Pengaruh Brand Awareness, Perceived Value, dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction

Main Article Content

Fani Novita Putri
Happy Darmawan

Abstract

This research was conducted to influence brand awareness, perceived value, and brand image of the customer satisfaction of The Body Shop products in Jakarta. The method used in this study is non-probability sampling. Questionnaires were distributed to 150 people. The population is a community that uses The Body Shop products. The data analysis technique used is multiple regression analysis. The results of this study indicate that brand awareness, perceived value, and brand image can positively influence the customer satisfaction of The Body Shop products in Jakarta.



Penelitian ini dilakukan untuk mempengaruhi kesadaran merek, nilai persepsi, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan produk The Body Shop di Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling. Kuesioner dibagikan kepada 150 orang. Populasinya adalah masyarakat yang menggunakan produk The Body Shop. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merek, nilai persepsi, dan citra merek dapat mempengaruhi secara positif kepuasan pelanggan produk The Body Shop di Jakarta.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fani Novita Putri, Program Studi S1 Manajemen Universitas Tarumanagara Jakarta

Program Studi S1 Manajemen

Universitas Tarumanagara Jakarta

Happy Darmawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

References

Aaker, David A. ( 1991). Managing Brand Equity : Capitalizing On The Value Of Brand

Name. New York: The Free Press.

Abdullah, Ridwan. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.

Jakarta: Bumi Aksara.

Affini, Laily Nur. (2017). “Analisis Kata Tabu dan Klasifikasinya di Lirik Lagu Eminem

pada Album The Marshal Mathers LP”. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan

Budaya, 07 (01): 93-113.

Ajzen, Icek (2005). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and

Human Decision Process. 50, 179-211.

Aksan, Hermawan. (2014). Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bandung: Nuansa

Cendekia

Anggraini, P. (2015). “Pengaruh Perceived Value Terhadap Kepuasan Dan Minat Beli

Ulang Pelanggan Pasar Umum UBUD”. Telaah Bisnis, Vol 16, Nomor 2, Desember

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Az. Nasution. (2014). Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, Bandung: PT. Citra

Adiya Bakti

Azhari B. R., Mahfud, dan Situmorang. (2017). Korelasi Antara Kadar Air pada Kernel

Terhadap Mutu Kadar Asam Lemak BebasProduk Palm Kernel Oil yang dihasilkan

(Studi Kasus pada PT. XYZ). Industrial Engineering Journal 6(1): 36-42.

Berry dan Parasuraman. (1997). Listening to the Customer-The Concept of Building a

service Quality Information System. Sloan Manajemen Review

Chaves, E. P. S. (2017). “Identity, Positioning, Brand Image, And Brand Equity

Comparison: A Vision About Quality In Brand Management”. Independent Journal

of Management & Production (IJM&P) Vol. 8, n. 4 October-December 2017.

Chairunnisa & Priyono, A. (2018). “Interaksi Antara Perceived Value, Transaction Cost,

Dan Repruchase Intention Dalam Transasksi On-Line”. Jurnal Manajemen. Strategi

Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 12 No. 1 Februari 2018.

Chehal, R. & Singh, K. (2012). Efficiency and security of data with symmetric encryption

algorithms. International Journal of Advanced Research in Computer Science and

Software Engineering 2(8):472-475.

Dass, S., dan Jansson, C. (2012). Customer Based Brand Equity and Intangibles. The Case

of the Swedish Mobile Network Operators. Tesis. Departement of Business Studies.

Uppsala University

Gifani, A., & Syahputra, S. (2017). “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom.”.

Majalah Bisnis Dan IPTEK Vol 10, No 2.

Gil, B., Fraj R.E., Andres, E., dan Martinez, S. (2007). Family as a Source Of ConsumerBased Brand Equity, Journal of Product and Brand Management, Vol. 16, No. 3

p.188-199

Gujarati, D. N. (2013). Dasar-dasar Ekonometrika, Edisi Kelima. Mangunsong, R. C.,

penerjemah. Jakarta: Salemba Empat.

Henry Simamora. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Yogyakarta: STIE

YKPN Yogyakarta.

Herliza, R., & Saputri, M. E. (2016). “Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan

Pelanggan Studi Pada Zara Di Mall PVJ Bandung”. e-Proceeding of Management:

Vol. 3, No.2 Agustus 2016.

Herma Yunitasari & Ahyar Yuniawan. (2006). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek,

Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merk Terhadap Nilai Pelanggan Mobil Merk

Toyota. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, 3, 15-21.

Kotler dan Ketler. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlanggga

Kotler, P. (2000). Marketing management the millenium edition. New Jersey: Prentice-Hall

Levy, S.J. (1978). Marketplace Behavior-Its Meaning for Management. Amacom, New

York.

Internasional, Inc. & Armstrong, G. (2005). Dasar-dasar pemasaran (2nd ed.). Jakarta:

Pernhallindo.

Narimawati, Umi. (2010) Metodologi Penelitian : Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi.

Jakarta : Genesis.

Nazeri, S.H., Saadatyar, F.D. (2013), Studying the buying intention of electronics based on

the development of technology adoption model. New Journal of Marketing Research,

, 93-110.

Nuary, Devi Indah. (2015). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Harga, Dan

Citra Merek Kepuasan Konsumen Pada Produk Sepatu Buccheri Di Surabaya.

Undergraduate Thesis. STIE Perbanas Surabaya.

Nunnally, Bernstein, I.H. (1994). Psychometric Theory, Edisi ke 3. New York : McGraw

Hill.

