Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha terhadap Perkembangan Usaha UMKM

Main Article Content

Pinta Rohmada Rahayu
Nur Hidayah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya perubahan yang semakin maju dalam kehidupan masyarakat yang menginginkan segala sesuatu dengan mudah dan cepat, termasuk kebutuhan akan bumbu giling. Peluang usaha dari bumbu giling ini masih luas dan berkembang di kalangan banyak pengusaha kuliner dan hal ini dapat dimanfaatkan sebagai target pasar yang menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jaringan usaha, inovasi produk, dan persaingan usaha terhadap perkembangan UMKM bumbu giling di Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner yang tersedia dari berbagai pelaku usaha bumbu giling. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelaku usaha bumbu giling di Jakarta Selatan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 responden pelaku usaha bumbu giling di Jakarta Selatan. Tiga hipotesis diformulasikan dan diuji menggunakan software SmartPLS versi 3.3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jaringan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM, dan persaingan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM. Peneliti menyarankan agar pelaku usaha bumbu giling di Jakarta Selatan mampu meningkatkan kerjasama dengan para pemasok lebih banyak lagi, mendesain produk dengan memiliki keunikan tersendiri, dan meningkatkan daya saing agar tetap unggul terhadap keberadaan pesaing.
 

The background of this research is because there are increasingly advanced changes in people’s lives who want everything easily and quickly, including the need for ground spices. The business opportunity from ground spices is still wide and growing among many culinary entrepreneurs and this can be used as a profitable target market. The purpose of this study was to determine the effect of business networks, product innovation, and business competition on the development of MSMEs in South Jakarta ground spices. This study uses a descriptive method with a quantitative approach. Data were collected using a questionnaire technique available from various ground spices business actors. The population in this study are ground spice businesses in South Jakarta. The sampling method in this study was non-probability sampling with the sampling technique namely purposive sampling. The number of samples used in this study were 60 respondents in the ground spice business in South Jakarta. Three hypotheses were formulated and data was processed using SmartPLS software version 3.3.3. The results of this study indicate that business networks have a positive and significant effect on the development of SMEs, product innovation has a positive and significant effect on the development of SMEs and business competition has a positive and significant effect on the development of SMEs. Researchers suggest that ground spices businesses in South Jakarta are able to increase collaboration with more suppliers, design products with their own uniqueness, and increase competitiveness in order to remain ahead of competitors.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Pinta Rohmada Rahayu, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Nur Hidayah, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Anggraini, Kadir, & Nohong. (2020). The Effect of Business Networks, Product Innovation, and Business Competition on the Development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) In Boven Digoel District. Hasanuddin Journal of Business Strategy, 2(4), 53–63. https://doi.org/10.26487/hjbs.v2i4.366

Avriyanti. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada UMKM Bidang Kuliner Di Kabupaten Tabalong). PubBis: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 6(1), 61–73. https://doi.org/10.35722/pubbis.

Badan Pusat Statistik. (2017). Pola Konsumsi Penduduk Provinsi Lampung.

Badan Pusat Statistik. (2022, September 12). Jumlah dan Persentase UMK Provinsi DKI Jakarta Menurut Kabupaten/Kota, 2016.

Barney. (1991). Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of Management, 17(1), 99–120. https://doi.org/10.1177/014920639101700108

Dasuki. (2021). Manajemen Strategi: Kajian Teori Resource Based View. Jurnal Ilmiah Manajemen, XII. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i3.710

Garson. (2016). Partial Least Squares: Regression and Structural Equation Models. Statistical Associates Publishers.

Giawa, & Pasaribu. (2021). Kinerja Usaha Sebagai Moderasi Jaringan Usaha Terhadap Pengembangan Usaha (Studi Mitra Binaan Pegadaian Medan). Journal of Economics and Business, 2(2), 1–17. https://doi.org/10.36655/jeb.v2i2.544

Hair, Risher, Sarstedt, & Ringle. (2018). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24.

Haryono, S. (2017). Metode SEM untuk penelitian manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Luxima Metro Media, 450.

Herman, & Nohong. (2022). Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 19(1), 1–19. https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.18575

Hizriah, & Dian. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan UMKM Di Kelurahan Harjosari I Medan Amplas. Movere Journal, 4, 84–94.

Kalil, & Aenurohman. (2020). Dampak Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Ukm Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 69–77. https://doi.org/10.23917/humaniora.v21i1.8581

Lestari, Lubis, & Widayanto. (2015). Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk Dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Studi Pada IKM Makanan Di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan Jawa Barat). Jurnal Ilmu Administrasi. https://doi.org/10.14710/jiab.2015.8263

Malhotra. (2010). Marketing Research: An Applied Orientation (sixth edition). Prentice Hall.

Romanto, E. & Hidayah, N. (2020). Pengaruh Pengetahuan Dasar Dan Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Motivasi Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(2), 479–489. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7942

Sarstedt, Hair, & Ringle. (2017). Partial least square structural equation modeling. Springer International Publishing, 13, 1–41. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-2

Sarstedt, Ringle, Henseler, & Hair. (2014). On the emancipation of PLS-SEM: A commentary on Rigdon (2012). Long Range Planning, 47(3), 154–160. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2014.02.007

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. john wiley & sons.

Shepherd, Parida, & Wincent. (2020). Entrepreneurship and poverty alleviation: the importance of health and children’s education for slum entrepreneurs. Entrepreneurship Theory and Practice. https://doi.org/10.1177/1042258719900774

Sijabat. (2021). Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 9 (1), Februari 2021. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 9(1), 62–69. http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v9i1.4815

Sitinjak, & Nainggolan. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Bumbu Giling Di Pasar Dwikora Kota Pemantang Siantar. Jurnal Agrilink, 8. https://doi.org/10.36985/jak.v1i2.185

Sugiyono, N. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: CV. Alfabeta) Go to reference in article.

Sumardi. (2017). Peran Baitul Maal Wat Tamwil Husnayain Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 1(1), 68–69. https://doi.org/10.22236/alurban_vol1/is1pp68-88

Susilowati, & Taufan. (2013). Pengembangan Jejaring Wirausaha dan Pembelajaran Eksploratif Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perekonomian Unit Usaha Kecil Menengah di Semarang Jejaring. 2013(November), 516–524. http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/5168

Utama, L., Widjaja, O. H., & Lego, Y. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Kompetitif Pada UKM Industri Kreatif Dengan Kapasitas Inovatif Sebagai Faktor Mediasi Dalam Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Bina Manajemen, 9(1), 30–43. https://doi.org/10.52859/jbm.v9i1.113