Anteseden Impulsive Buying yang Dimediasi oleh Emotions pada Konsumen Shopee di Jakarta

Main Article Content

Yehezkiel Marcel
Tommy Setiawan Ruslim

Abstract

Sejak adanya wabah Covid-19 seluruh marketplace di Indonesia mengalami lonjakan pembelian dari konsumen. Hal ini terjadi karena adanya larangan dari pemerintah kepada masyarakat untuk berpergian keluar rumah agar dapat menekan angka penyebaran virus. Dengan adanya larangan ini, hampir seluruh kegiatan jual beli beralih secara online. Situasi ini menghasilkan keuntungan bagi Shopee yang di mana dari tahun 2020 Q1 sampai dengan 2021 Q4 Shopee terus mengalami peningkatan penjualan. Tetapi, pada tahun 2022 Q1 secara mendadak Shopee mengalami penurunan penjualan sebanyak 100 juta order. Dengan adanya penurunan penjualan ini tentunya tingkat pembelian secara impulsif dari konsumen juga pastinya menurun. Oleh karena itu, penelitian ini akan menguji pengaruh flash sale, price attribution terhadap impulsive buying pada konsumen Shopee di Jakarta yang dimana hubungan antara flash sale terhadap impulsive buying dimediasi oleh emotions. Teknik pemilihan sampel yang digunakan oleh peneliti untuk penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian ini berhasil mengumpulkan sebanyak 160 responden yang merupakan konsumen yang sudah pernah berbelanja di marketplace Shopee yang berdomisili di Jakarta dan sudah berusia 17 tahun atau lebih. Metode dan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah structural equation modelling (SEM) yang diolah menggunakan SmartPLS 4.0.8.4. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa flash sale memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap emotions, emotions memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap impulsive buying, flash sale yang dimediasi oleh emotions memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap impulsive buying, dan price attribution tidak memiliki pengaruh terhadap impulsive buying.
 

Since the outbreak of Covid-19, all marketplace in Indonesia have experienced a tremendous contribution from consumers' purchases. This happened because there was a ban from the government on people to travel outside the house in order to reduce the spread of the virus. With this prohibition, almost all buying and selling activities have shifted online. This situation generates profits for Shopee where from 2020  Q1 to 2021 Q4 Shopeeexperienced an increase in sales. However, in 2022 Q1, Shopee suddenly experienced a decline in sales of 100 million orders. With this decrease in sales, the level of impulsive buying from consumers also decrease. Therefore, this study will examine the effect of flash sale, price attribution to impulse buying among Shopee consumers in Jakarta, where the relationship between flash sale and impulse buying is mediated by emotions. The sample selection technique used by researchers is non-probability sampling with purposive sampling method. This research managed to collect 160 respondents who are consumers who have shopped at the Shopee marketplace who are domiciled in Jakarta and are 17 years old or older. The method and data analysis used in this research is the structural equation model (SEM) which is processed using SmartPLS 4.0.8.4. The results of this study indicate that flash sales have a positive and significant effect on emotions, emotions have a positive and significant effect on impulsive buying, flash sales mediated by emotions have a positive and significant effect on impulsive buying, and price attribution has no effect on impulse buying.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Yehezkiel Marcel, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Tommy Setiawan Ruslim, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Alfani, M. H. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Impulse Buying pada Produk Online Menurut Ekonomi Syariah. Journal of Economic, Bussiness and Accounting (COSTING), 3(2), 365-377. https://doi.org/10.31539/costing.v3i2.1062

Amanah, D., Harahap, D. A., & Lisnawati, D. (2017). Exploring Online Purchase Decision Among University Students in Indonesia. Journal of Humanities and Social Science, 22(12), 72-77.

Aribowo, D., Sulhaini, & Herman, L. (2020). Effect Of Flash Sale Method, Product Knowledge And In Home Shopping Tendency Toward Consumer Online Purchase Decisions. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 102(6), 97-107. https://doi.org/10.18551/rjoas.2020-06.12

Cakraningrat, P. B. W. W., & Ardani, S. I. G. A. K., (2016). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying di Discovery Shopping Mall. E-Jurnal Manajemen, 5(7), 250483.

Daulay, R., Handayani, S., & Ningsih, I. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1(1).

Destari, F., Indraningrat, K., & Putri, M. N. N. (2020). Impact of shopping emotion towards impulse buying in e-commerce platform. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 13(1), 47–64. https://doi.org/10.25105/jmpj.v13i1.6123

Ghozali, Imam. (2014). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gosta, D. R. (2022, May 18). Pertumbuhan Shopee Mulai Tersendat, Gara-gara Free Fire? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220518114529-37-339796/pertumbuhan-shopee-mulai-tersendat-gara-gara-free-fire

Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L., (2010). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (11th Ed.). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Hankho, G. & Cokki. (2020). Prediksi estetika, sikap terhadap merek, dan persepsi harga terhadap niat pembelian Iphone. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(2), 380-389. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7931

Hermanto, Y. E. (2016). Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat Surabaya Dengan Hedonic Shopping Motivation Dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Merek Zara. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1). https://doi.org/10.9744/pemasaran.10.1.11-19

Iprice. (2019, November). Peta E-commerce Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapsofecommerce/

Kwon, J., & Ahn, J. (2021). The effects of cruise attributes on impulse buying behavior: the mediating role of impulsive buying tendency. International Journal of Quality and Service Sciences, 13(3), 456–470. https://doi.org/10.1108/ijqss-09-2020-0141

Malhotra, N. K., 2009, Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta.

Martaleni Martaleni, Ferdian Hendrasto, Noor Hidayat, Amin Alfandy Dzikri, & Ni Nyoman Kerti Yasa (2022). Flash sale and online impulse buying: Mediation effect of emotions. Innovative Marketing, 18(2), 49-59. https://doi.org/10.21511/im.18(2).2022.05

Rook, D. W. & Fisher, R. J. (1995), “Normative influences on impulsive buying behavior”, Journal of Consumer Research, Vol. 22 No. 3, pp. 305-313, https://doi.org/10.1086/209452.

Ruslim, T. S. & Rahardjo, M. (2016). Identifikasi Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Segi Harga Dan Kualitas Pada Restoran Abuba Steak di Greenville. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 472–485. https://doi.org/10.22441/jimb.v2i1.3690

Winawati, N. F. (2015). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Hypermart Ponorogo City Center). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2).

Zaki, H. O. & Hamid, S. N. A. (2021). The Influence of Time Availability, Happiness, and Weariness on Consumers’ Impulse Buying Tendency amidst Covid-19 Partial Lockdown in Malaysia. Jurnal Pengurusan, 62. https://doi.org/10.17576/pengurusan-2021-62-07

Zhang, M., Zhang, J., Cheng, T.C. E., & Hua, G. (2018). Why and how do branders sell new products on flash sale platforms? European Journal of Operational Research, 270(1), 337-351. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2018.02.051