Pengaruh Relational Capital Terhadap Kesuksesan Usaha Online Shop di Indonesia

Main Article Content

Welyam Wendy Wongso
Andi Wijaya

Abstract

The purpose of the study is to analyze the influence of relationships with customers and suppliers, reputation, and location to the success of the business of Online Shop in DKI Jakarta. The method used in this study is a quantitative method with a type of causal research. The population in this study are all entrepreneurs who run an online shop business in DKI Jakarta. Determination of the number of samples is done using probability sampling method with probability sampling technique. The sample in this study was 65 respondents. The data analysis method used in this study is multiple regression analysis using the help of SPSS 24 program. The results show that partially variable relationships with customers and suppliers, reputation, and location have an influence on the success of online shop businesses in DKI Jakarta.

 

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh relationships with customers and suppliers, reputation, dan location terhadap kesuksesan usaha Online Shop di DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wirausaha yang menjalankan usaha online shop di DKI Jakarta. Penentuan jumlah sampel dilakukan menggunakan metode probability sampling dengan teknik probability sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel relationships with customers and suppliers, reputation, dan location memiliki pengaruh terhadap kesuksesan usaha online shop di DKI Jakarta.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Welyam Wendy Wongso, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

Andi Wijaya, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2019). Buletin APJII Edisi 22 – Maret 2018. Survei APJII : Penetrasi Internet di Indonesia Capai 143 Juta Jiwa. https://apjii.or.id/content/read/104/348/BULETIN-APJII-EDISI-22---Maret-2018.

Blank, S. G. (2010). What’s A Startup? First Principles. Retrieved September 28, 2016, from http://steveblank.com/2010/01/25/whats-a-startup-first-principles/.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Fu’ad, Eko Nur. (2015). Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil Di Komplek Shopping Centre Jepara. Jurnal Media Ekonomi Dan Manajemen, Vol. 30, No. 1, hal. 56-67.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hormiga, Esther., Canino-BatistaRosa M., dan Sánchez-Medina, Agustín. (2011). The Impact of Relational Capital on the Success of New Business Start-Ups. Journal of Small Business Management, Vol. 49, No. 4, pp. 617-638.

Ries, Eric. (2011). The Lean Startup. New York: Crown Business.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sulastri, Susi. (2017). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Susu Kedelai Di Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur. Jurnal DINAMIKA, Vol. 3, No. 2, hal. 37-44.