Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Kreativitas, dan Inovasi terhadap Keberhasilan UMKM Kedai Kopi

Main Article Content

Aurel Lai
Oey Hannes Widjaja

Abstract

Kedai kopi atau Coffee Shop merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah yang saat ini sedang trend. Keberhasilan strategi UMKM Kedai Kopi ini harus memiliki strategi yang berimplikasi luas pada kewirausahaan, kreativitas, serta inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kewirausahaan, kreativitas, dan inovasi terhadap niat wirausaha pada tercapainya keberhasilan UMKM Kedai Kopi di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengukuran sampel secara purposive sampling mengambil 40 responden pelaku usaha UMKM kedai kopi di Jakarta Barat. Terdapat tiga hipotesis yang akan diuji yaitu keberhasilan pengetahuan kewirausahaan, kreativitas, dan inovasi. Metode analisis data yang didapatkan dalam penelitian ini menggunakan PLS-SEM yang dikalkulasi melalui software SmartPLS 3 dengan metode uji inner model. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh positif pada kreativitas wirausahawan dan inovasi sementara pada tidak terdapat pengaruh positif terhadap pengetahuan kewirausahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pengetahuan dalam menjalankan bisnis UMKM terlebihnya di bidang Kedai Kopi.
 

Coffee Shop is one of the Micro, Small and Medium Enterprises which is currently a trend. The success of the Coffee Shop UMKM strategy must have a strategy that has broad implications for entrepreneurship, creativity, and innovation. This study aims to determine the influence of entrepreneurship, creativity, and innovation on entrepreneurial intentions in achieving the success of UMKM Coffee Shops in West Jakarta. This study used a quantitative method with purposive sampling taking 40 respondents from coffee shop UMKM entrepreneurs in West Jakarta. There are three hypotheses to be tested, namely the success of entrepreneurial knowledge, creativity, and innovation. The data analysis method obtained in this study used PLS-SEM which was calculated through the SmartPLS 3 software with the inner model test method. The result of this study is that there is a positive influence on entrepreneurial creativity and innovation while there is no positive effect on entrepreneurial knowledge. It is hoped that the results of this research can become knowledge in running MSME businesses, especially in the field of coffee shops.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Aurel Lai, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Oey Hannes Widjaja, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Adrianto, S. (2019). Peranan Pendidikan Sebagai Transformasi Budaya. Stikomcki. Jurnal CKI on Spot, 12(1), 14–19.

Apriliani, M. F. & Widiyanto, W. (2018). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha Dan Tenaga Kerja Terhadap Keberhasilan Umkm Batik. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 761–766.

Arifudin, P. M. (2016). Pengaruh Kreativitas, Inovasi dan Media Promosi terhadap Keberhasilan Usaha Warung Kopi Free Wifi Di Kecamatan Wates. Skripsi Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia Kediri.

Cahyo, R. J., dan Harjani, D. (2013). Analisis Inovasi Produk pada Sektor Usaha Formal dan Informal di Jawa Timur. 1(3).

Febriany, D., Tjipto, J. D., Immanuel, S., Buana, S. A. M., Emerald, S., & Keni, K. (2022). Formation of Consumer Impulsive Buying in MSMEs through Online Shopping Activities. Jurnal Komunikasi, 14(2), 507-521. https://doi.org/10.24912/jk.v14i2.20271

Ibrahim, A. U., & Abu, M. M. (2020). Influence of Entrepreneurial Orientation on Firms Performance: Evidence From Small and Medium Enterprises in Nigeria. International Journal of Economics and Financial Issues, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.32479/ijefi.9126

Irawan, R. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Keterampilan Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Umkm Kuliner Jalan Halat Medan. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Ludiya, E., & Mulyana, A. R. (2020). Pengaruh karakteristik wirausaha dan inovasi terhadap kinerja usaha pada umkm fashion di kota cimahi. Kinerja: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 17(1), 113–120.

Lumpkin, G., & Dess, G. (2005). The Role of Entrepreneurial Orientation in Stimulating Effective Corporate Entrepreneurship. Academy of Management Executive. https://doi.org/10.5465/ame.2005.15841975

Manampiring, C. T. M., Massie, J. D. D., & Worang, F. G. (2021). The Influence Of Entrepreneurial Knowledge, Education, And Skill. Jurnal EMBA, 8(3).

Marden, R., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Kreativitas dan Efikasi Diri terhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa FEB Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 181. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17190

Merline, M. & Widjaja, O. H. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Orientasi Kewirausahaan, dan Inovasi terhadap Keberhasilan UKM Alumni dan Mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(2), 435-443. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18243

Noor, H. F. (2008). Ekonomi Manajerial (P. R. G. Persada. (ed.)).

Nuraizah, S. (2019). Pengaruh Kreativitas, Inovasi, Dan Media Promosi Terhadap Keberhasilan Usaha Toko Rabbani Cabang Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/2319/

Setiawan, H., Erdogan, B., & Ogunlana, S. O. (2017). Innovativeness: A Key Factor to Support Contractors’ Business Success. Procedia Engineering, 171, 379–386. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2017.01.347

Sherly, Halim, F., & Sudirman, A. (2020). The Role Of Social Media In Increasing Market Share Of Msme. Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 61–72.

Sondra, T. C. & Widjaja, O. H. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi terhadap Kinerja Usaha UKM Bidang Konveksi di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 500–508. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11897

Sukses., K. P. K. W. (2015). Yuyus Suryana Kartib Vayu. Kencana.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. In Salemba Empat.

Tang Xiao Hua, Badara Kabia, A., & Arkady, D. (2015). Creativity & Innovation a Road Map to Business Success and Growth in Sierra Leone: from Intuition to Process Management. Global Journal Of Management And Business Research:B Economics And Commerce, 15(4), 2249–4588.

Thomassen, M. L., Williams Middleton, K., Ramsgaard, M. B., Neergaard, H., & Warren, L. (2020). Conceptualizing context in entrepreneurship education: a literature review. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 26(5), 863–886. https://doi.org/10.1108/IJEBR-04-2018-0258

Udriyah, Thom, J., & Azam, S. M. F. (2019). The effects of market orientation and innovation on competitive advantage and business perfor-mance of textile SME. Management Science Lettera, 1419–1428.

Wijaya, W. & Widjaja, O. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-Commerce dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(1), 84-93. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22516