Faktor Penentu Firm Value Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia

Main Article Content

Vincentius G. Krisnawijaya
Ignatius Roni Setyawan

Abstract

Firm value is the most important issue for a company, because all the company’s goals is to determine the firm value. There is always another factors while reaching the goals. Managerial overconfidence, profitability, firm size, and leverage are used in this research that affecting the firm value. The companies from manufacturing sector are the population that are used in this research and registered in Indonesia Stock Exchange (BEI) period 2015-2018 with 252 is the number of the total of observation. The managerial overconfidence will be measured by sales index model and sales growth model. This research found that managerial overconfidence which use measurement of sales index model and profitability that use return on equity have a positive and significant impact on firm value. On the side, firm size and leverage have no significant impact on firm value. Further research is expected to have a detail analysist on the subject and period, along with the other independent variables.

 

Nilai perusahaan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena semua tujuan dari adanya perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan. Untuk mencapai tujuan tentu ada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pada penelitian ini akan meneliti pengaruh managerial overconfidence, profitability, firm size dan leverage sebagai variabel-variabel yang menentukan peningkatan firm value sebuah perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun pengamatan 2015-2018 dengan total 252 observasi. Managerial overconfidence akan diuji dengan dua pengukuran, yang pertama adalah sales index model dan yang kedua adalah sales growth model. Penelitian ini menemukan bahwa managerial overconfidence yang menggunakan sales index model dengan profitabilitas menggunakan ROE berpengaruh signifikan dengan firm value. Sementara itu, firm size dan leverage ditemukan memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap firm value. Penelitian kedepan diharapkan untuk meneliti lebih seksama terhadap subjek dan periodenya bersamaan dengan variabel independen lainnya.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Vincentius G. Krisnawijaya, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

Ignatius Roni Setyawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

References

Alicke, M. D. (1985). Global self-evaluation as determined by the desirability and controllability of trait adjectives. Journal of Personality and Social Psychology, 49, 1621-1630.

Ardana, Komang. (2009). Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bhandari, G. & Deaves, R. (2006). The Demographics of Overconfidence. The Journal Of Behavioral Finance 2006, Vol. 7, No. 1, 5-11.

Devina, J. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Respon Nilai Perusahaan pada Subsektor Semen, Keramik, Plastik, dan Kimia. Business Accounting Review, 271-280.

Fairchild, R. (2006). The Effect of Managerial Overconfidence, Asymmetric Information, and Moral Hazard on Capital Structure Decisions.

Hara Agum, T. S. (2016). Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis, 163-172.

Jensen, M. C., & Meckeling, W. H. (1976). Theory of Firm: Theory of Firm Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 305-360.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Riana & Iskandar, D. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Corporate Governance dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014). Profita, 409-425.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2012). Research Method for Business: A Skill Building Approach. John Wiley & Sons.

Trevelyan, R. (2009). Entrepreneurial Attitudes and Actions in New Venture Development. Entrepreneurship and Innovation, 10(1), 21-32.

Verawati, J. (2014). Pengaruh Family Control. Size, Sales Growth, dan Leverage terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi. Business Accounting Review, 121-130.

Veronica, D. E. (2016). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis, 139-147.

Weinstein, N. D. (1980). Unrealistic Optimism about Future Life Events. Journal of Personality and Social Pyschology, 59 (5), 806-820.

Yuliani. (2012). Overconfidence dan Nilai Perusahaan: Struktur Modal dan Investasi sebagai Pemediasi. 1-11.