Pengaruh Persepsi Harga, Word of Mouth dan Customer Satisfaction terhadap Purchase Intention Pelanggan Mixue di Cibubur

Main Article Content

Widya Lionitan
Carunia Mulya Firdausy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh persepsi harga, Word of Mouth dan Customer Satisfaction terhadap Purchase Intention Mixue di Cibubur. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan Mixue yang berdomisili di Cibubur. Besar sampel untuk penelitian ini adalah 130 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner yang disebar melalui Google form dan menggunakan teknik pemilihan sampel convenience sampling dalam pengumpulan data. Pengolahan data penelitian menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1. Harga berpengaruh positif secara signifikan terhadap Purchase Intention. 2. Word Of Mouth berpengaruh positif terhadap Purchase Intention. 3. Customer Satisfaction berpengaruh positif terhadap Purchase Intention.
 

This study aims to examine and determine the effect of perceived price, Word of Mouth and Customer Satisfaction on Purchase Intention Mixue in Cibubur. This study's population consists of Mixue customers who live in Cibubur. The sample size for this research is 130 respondents. The data used in this study is primary data obtained from the results of questionnaires distributed through the Google form and collected using a convenience sampling technique. Research data processing using SmartPLS. The results of this study indicate that: 1. Price has a significant positive effect on Purchase Intention. 2. Word of Mouth has a positive effect on Purchase Intention. 3. Customer Satisfaction has a positive effect on Purchase Intention.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Widya Lionitan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Carunia Mulya Firdausy, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Adji, J., & Samuel, H. (2014). Pengaruh Satisfication dan Trust Terhadap Minat Beli Konsumen (Purchase Intention) di Starbucks The Square Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2 No. 1 (page 1-10).

Akbar, A. R., & Suwitho. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 8, No. 11.

Amanda, T., Winoto, H., Kusniawati, A., & Surachman, S. (2021). Effect of Electronic Word Of Mouth, Product Quality, and Price on Purchase Intention. BIRCI-Journal (Budapest International Research and Critics Institue-Journal), Vol 4, No 3.

Andarillah. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Purchase Intention Produk Otomotif (Studi Kasus pada Konsumen Dealer Isuzu Palur).

Ghozali. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Ed. Ke-2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Tomas, Ringlet, C. M., Danks, N. P., & Ray, S. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Cham: Springer.

Ikhsan, F., & Handayani. (2019). Analisa Keputusan Pembelian yang Dipengaruhi Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan pada PT Bina Pertiwi Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi.

Juliana, Djakasaputra, A., Pramono, R., & Hulu, E. (2020). Brand Image, Perceived Quality, Ease of Use, Trust, Price, Service Quality on Customer Satisfaction and Purchase Intention of Blibli Website with Digital Technology as Dummy Variable in the Use of Eviews. Journal of Critical Reviews, 7(11), 3987-4000.

Kelvin & Firdausy, C. M. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Price Perception terhadap Purchase Intention Pelanggan Uniqlo di Jakarta. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(1), 142-149. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17179

Keni, Aritonang, L. R. & Pamungkas, A. S. (2019). Purchase Intention, Satisfaction, Interest, and Previous Purchase Behaviour. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 1129-1140.

Kotler, & Armstrong. (2008). Principles of marketing: An global perspective. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). Manajemen Pemasaran Jilid 2-13/E. Erlangga.

Levrini, G. R. D. & Santos, M. J. D. (2021). The Influence of Price on Purchase Intentions: Comparative Study between Cognitive, Sensory, and Neurophysiological Experiments. Vol. 11, Issue: 2.

Matos, & Rossi. (2008). Word-of-mouth communications in marketing: a meta-analytic review of the antecedents and moderators. Journal of the Academy of Marketing Science, 578-596.

Nasution, et al. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen).

Prasetio, A. & Rodhiah, R. (2021). Pengaruh Perceived Quality, Social Influence dan Perceived Price terhadap Purchase Intention Brodo. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(3), 580-590. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i3.13130

Rajasekar, & Murasoli. (2021). Impact Of Price On The Purchase Intention Of Consumers Regarding Luxury Products. NVEO - Natural Volatiles & Essential Oils Journal, Vol. 8, Issue: 4.

Ruhamak, & Rahayu. (2016). Pengaruh Word Of Mouth terhadap Purchase Intention melalui Brand Image pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Inggris Dynamic English Course Pare, 1(2):188-204.

Sari, & Puspita, D. (2016). Pengaruh Iklan, Harga dan E-Service Quality Terhadap Repurchase Intention pada Pengguna Online Travel Agent Traveloka.

Sekaran, & Bougie. (2018). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Illinois: John Wiley & Sons.

Yohansyah, F. & Rodhiah, R. (2021). Pengaruh E-Wom dan Persepsi Nilai terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood dengan Mediasi Kepercayaan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(1), 89-98. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17170