Pengaruh Literasi Digital, Media Sosial, dan e-Commerce terhadap Keputusan Berwirausaha Mahasiswa

Main Article Content

Fernando Fernando
Sarwo Edy Handoyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital, media sosial dan e-commerce terhadap keputusan berwirausaha pada mahasiswa di Jakarta Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 responden mahasiswa yang sudah menjalani usaha lebih dari 1 tahun di Jakarta Barat dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan bantuan software SmartPLS version 3. Hasil penelitian ini menunjukkan literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Sedangkan media sosial dan e-commerce tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berwirausaha.  

 

This study aims to determine the effect of digital literacy, social media and e-commerce on entrepreneurship decisions for students in West Jakarta. The sample used in this study was 75 student respondents who had been in business for more than 1 year in West Jakarta using purposive sampling technique. This research was analyzed using the SmartPLS version 3 software. The results of this study indicate that digital literacy has a positive and significant impact on entrepreneurship decisions. Meanwhile, social media and e-commerce do not have a significant impact on entrepreneurship decisions.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fernando Fernando, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Sarwo Edy Handoyo, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

References

Alfaruk, M. H. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 164-172.

Bayrakdaro?lu, A., & Bayrakdaro?lu, F. (2017). A comparative analysis regarding the effects of financial literacy and digital literacy on internet entrepreneurship intention. Journal of Entrepreneurship and Development, Vol. 12 No:2, p. 27-38

Charoensukmongkol, P., & Sasatanun, P. (2017). Social media use for CRM and business performance satisfaction: The moderating roles of social skills and social media sales intensity. Asia Pacific Management Review, 22(1), 25–34. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1029313215301731

Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach to structural equation modeling. Modern methods for business research, 295(2), 295-336.

CNN Indonesia. (2018). Hanya 3,1 Persen Penduduk Produktif di RI yang Wirausaha. https://www.gilindonesia.com/ekonomi/20181018210657-92-339664/hanya-31-persen-penduduk-produktif-di-ri-yang-wirausaha

Cross, M. (2013). Social media security: Leveraging social networking while mitigating risk. United States of America. Elsevier.

Darsono, J. T., Susana, E., Prihantono, E. Y., & Eley, S. K. (2019). Strategic Policies for Small and Medium Businesses in marketing through E-commerce. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 7(2), 1230. https://www.lppm.unmer.ac.id/webmin/assets/uploads/lj/LJ202005041588569041683.pdf

Eisenfuhr, F. (2011). Decision making. Academy of Management Review, 19(2), 312-330.

Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handley, F. (2018). Developing Digital Skills and Literacies in UK Higher Education: Recent developments and a case study of the Digital Literacies Framework at the University of Brighton, UK. Publicaciones, 48(1), 97–109.

Hardilawati, W. L., Sandri, S. H., & Binangkit, I. D. (2019). The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business. International Conference of CELSciTech 2019 - Social Sciences and Humanities Track (ICCELST-SS 2019), 373, 83–87.

Hasanah, U. U., & Khasan, S. (2019). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri, Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Dalam E-Business. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1198–1215.

ICT Watch. (2017). Kerangka Literasi Digital Indonesia. https://internetsehat.id/ict-watch-rilis-kerangka-literasi-digital-indonesia/

Istiqomah, M. (2020). Pemanfaatan E-commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akademi Kesejahteraan AKK Yogyakarta. Jurnal Socia Akademika, 6(2), 109-115.

Kevin, & Puspitowati, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(3), 612-620.

Koe, W.-L., Omar, R., & Sa’ari, J. R. (2015). Factors Influencing Propensity to Sustainable Entrepreneurship of SMEs in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 570–577.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (1998). Management Information Systems - New Approaches to Organization & Technology. 5th edition. Prentice Hall Inc.

Mulyandi, M. R., & Puspitasari., V. A. (2018). Industri kreatif, media sosial, dan minat berwirausaha: Sinergi menuju pembangunan berkelanjutan. National Conference of Creative Industry Universitas Bunda Mulia. https://journal.ubm.ac.id/index.php/ncci/article/view/1192.

Nurabiah, Pusparini, H., & Mariadi, Y. (2021). E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Faktor Pendorong Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 5(2), 238–253

Prasetio, T. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi Intrinsik, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(1), 35–46.

Rudawska, I. (2020). What drives youth to become entrepreneurs? An empirical examination. European Research Studies Journal, 23(1), 614–627. https://www.um.edu.mt/library/oar/handle/123456789/77122

Simon, H. A. (1993). Decision making: Rational, nonrational, and irrational. Educational Administration Quarterly, 29(3), 392-411.

Supardi, M. L., & Ie, M. (2019). Pengaruh Self Directed Learning Dan Adopsi E-Commerce Terhadap Kinerja UMKM Di Jakarta. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Volume 1 No. 2 , 290-296.

Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64–69.