Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri

Main Article Content

Brittany Callista Hamidjaja
Khairina Natsir

Abstract

The purpose of this study is to find out the effects of profitability, capital structure, and firm size on firm’s value in various industrial sector in manufacturing companies listed on the Indonesian Stock Exchange. This research uses panel data regression analysis, using 17 companies various industrial sector in manufacturing companies that have been selected through census method of a total 17 companies over five years and resulting 85 samples data. The data used are secondary data which includes financial statements. Processing carried out in this study uses Eviews version 9 software. The results of this study indicate that profitability and leverage have a significant influence on firm’s value, but for firm size does not significantly influence on firm’s value.

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi data panel, dengan menggunakan 17 perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang sudah diseleksi melalui metode sensus selama lima tahun dan menghasilkan 85 sampel data perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi laporan keuangan. Pengolahan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan software Eviews versi 9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. namun, ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Brittany Callista Hamidjaja, Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Jakarta

Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Jakarta

Khairina Natsir, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

References

Aggarwal, D., & Padhan, P. C. (2017). Impact of Capital Structure on Firm Value:

Evidence from Indian Hospitality Industry. Theoretical Economics Letters, 07(04),

–1000. https://doi.org/10.4236/tel.2017.74067

Ayu, D. P., & Suarjaya, A. A. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas pada Nilai Perusahaan

dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening. E-Journal

Akuntansi Universitas Udayana, 22(2), 1557–1583.

Brigham, Eugene F. (2011). Financial Management Theory and Practice 13th. Printed in

the US of America.

Brigham, Eugene F & Joel F. Houston. (2014). Fundamentals of Financial Management,

th Edition. Mason: South-Western Cengange Learning.

Harjito, D. Agus dan Martono, SU. (2014). Manajemen Keuangan. Edisi Kedua.

Yogyakarta: Ekonisia.Ham

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: Grasindo.

Kalbuana, N., Juniar, U., & Amrizal. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Size

Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek

Indonesia. Jurnal Akuntansi, (2460), 1–10.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada

Lubis, I. L., Sinaga, B. M., & Sasongko, H. (2017). Pengaruh profitabilitas, sruktur modal,

dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Aplibkasi Bisnis Dan Manajemen, 3(3),

–465. Retrieved from http://journal.ipb.ac.id/index.php/jabm

Lumoly, S., Murni, S., & Untu, V. N. (2018). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan,

dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal EMBA, 6(3), 1108–1117.

Manoppo, H., & Arie, F. V. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan

Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek

Indonesia Periode 2011-2014. Jurnal EMBA, 4(2), 485–497.

https://doi.org/10.1002/eji.201444988.This

Oktrima, B. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Struktur Modal Terhadap Nilai

Perusahaan, 1(2581), 98–107.

Rahmawati, A. D., Topowijono, & Sulasmiyati, S. (2015). "Pengaruh Ukuran Perusahaan,

Profitabilitas, Struktur Modal, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan".

Jurnal Administrasi Bisnis, 23 (2)(2), 1–7. Retrieved from

https://media.neliti.com/media/publications/85999-ID-pengaruh-ukuran-perusahaanprofitabilita.pdf

Riyanto, Bambang. (2001). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta :BPFE

Rumondor, R., Mangantar, M., & Sumarauw, J. S. B. (2015)." Pengaruh Struktur Modal,

Ukuran Perusahaan dan Risiko Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Sub

Sektor Plastik dan Pengemasan di BEI". Jurnal EMBA, 3(3), 159–169.

Salempang, L. E., Sondakh, J. J., & Pusung, R. J. (2016). Pengaruh Return On Asset , Debt

To Equity dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Real

Estate dan Property yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2014. Jurnal Berkala Ilmiah

Efisiensi, 16(03), 813–824.

Sartono, Agus. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi

Keempat.Yogyakarta: BPFE.

Syahyunan. (2015). Manajemen Keuangan - Perencanaan, Analisis dan Pengendalian

Keuangan. Edisi Kedua. Medan: Penerbit USU Press.

Winarto, Jacinta. (2015). The Determinants of Manufacturer Firm Value in Indonesia

Stock Exchange. International Journal of Information, Business and Management,

(4), 323–350. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2010.11.002

www.kontan.co.id