Pengaruh Kreativitas, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Media Sosial terhadap Keberhasilan Usaha UMKM

Main Article Content

Malvin Hariyanto
Mei Ie

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh dari kreativitas, pengetahuan kewirausahaan, dan media sosial terhadap keberhasilan usaha UMKM. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Penelitian menyebarkan kuesioner kepada 60 pemilik usaha. Analisis data menggunakan analisis SmartPLS 3.0. Hasil analisis menyimpulkan bahwa kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan UMKM. Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan UMKM. Media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan UMKM.
 

The purpose of this study was to determine and analyze the influence of creativity, entrepreneurial knowledge, and social media on the success of MSME businesses. Sampling of this study was carried out by purposive sampling method. The study distributed questionnaires to 60 business owners. Data analysis using SmartPLS 3.0 analysis. The results of the analysis conclude that creativity has a positive and significant effect on the success of MSMEs. Entrepreneurial knowledge has a positive and significant effect on the success of MSMEs. Social media has a positive and significant effect on the success of MSMEs.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Malvin Hariyanto, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Mei Ie, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Azhar, & Akhtar. (2020). Social media: A cataliyst for enterpreneueship and marketing. South Asian Journal of Marketing and Management Reseaerch, 10 (11), 2249-877. https://doi.org/10.5958/2249-877X.2020.00087.9

Irawati, R. (2018). Pengaruh pelatihan dan pembinaan terhadap pengembangan usaha kecil. Jurnal JIBEKA, 12(1), 74-82. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.18

Kusuma, K. A. & Soelaiman, L. (2019). Faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha industri kreatif seni kriya di Bali. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1(2), 242-249. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i2.5084

Merline, M. & Widjaja, O. H. (2022). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, orientasi kewirausahaan, dan inovasi terhadap keberhasilan UKM alumni dan mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(2), 435-443. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18243

Mulya, V. D., Mulyantomo, E., & Sulistyawati, D. A. (2022). Mengungkap rahasia kesuksesan manis legitnya madu peternakan lebah di desa gadu Kec. Gunungwungkal Kab. Pati Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(3), 208-219. https://journals.usm.ac.id/index.php/solusi/article/download/4618/2731

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaat media sosial sebagai media promosi (Studi deskriptif pada happy go lucky house). Jurnal Common, 3(1), 71-80. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode penelitian untuk bisnis: pendekatan pengembangan-keahlian. Jakarta: Salemba Empat.

Supriadi, D. (2017). Implementasi manajemen inovasi dan kreatifitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Indonesia Journal of Education management & Administration Review, 1 (2), 126-132. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/944

Suwarsa, T., & Hasibuan, A. R. (2021). Pengaruh restoran dan pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah kota padangsidempuan periode 2018-2019. Jurnal Akuntansi Politeknik Pos Indonesia, 14(2), 71-85. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/1906

Windyarsita, M., & Anggraeni, T. P. (2021). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan keterampilan wirausaha terhadap keberhasilan usaha pada UMKM kuliner kota Wonogiri. Seminar Nasional & Call For Paper HUBISINTEK 2021, 1057-1060. https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/download/1487/1133/2007