Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UMKM Kain Ulos

Main Article Content

Vincent Chow
Louis Utama

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk memiliki pengaruh terhadap kinerja UMKM kain ulos. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM kain ulos. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 102 responden pemilik UMKM kain ulos di Pematangsiantar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner berskala likert. Penelitian ini menggunakan software Smart Partial Least Square (PLS) versi 3.0 sebagai metode analisis data. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini yaitu orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap kinerja UMKM kain ulos, Inovasi Produk memiliki pengaruh terhadap kinerja UMKM kain ulos.


 


The purpose of this study was to find out whether Entrepreneurial Orientation and Product Innovation have an influence on the performance of ulos cloth SMEs. The population in this study were ulos cloth SMEs. The sample used in this study was 102 respondents who owned ulos cloth in Pematangsiantar. The sampling technique used is non-probability sampling with purposive sampling method. Data collection was carried out using a Likert scale questionnaire. This study uses Smart Partial Least Square (PLS) software version 3.0 as a method of data analysis. Overall, the results of this study are that Entrepreneurial Orientation has an influence on the performance of ulos cloth SMEs, product innovation has an influence on the performance of ulos cloth SMEs.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Vincent Chow, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Louis Utama, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 1–13.

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Struktural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research, 295-336.

Danny, F. G. & Utama, L. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Kapasitas Inovasi terhadap Kesuksesan Proyek pada Bidang Fashion. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(3), 690-699. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9581

Darwis, H. & Utama, L. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(2), 542-552. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7948

Dasuki, R. E. (2021). Manajemen Strategi: Kajian Teori Resource Based View. Jurnal Ilmiah Manajemen, 447-454.

Elfahmi, S. H., & Jatmika, D. (2017). Pengaruh Inovasi Terhadap Ukm Naik Kelas Melalui Daya Saing Produk. Seminar Nasional Sistem Informasi, 445-454.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a Silver Bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 139-152.

Henseler, J. R. (2009). The Use of Partial Least Squares Path Modeling In International Marketing. New Challenges toInternational Marketing Advances In International Marketing 20, 277– 319.

Kemenperin.go.id. (2021). Mendorong Kinerja Industri Tekstil dan Produk Tekstil di Tengah Pandemi. Jakarta: Pusdatin Kemenperin.

Kemenperin.go.id. (2021). Mendorong Kinerja Industri Tekstil dan Produk Tekstil di Tengah Pandemi. Jakarta: Pusdatin Kemenperin.

Kuncoro, & Mudrajad. (2005). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.

Kuntjojo. (2009). Metodologi Penelitian. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Ludiya, E., & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Pada UMKM Bidang Fashion di Kota Cimahi. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 141-154.

Mantok, S., Sekhon, H., Sahi, G. K., & Jones, P. (2019). Entrepreneurial Orientation and the Mediating Role of Organisational Learning amongst Indian S-SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 641–660.

Marliana, R. R. (2020). Partial Least Squares-Struktural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0. Jurnal matematika, statistika, dan komputasi, 174-186.

Natasha, P., & Devie. (2013). Analisa Pengaruh Strategic Planning Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Journal Bussines accounting review, 185-195.

Omisakin, O. M., Nakhid, C., Littrell, R., & Verbitsky, J. (2016). Entrepreneurial Orientation among Migrants and Small and Medium Enterprises. Journal of Business Administration Research, 7–22.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM. Jurnal Lentera Bisnis, 109-120.

Subrata, A. G., & Damanik, D. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Industri Rumah Tangga Tenun Ulos Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1-8.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiharto, & Sitinjak. (2006). lisrel. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Susanto, L., Yanti, Y., Viriany, V., & Wirianata, H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Uskad. Jurnal Bina Akuntansi, 7(2), 124-141. https://doi.org/10.52859/jba.v7i2.80

Taufiq, M., Prihatni, R., & Gurendrawati, E. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Penggunaan Sistem Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing., 204-220.

Tutar, H., Nart, S., & Bingöl, D. (2015). The Effects of Strategic Orientations on Innovation Capabilities and Market Performance: The Case of ASEM. Procedia - Social and Behavioral Sciences (pp. 709-719). Procedia - Social and Behavioral Sciences.