Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha dengan Bantuan Dukungan Sosial sebagai Moderasi

Main Article Content

Alvin Christianto
Hetty Karunia Tunjungsari

Abstract

Intensi berwirausaha merupakan salah satu faktor penting yang dapat menimbulkan keinginan individu dalam menciptakan suatu usaha baru. Mahasiswa dapat memiliki intensi berwirausaha untuk dapat membuat suatu usaha yang dibutuhkan banyak orang. Dengan adanya intensi berwirausaha dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya yang dapat memperkuat intensi berwirausaha seseorang. Beberapa faktor tersebut berupa kreativitas, efikasi diri, dan dukungan sosial yang dapat memberikan pengaruh pada intensi berwirausaha. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kreativitas, efikasi diri pada intensi berwirausaha dengan dukungan sosial sebagai variabel moderasi pada mahasiswa. Sampel yang dipilih sebanyak 230 responden mahasiswa pada universitas swasta di Jakarta. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SmartPLS 4.0. Hasilnya menunjukkan bahwa kreativitas dan efikasi diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha. Sedangkan kreativitas dan efikasi diri yang dimoderasi oleh dukungan sosial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa di Jakarta.
 

Entrepreneurial intention is one of the important factors that can lead to an individual's desire to create a new business. Students can have entrepreneurial intentions to be able to make a business that is needed by many people. The existence of entrepreneurial intentions can be influenced by several other factors that can strengthen one's entrepreneurial intentions. Some of these factors are creativity, self-efficacy, and social support which can influence entrepreneurial intentions. The purpose of this study was to examine the effect of creativity and self-efficacy on entrepreneurial intentions with social support as a moderating variable for students. The selected sample was 230 student respondents at private universities in Jakarta. Data processing in this study uses SmartPLS 4.0. The results show that creativity and self-efficacy have a positive and significant impact on entrepreneurial intentions. Meanwhile, creativity and self-efficacy moderated by social support do not have a significant effect on entrepreneurial intentions among students in Jakarta.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Alvin Christianto, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Hetty Karunia Tunjungsari, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Bellò, B., Mattana, V., & Loi, M. (2017). The Power of Peers A New look at the Impact of Creativity, Social Context, Self-Efficacy on Entrepreneurial Intention. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 214-233.

Bryant. (2006). Entrepreneurial Self-Regulation and Decision Speed. New Zealand: Macquarie University Press.

Chia, C.C., & Liang, C. (2016). Influence of Creativity and Social Capital on the Entrepreneurial Intention pf Tourism Students. Journal of Entrepreneurship, Management and Innovation (JEMI), Volume 12, Issue 2, 2016: 151-168.

Farrukh, M., Khan, A. A., Khan, M. S., Ramzani, S. R., & Soladoye, B. S. A. (2017). Entrepreneurial Intentions: The role of familial factors, personality traits and self-efficacy. World Journal of Entrepreneurship, 13(4), 1-27. https://doi.org/10.1108/WJEMSD-03-2017-0018

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (Edisi 8). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2014). A Primer on Pratial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Los Angeles: USA: SAGE.

Kardila, K. & Puspitowati, I. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pola Pikir Kewirausahaan, Kreativitas terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(4), 1026-1034. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i4.20566

Molino, M. & Dolce, V. (2018). Personality and Social Support as Determinats Entrepreneurial Intention. Gender Differences in Italy. PLos ONE, 13.

Muthia. (2017). Pengaruh Kebutuhan akan Prestasi, Pengambilan Resiko, Kepercayaan Diri, dan Efikasi Diri Dengan Dukungan Sosial sebagai Variabel Moderasi terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017. Tesis Universitas Negeri Semarang.

Natalya, C. & Rodhiah, R. (2019). Pengaruh Kreativitas, Edukasi, dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha dalam Generasi Z di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 13(1), 62-73. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i2.5075

Santos, C. L., & Ligouri, W. E.,. (2019). Entrepreneurial Self-efficacy and Intentions: Outcome expectation as mediator and subjective norms as moderator. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research.

Sarafino, E. P. (1990). Health Psychology. Singapore: John Wiley and Sons.

Shi, L., Yao, L., & Wu, W. (2109). Perceived University Support, Entrepreneurial Self Efficacy, Heterogeneous Entrepreneurial Intentions In Entrepreneurship Education: The Moderating Role of The Chinese Sense of Face. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 12, 205-230.

Smet. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT Grasindo.

Sugiarto. (2015). Hubungan Antara Kreativitas Berwirausaha dengan Minat Berwirausaha Pembegkelan Otomotif Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Suryana. (2013). Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.

Tritularsih, Y., & Sutopo, W. (2017). Peran Keilmuan Teknik Indistri Dalam Perkembangan Rantai Pasokan Menuju Era Industri 4.0 . Surakarta: Seminar dan Konfrensi Nasional IDEC.

Veronica, V. (2019). Pengaruh Kreativitas dan Locus Of Control Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha Yang Dimoderasi oleh Lingkungan Keluarga. Jurnal Universitas Sanata Dharma.

Wang, L., & Huang, J. H., . (2019). Effect od Entrepreneurial Self-Efficacy on the Entrepreneurial Intentions of Students at a University in Hainan Province in China: Taking Social Support as a Moderator. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, pp. 183-200.

WHO. (2020, Maret 11). Coronavirus Confirmed as Pandemic By World Health Organization. Retrieved from https://www.bbc.com/news/world-51839944

Wijangga, J. & Sanjaya, E. L.. (2019). The Relationship Between Entrepreneurial Self-Efficacy and Entrepreneurial Inetention among Universtity Students. Journal Entrepreneur And Entrepreneurship.

Wijaya, S. M. & Tunjungsari, H. K. (2023). The Role of Opportunity Recognition and Personality in Entrepreneurial Intention in Mediation by Risk Aversion. International Journal of Economics, Management, Business, and Social Science (IJEMBIS), 3(1), 107-116. https://doi.org/10.59889/ijembis.v3i1.117

Yonaevy, U. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.