Pengaruh Fokus Pelanggan, Respon Pelanggan, Proaktif, Inovasi dan Pengambilan Resiko terhadap Kinerja UKM

Main Article Content

Grecia Ratna Ephelia
Ida Puspitowati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh fokus pelanggan, respon pelanggan, proaktif, inovasi, dan pengambilan resiko terhadap kinerja UKM pemanfaatan kayu bekas di Jakarta Barat. Metode dalam penelitian menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dan kuesioner menggunakan google form yang diisi oleh 54 responden pelaku UKM pemanfaatan kayu bekas di Jakarta Barat. Pengolahan data menggunakan aplikasi SmartPLS 3 for student dengan menggunakan metode bootstrapping atau penggandaan secara acak dalam mengukur tingkat signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan pada variabel Fokus Pelanggan, Proaktif, Inovasi dan Pengambilan Resiko serta negatif dan signifikan pada variabel Respon Pelanggan terhadap kinerja UKM pemanfaatan kayu bekas di Jakarta Barat.


 


The purpose of this research was to determine whether there is an influence of customer focus, customer response, proactive, innovation and risk taking on the performance of SMEs the utilization of used wood in West Jakarta. The technique in this research uses a non-probability sampling method with purposive sampling technique and a questionnaire using a google form filled out by 54 respondents of SMEs the utilization of used wood in West Jakarta. The data is processed using the SmartPLS 3 application for students using the bootstrapping method or random doubling in measuring the level of significance. The results of this research indicate that there is a positive and significant influence on the variable of customer focus, proactive, innovation, and risk taking also the negative and significant on customer response on the performance of SMEs the utilization of used wood in West Jakarta.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Grecia Ratna Ephelia, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara Jakarta

Ida Puspitowati, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Amin, M. (2015). The Effect of Entrepreneurship Orientation and Learning Orientation on SMEs’ Performance: an SEM-PLS Approach. J For International Business Entrepreneurship Development, 8(3), 215-229.

Ferdian, F., Maulina, I. & Rosidah. (2012). Analisis Permintaan Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) Konsumsi di Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu. Jurnal Prikanan dan Kelautan, 3(4), 93-98.

Ghozali, H. I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universtas Diponegoro Semarang.

Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan SmartPLS 3.0. Malang: Universitas Brawijaya.

Jaya, I. G. N. & Sumertajaya, I. M. (2008). Pemodelan Persamaan Struktural dengan Partial Least Square. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika.

Kasali, R. (2010). MYELIN: Mobilisasi Intagibles Menjadi Kekuatan Perubahan. Jakarta: Gramedia.

Kohli, A. K. & Jaworski, B. J. (1990). Market Orientation: the Construct, Research Propositions, and Managerial Implications. Journal of Marketing, 54, 1-18.

Lestari. (2010). Pengaruh Orientasi Wirausaha terhadap Kinerja UMKM Eksportir Kerajinan Keramik di Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Lu, J. & Zhang, G. (2016). The Effect of Customer Orientation and Entrepreneurial Orientation on Performance of SMEs: Comparison between Chinese and South Korean SMEs. Global Journal of Management and Business Research: A Administration and Management, 16(12), 1-17.

Lumpkin, G. T. & Dess, G. G. (2001). Linking Two Dimensions of Entrepreneurial Orientation to Firm Performance: The Moderating Role of Environment and Industry Life Cycle. Journal of Business Venturing, 16, 429-451.

Miller, D. (1983). The Correlates of Entrepreneurship in Three Types of Firms, Management Science, 29(7).

Narver, J. C. & Slater, S.F. (1990). The Effect of a Market Orientation on Business Profitability. Journal of Marketing. 54(4), 20-35.

Nurhayati. (2008). Studi Perbandingan Metode Sampling Antara Simple Random Stratified Random. Jurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS, 3(1), 18-32.

Octavia, A. (2012). Pengaruh Orientasi Pelangga terhadap Keunggulan Bersaing Batik Jambi dengan Bauran Pemasaran Sebagai Intervening Variable.

Pramesti, N. M. V. & Giantari, I. G. A. K. (2016). Peran Orientasi Pasar Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UKM Industri Kerajinan Endek. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(9), 5754-5782.

Quantananda, E. & Haryadi, B. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman di Surabaya. 3(1), 706-715.

Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Malang: Penerbit Salemba Empat.

Sari, R. K. (2019). Respon Konsumen terhadap Produk Mie Instan Indofood di Royal Swalayan Situbondo. Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH, 17(1), 73-87.

Stephani, A., Indarini. & Honantha, R. (2008). Pengaruh Brand Association terhadap Consumer Response pada Produk Louis Vuitton di Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 1(3).

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhan., Samartha, V. & Kodikal, R. (2018). Measuring the Effect Size of Coefficient of Determination and Predictive Relevance of Exogenous Latent Variables on Endogenous Latent Variables through PLS-SEM. International Journal of Pure and Applied Mathematics, 119(18), 39-48.

Sujianto, A. E. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Sumiati. (2015). Pengaruh Strategi Orientasi Wirausaha dan Orientasi Pasar Pengaruhnya terhadap Kinerja Perusahaan UMKM di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(1), 31-44.

Slamet, F. & Iskandar, D. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha pada Pemilik UKM Manufaktur Garmen di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajamen Bisnis, 16(1), 13-24.

Sutarman, I. W. (2016). Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu di Kota Denpasar (Studi Kasus Pada CV Aditya). Jurnal PASTI, 10(1), 15-22.

Telan, A. C. N. (2011). Analisis Pengaruh Faktor Teknologi, Kualitas Layanan, dan Foku Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Wardoyo, P., Rusdianti, E. & Purwantini, S. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Strategi Usaha dan Kinerja Bisnis UMKM di Desa Ujung-Ujung, Kec. Pabelan, Kab Semarang.