Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasaan Kerja Karyawan PT Niagamas Lestari Gemilang Di Jakarta Barat

Main Article Content

Michael Michael
Muhammad Tony Nawawi

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect leadership style, motivation, and work environment for job satisfaction. The sampling method in this study use probability sampling. Sample in this research is 100 employee on PT. Niagamas Lestari Gemilang in Jakarta. Data collection technique is done by deviding quisioner. Data analysis technique used SmartPLS 3.0. The result of this study is leadership style, and work environment have significant positive effect on job satisfaction, and motivation have insignificant positive effect on job satisfaction.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kepuasaan kerja. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probabilitas sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 karyawan PT. Niagamas Lesatari Gemilang yang berada di Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Teknik analisis data menggunakan SmartPLS 3.0. hasil dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan, dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasaan kerja, dan motivasi mempunyai pengaruh postif yang tidak signifikan terhadap kepuasan kerja.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Michael Michael, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

Muhammad Tony Nawawi, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

References

Ahmad, Chandra & Dadang Hermawan. (2013). E-Business & E-Commerce. Andi, Yogyakarta.

Ariani, H. M., & Assarofa, A. (2018). Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Lingkungan Kerja Pada PT Palma Plantasindo Di Desa Sunge Batu Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Pasar. Conference on Management and Behavioral Studies, (2541–3406), 68–77.

Aruan, Q. S., & Fakhri, M. (2015). Kerja Karyawan Lapangan Departemen Grasberg Power Distribution PT Freeport Indonesia. Modus, 27(2), 141–162.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisisi Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro, Yogyakarta.

Hasibuan. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kadarisman. (2012). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT Rajawali , Jakarta.

Kartono, Kartini. (2013). Kepemimpinan dalam Manajemen: Apakah Kepemimpinan abnormal itu? edisi 1. PT Rajawali, Jakarta.

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research: An Applied Orientation Sixth edition Pearson Education.

Nawawi, M. T. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan/ti Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Intervening (Studi Karyawan Outsourcing PT. J Yang Ditempatkan Di Kampus II Untar Jakarta), 3(13), 129–147.

Robbins, Stephen P. & Coulte, Mary. (2010). Manajemen. Edisi 10. Erlangga, Jakarta.

Samsudin, Sadili. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pustaka Setia, Bandung.

Saputra, I. G. A. E., & Adnyani, I. G. A. D. (2017). TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(12), 6592–6619.

Sedarmayanti, (2011). Manajemen Sumber Daya: Reformasi Birorkrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (cetakan ke 5). PT refika Aditama, Bandung.

Thoha, Mifta. (2013).Kepemimpinan dalam Manajemen, edisi1. PT Raja Grafindo, Jakarta.

Yukl, Gary. (2015), Leadership in Organizations, Seventh Edition. PT. Indeks, Jakarta.