Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri
Main Article Content
Abstract
The purpose of this study is to find out the effects of profitability, capital structure, and firm size on firm’s value in various industrial sector in manufacturing companies listed on the Indonesian Stock Exchange. This research uses panel data regression analysis, using 17 companies various industrial sector in manufacturing companies that have been selected through census method of a total 17 companies over five years and resulting 85 samples data. The data used are secondary data which includes financial statements. Processing carried out in this study uses Eviews version 9 software. The results of this study indicate that profitability and leverage have a significant influence on firm’s value, but for firm size does not significantly influence on firm’s value.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi data panel, dengan menggunakan 17 perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang sudah diseleksi melalui metode sensus selama lima tahun dan menghasilkan 85 sampel data perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi laporan keuangan. Pengolahan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan software Eviews versi 9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. namun, ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.
Article Details
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.,/p>
References
Aggarwal, D., & Padhan, P. C. (2017). Impact of Capital Structure on Firm Value:
Evidence from Indian Hospitality Industry. Theoretical Economics Letters, 07(04),
–1000. https://doi.org/10.4236/tel.2017.74067
Ayu, D. P., & Suarjaya, A. A. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas pada Nilai Perusahaan
dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening. E-Journal
Akuntansi Universitas Udayana, 22(2), 1557–1583.
Brigham, Eugene F. (2011). Financial Management Theory and Practice 13th. Printed in
the US of America.
Brigham, Eugene F & Joel F. Houston. (2014). Fundamentals of Financial Management,
th Edition. Mason: South-Western Cengange Learning.
Harjito, D. Agus dan Martono, SU. (2014). Manajemen Keuangan. Edisi Kedua.
Yogyakarta: Ekonisia.Ham
Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: Grasindo.
Kalbuana, N., Juniar, U., & Amrizal. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Size
Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek
Indonesia. Jurnal Akuntansi, (2460), 1–10.
Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada
Lubis, I. L., Sinaga, B. M., & Sasongko, H. (2017). Pengaruh profitabilitas, sruktur modal,
dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Aplibkasi Bisnis Dan Manajemen, 3(3),
–465. Retrieved from http://journal.ipb.ac.id/index.php/jabm
Lumoly, S., Murni, S., & Untu, V. N. (2018). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan,
dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal EMBA, 6(3), 1108–1117.
Manoppo, H., & Arie, F. V. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan
Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek
Indonesia Periode 2011-2014. Jurnal EMBA, 4(2), 485–497.
https://doi.org/10.1002/eji.201444988.This
Oktrima, B. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Struktur Modal Terhadap Nilai
Perusahaan, 1(2581), 98–107.
Rahmawati, A. D., Topowijono, & Sulasmiyati, S. (2015). "Pengaruh Ukuran Perusahaan,
Profitabilitas, Struktur Modal, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan".
Jurnal Administrasi Bisnis, 23 (2)(2), 1–7. Retrieved from
https://media.neliti.com/media/publications/85999-ID-pengaruh-ukuran-perusahaanprofitabilita.pdf
Riyanto, Bambang. (2001). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta :BPFE
Rumondor, R., Mangantar, M., & Sumarauw, J. S. B. (2015)." Pengaruh Struktur Modal,
Ukuran Perusahaan dan Risiko Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Sub
Sektor Plastik dan Pengemasan di BEI". Jurnal EMBA, 3(3), 159–169.
Salempang, L. E., Sondakh, J. J., & Pusung, R. J. (2016). Pengaruh Return On Asset , Debt
To Equity dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Real
Estate dan Property yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2014. Jurnal Berkala Ilmiah
Efisiensi, 16(03), 813–824.
Sartono, Agus. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi
Keempat.Yogyakarta: BPFE.
Syahyunan. (2015). Manajemen Keuangan - Perencanaan, Analisis dan Pengendalian
Keuangan. Edisi Kedua. Medan: Penerbit USU Press.
Winarto, Jacinta. (2015). The Determinants of Manufacturer Firm Value in Indonesia
Stock Exchange. International Journal of Information, Business and Management,
(4), 323–350. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2010.11.002
www.kontan.co.id