Pengaruh Penerapan Corporate Governance, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan

Main Article Content

Christyan Kurniawan
Andi Wijaya

Abstract

The purpose of this research is to examine whether or not there is any influence of corporate governance, corporate social responsibility disclosure, and profitability on firm’s value. In this research, managerial ownership is used to portray corporate governance. ROA is used to portray profitability meanwhile PBV is used to portray firm’s value. The population of this research is all firms listed in Jakarta Stock Exchange LQ45 index in 2012-2016. Purposive sampling method is used in this research. This research uses fixed effect method using eviews ver. 9. This research concludes these following results: 1. Managerial ownership doesn’t have any influence on firm’s value 2. Corporate social responsibility disclosure has an influence on firm’s value, 3. Profitability has an influence on firm’s value. This researches’ main limitation is that it only took LQ45 in 2012-2016 as a sample. The implication of this research is to help companies’ decision makers in increasing the corporate governance, corporate social responsibility disclosure, and profitability.



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh dari penerapan corporate governance, pengungkapan corporate social responsibility, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini kepemilikan manajerial digunakan sebagai proksi dari penerapan corporate governance. ROA digunakan sebagai proksi dari profitabilitas sedangkan PBV digunakan sebagai proksi dari nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di indeks LQ45 dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2016. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode fixed effect dalam pengolahan datanya dengan bantuan program eviews 9. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan hal sebagai berikut: 1. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh pada nilai perusahaan, 2. Pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh pada nilai perusahaan, 3. Profitabilitas berpengaruh pada nilai perusahaan. Limitasi utama dari penelitian ini adalah jumlah sampel yang terbatas hanya pada LQ45 dalam periode 5 tahun. Dengan penelitian ini, diharapkan pengambil keputusan perusahaan dapat meningkatkan kualitas penerapan corporate governance, pengungkapan corporate social responsibility, dan profitabilitas untuk meningkatkan nilai perusahaan.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Christyan Kurniawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Andi Wijaya, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

References

Belal, Ataur Rahman. (2008). Corporate Social Responsibility Reporting in Developing

Countries: The Cases of Bangladesh (1st Edition). London.

Brigham, E.F., dan Weston, J.F. (1990). Manajemen keuangan. Jakarta.

Cornett, Marcia Milon and friends. (2006). Earnings Management, Corporate Governance, and

True Financial Performance. Journal of Accounting, Vol. 3 (1), pp. 1-9.

Deegan, Craig. (2002). Introduction: The legitimising effect of social and environmental

disclosures – a theoretical foundation. Accounting, Auditing, and Accountability

Journal, Vol. 15 (3), pp. 282-311.

Dewi, Ayu S M dan Wirajaya, Ary. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan

Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Vol. 4 (2), pp. 358-372.

Eisenhardt, Kathleen M. (1989). Agency Theory: An Assessment and Review. The Academy

of Management Review, Vol. 14 (1), pp. 48-62.

Fatmawati, Mila. (2012). Penggunaan The Zmijewski Model, The Altman Model, dan The

Springate Model sebagai Prediktor Delisting. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.

(1), pp 56-65.

Hartono, R.S. and Adi, S.W., (2016). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan,

Kebijakan Dividen, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. Journal

of finance, Vol. 2 (1), pp.12-31.

Hermuningsih, Sri dan Wardani, Dewi Kusuma. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Malaysia dan Bursa

Efek Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 13 (2), pp. 23-38.

Hersey, Paul and H.B. Kenneth. (1969). Management of Organizational Behavior. Academy of

Management Journal, Vol. 12 (4), pp. 1-12.

Holme, Lord dan Watts, Richard. (1999). Corporate social responsibility. Jensen, M.C. dan Meckling, W.H. (1976). Agency Cost of Free Cashflow, Corporate Finance

and Takeover. American Economics Review, Vol. 76 (2), pp. 323-329.

Jo, Hejo dan Harjoto, Maretno A. (2011). Corporate Governance and Firm Value: The Impact

of Corporate Social Responsibility. Journal of Business Ethics, Vol. 103 (3), pp 351- 383.

Karpik, Philip and Belkaoui, Ahmed. (1989). The Relative Relationship Between Systematic

Risk and Value Added Variables. Journal of International Financial Management and

Accounting, Vol. 1 (3), pp. 259-276.

Kumar, Jayesh. (2003). Does Ownership Structure Influence Firm Value? Evidence from India.

The Journal of Entrepreneurial Finance and Business Venture, Vol. 9 (2), pp 61-93.

Kusumajaya, D.K.O., (2011). Pengaruh struktur modal dan pertumbuhan perusahaan terhadap

profitabilitas dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia.

Jurnal Akuntansi, Vol. 9 (2), pp 48-60.

Martono dan Harjito, Agus. (2005). Manajemen Keuangan . Yogyakarta.

McConnell, John J and Servaes, Henri. (1990). Additional Evidence on Equity Ownership and

Corporate Value. Journal of Financial Economics, Vol. 27 (2), pp. 595-612.

Nuraina, Elva. (2012). Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Ukuran Perusahaan Terhadap

Kebijakan Utang Dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang

Terdaftar Di BEI). Jurnal Akuntansi, Vol. 4 (1), pp. 51-70.

Prasetyorini, Bhekti Fitri. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning

Ratio, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 1

(1), pp 84-101.

Siallagan, H. and Machfoedz, M.U., (2006). Mekanisme corporate governance, kualitas laba

dan nilai perusahaan. Proceeding Simposium Nasional Akuntansi IX Padang, pp. 23- 26.

Susanti, R. (2014). Pengaruh kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusional, Dan

Corporate Sosial Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Accounting,

Vol. 6 (2), pp. 103-115.

Tjia, Olivia dan Setiawati, Lulu. (2012). Effect of CSR Disclosure to Value of the Firm: Study

for Banking Industry in Indonesia. World Journal of Social Sciences, Vol. 2 (6), pp 169- 178