Pengaruh Entrepreneurial Attitude Orientation dan Latar Belakang Pribadi terhadap Minat Berwirausaha

Daniel Immanuel Teddy, Kartika Nuringsih
| Abstract views: 43 | views: 35

Abstract

Untuk mengatasi masalah pengangguran, perlu dikembangkan beberapa solusi, salah satunya adalah mendukung kegiatan kewirausahaan mikro terutama pada kalangan generasi muda. Pemerintah mempunyai peran penting yang mempengaruhi terciptanya kewirausahaan pada masyarakat dengan memasukkan kurikulum kewirausahaan dalam perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari lingkungan keluarga dan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa di Jakarta Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan sampel yang berjumlah 100 yang diambil dari mahasiswa di Jakarta Barat, penelitian ini menggunakan skala likert dan analisis menggunakan PLS sebagai alat bantu dalam melakukan pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pribadi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha, entrepreneurial attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dan entrepreneurial orientation berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.

 

To overcome the existing unemployment problem, it is necessary to develop several solutions, one of which is by supporting micro-entrepreneurial activities, especially among the younger generation. The government has an important role in influencing the creation of entrepreneurship in society by including the entrepreneurship curriculum in universities. The purpose of this study was to determine the effect of family environment and motivation on entrepreneurial interest of students in West Jakarta. This research method uses quantitative methods using a sample of 100 taken from students in West Jakarta, this study uses a Likert scale and analysis using PLS as a tool in data processing. The results showed that personal background had a negative and insignificant effect on interest in entrepreneurship, entrepreneurial attitude had a positive and significant effect on interest in entrepreneurship and entrepreneurial orientation had a positive and significant effect on interest in entrepreneurship.

Keywords

latar belakang pribadi; sikap kewirausahaan; orientasi kewirausahaan; minat berwirausaha; personal background; entrepreneurial attitude; entrepreneurial orientation; entrepreneurial interest

Full Text:

PDF

References

Aisya, N., & Susilo, A. (2017). Peran Strategis Praktik Kewirausahaan Dalam Penumbuhan Sikap Entrepreneurship Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Anoraga, P. (2002). Koperasi, kewirausahaan, dan usaha kecil. Penyalur tunggal, Rineka Cipta.

Aprilianty, E. (2012). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).

Chen, T. K., Liao, H. H., Kuo, H. J., & Hsieh, Y. L. (2013). Suppliers’ and customers’ information asymmetry and corporate bond yield spreads. Journal of Banking & Finance, 37(8), 3181-3191.

Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative (p. 676). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Day, G. S., & Wensley, R. (1988). Assessing advantage: a framework for diagnosing competitive superiority. Journal of marketing, 52(2), 1-20.

Dewi, N. L. A., Suwena, K. R., & Sujana, I. N. (2016). Pengaruh Sikap Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Mengelola Usaha Pada Peserta Program Mahasiswa Wirausaha (Pmw) Undiksha Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 7(2).

Ghozali I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayah, P. N. (2018). Pengaruh Kreativitas dan Prestasi Praktik Kerja Industri terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Jurusan Pemasaran dan Akuntansi SMK Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 3(2).

Hurriyati, R. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta, 129, 29.

Kreiser, P.M., Marino, L.D., & Weaver, K.M. (2002). Assessing the relationship between entrepreneurial orientation, the external environment, and firm performance scale: A multi-country analysis. In Frontiers of Entrepreneurship Research (pp. 199–208). Wellesley, MA: Babson College.

Kreiser, P. M., & Davis, J. (2010). Entrepreneurial orientation and firm performance: The unique impact of innovativeness, proactiveness, and risk-taking. Journal of small business & entrepreneurship, 23(1), 39-51.

Mahesa, A. D., & Rahardja, E. (2012). Analisis faktor-faktor motivasi yang mempengaruhi minat berwirausaha. Diponegoro Journal of management, 1(4), 130-137.

Nisa, K., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Atribut Personal, Lingkungan Keluarga, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 84-99.

Prasetyo. (2015). Pengambilan Sampel Dalam Penelitian Survei. Jakarta: Rajawali Pers.

Robbins, P. S.; Judge, A. T. (2013). Organizational Behavior, 15th edition. Pearson Education, Inc. United States of America.

Ruekert, R. W. (1992). Developing a market orientation: an organizational strategy perspective. International journal of research in marketing, 9(3), 225-245.

Subandono, A. (2007). Pengaruh pembelajaran life skill diklat kimia produktif dan prestasi belajar diklat kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Tanjaya, C., & Radianto, W. E. D. (2020). Entrepreneurial Knowledge, Entrepreneurial Intention, Dan Entrepreneurial Orientation Pada Pendidikan Ilmu Akuntansi.

Tunjungsari, H. K. (2011). Entrepreuneurial Attitude, Status Pekerjaan, dan Penerapan Pola Asuh Entrepreneurial pada Anak. Karya Ilmiah Dosen, 16(1), 1-80.

Tunjungsari, H. K. (2012). Peran Entrepreneurial Attitude Orientation (EAO) dan Status Pekerjaan dalam Membentuk Intensi Ibu untuk Menerapkan Pola Asih Entrepreneurial. Karya Ilmiah Dosen.

Wetzels, M., Odekerken-Schröder, G., & Van Oppen, C. (2009). Using PLS path modeling for assessing hierarchical construct models: Guidelines and empirical illustration. MIS quarterly, 177-195.

Wu, B., & Chen, X. (2017). Continuance intention to use MOOCs: Integrating the technology acceptance model (TAM) and task technology fit (TTF) model. Computers in Human Behavior, 67, 221-232.

Wulandari, S. (2013). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1).

Copyright (c) 2022 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.