Payne, A. and Holt, S. (2001). “Diagnosing Customer Value: Integrating the Value Process

and Relationship Marketing”. British Journal of Management, Vol. 12: 159-182.

Ponte, E. B., Carvajal-Trujillo, E., & Escobar- Rodríguez, T. (2015). Influence of trust and

perceived value on the intention to purchase travel online: Integrating the effects of

assurance on trust antecedents. Tourism Management, 47, 286-302.

Poranki, K. R. (2015). “The Impact of Brand Awareness on Customer Satisfaction: A Case

Study of Godfrey Phillips India Limited, India”. The International Journal Research

Publication’s Research Journal of Social Science & Management. Vol. 5 No. 1, May

Prabowo, M. P. A. (2017). “The Effect Perceived Value Towards Customer Satisfaction

With Nationality As The Moderating Variable: Emprical Study In Universitas

Muhammadiyah Sukararta’s International Program. Department of Management

Faculty of Economic And Business Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Pradipta, D. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen

Produk Oli Pelumas PT Pertamina (PERSERO) Enduro 4T di Makasar. Sarjana

strata 1. Universitas Hasanudin, Makasar (publish).

Pramudyo. (2012). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai

Intervening (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta).

Dalam Jurnal JBMA Vol-1, No 1. Agustus 2012. Yogyakarta: Akademi Manajemen

Administrasi.

Rahab., Handayani S.R., dan Nawarini A.T. (2015). Peran Perceived Value dan Kepuasan

Pelanggan Dalam Upaya Membangun Loyalitas Pengguna Kartu Seluler. Media

Ekonomi dan Manajemen. 30(1), h.76-84.

Rahmat, H. (2013). Statistika Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Resika, Y., Wahab, Z., & Shihab, M. S. (2019). “Customer Perceived Value Dan Customer

Trust: Identifikasi Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Go-Car”. Journal of

Management and Business Review. Vol. 16, No. 1, 2019: 1-22.

Rao, Akshay R. and Monroe, Kent B., (1988), The Moderating Effect of Prior Knowledge

on Cue Utilization in Product Evaluations, Journal of Consumer Research 15 (2),

-264.

Roig, Juan Carlos Fandos, Javier Sanchez Garcia, Miguel Angel Moliner Tena, and Jaume

Liorens Monzoins, (2006). “Customer Perceived Value in Banking Services”,

International Journal of Bank Marketing, Volume 24, Number 5.

Romaniuk, J., Wight, S., & Faulkner, M. (2017). Brand awareness: Revisiting an old

metric for a new world. Journal of Product & Brand Management, 26(5), 469-476.

doi: 10.1108/JPBM-06-2016-1242

Roslina. (2010). Citra Merek : Dimensi, Proses Pengembangan, serta Pengukurannya.

Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 6 (No. 3) Hal 334-345. (online), (http://femanajemen.unila.ac.id diakses 11 November 2015).

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo.

Schiffman dan Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks

Gramedia.

Sekaran, Uma dan Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan

Pengembangan-Keahlian. Jakarta. Salemba Empat.

Septi & Heriyati, P. (2012). “Analisis Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk

Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Handphone Nexian”. Journal of

Business Strategy and Execution, 4(2), 171-205

Simamora. B. (2004). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Utama.

Sudarsono, Deby Susanti dan Dyah Kurniati. (2013). “Elemen Ekuitas Merek Dalam

Keputusan Pembelian Laptop”. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi. Vol. 1. No.

Februari 2013. Hal. 18-27. Universitas Katolik Widya Mandala. Madiun.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta, CV

Tjiptono, F. (2004). Perspektif manajemen dan pemasaran kontemporer. Yogyakarta:

ANDI.

Tjiptono, F. (2014). Customer Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2015). Brand Management & A Strategy. Yogyakarta: Andi.

Venessa, I. (2017). “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen (Survei pada Manusia Program Studi Administrasi Bisnis

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan

/2014) dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati”. Jurnal Administrasi

Bisnis (JAB). Vol. 51 No. 1 Oktober 2017).

Wardaya, E. P. (2017). “Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Loyalty

Melalui Customer Satisfaction Dan Customer Trust Pada Pelanggan Bengkel Auto

Di Surabaya. Petra Business and Management Review. Vol 3, No 1.

Woodruff, Robert B. (1997). Customer Value : The Next Source for Competitive

Advantage, Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 25, No. 2, 139-153.

Xian, Gou Li. 2011. Corporate Product and User Image Dimensions and Purchase

Intention. Journal of Computers, (6)9: 1875 1879.

Zeithaml, Valarie A., (1988). “Consumer Perceptions of Price, Quality, and Value: A

MeansEnd Model and Synthesis of Evidence”, Journal of marketing, Volume 52,

Number 3.

Zhang, Y. (2015). “The Impact of Brand Image on Consumer Behavior: A Literature

Review”. Open Journal of Business and Management, 2015, 3, 58-62.

Zubaedah. L.M., (2017). “Analisis Pengaruh Customer Perceived Value Pada Kepuasan

Dan Kesetiaan Nasabah Bank Brisyariah Wahid Hasyim. Jurnal Sekretari Vol. 4 No.

Januari 2017

Gifani, A., & Syahputra, S. (2017). “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom.”.

Majalah Bisnis Dan IPTEK Vol 10, No 2.

Gil, B., Fraj R.E., Andres, E., dan Martinez, S. (2007). Family as a Source Of ConsumerBased Brand Equity, Journal of Product and Brand Management, Vol. 16, No. 3

p.188-199