemasaran: Kajian Konseptual Perkembangan Teori. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, Vol. 10, No .2, 194-219.