Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Chatime di Mall Ciputra, Jakarta Barat

Main Article Content

Angelika Angelika
Yenny Lego

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan suasana toko terhadap keputusan pembelian produk minuman Chatime di mall Ciputra, Jakarta Barat. Sampel dari penelitian ini adalah 100 pelanggan Chatime di mall Ciputra. Metode purposive sampling digunakan dengan menyebarkan kuesioner secara online yang kemudian diolah menggunakan PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini adalah Kualitas Produk dan Kualitas Layanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Suasana Toko tidak memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk minuman Chatime di Mall Ciputra, Jakarta Barat.

 

The purpose of this study was to examine the effect of product quality, service quality, and store atmosphere on purchase decision for Chatime drink products at Ciputra Mall, West Jakarta. The sample of this research is 100 Chatime customers at Ciputra Mall. Purposive sampling method was used by distributing online questionnaires which were then processed using PLS-SEM. The results of this study are Product Quality and Service Quality have a positive and significant effect on the Purchase Decision. Store Atmosphere has no effect on the Purchase Decision of Chatime drink products at Ciputra Mall, West Jakarta.

Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Suasana Toko, Keputusan Pembelian

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Angelika Angelika, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Yenny Lego, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

References

Aminnudin, L. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Pormosi, dan Store Atmosfir Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada KFC Mega Mas Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 703-715.

Anwar, I. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12). https://doi.org/10.47335/ema.v4i1.34

Diawan, N. S., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2016). The Influance Of Store Atmosphere On Purchase Decision And It’s Impact On Customer’s Satisfaction ( Case study on Indomaret Customers JL . Raya Tlogomas No . 37 , Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 30(37), 8–16.

Djohansjah, C., & Pratomo, C. V. (2017). Analisis pengaruh store atmosphere, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di caturra espresso. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 5(2), 404–418.

Febriatmoko, A. (2018). Pengaruh Store Atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen palapa toserba Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6(4), 445-451.

Firdausy, C. M. & Rani Idawati. (2017). Effect of Service Quality, Price, and Promotion on Customers Purchase Decision of Treveloka Online Airline Tickets In Jakarta, Indonesia. International Journal of Management Science and Business Administration. 3. 42-49.

Isnandari, A., & Sunarti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 60(3), 104–111.

Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, 1(3), 1251-1259.

Kotler, P. (2003). Marketing management. New Jersey: Pearson Education International

Kotler, P dan G, Armstrong. 2008. Prisnip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Erlangga. Jakarta

Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 284–293. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.2024

Lubis. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. 16(02), 1–11.

Luthfianto, D. (2017). Pengaruh kualitas layanan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Jalan Korea. Jurnal Ekonomi Bisnis, 22(1), 14–25.

Merentek, Y. F., Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Suasana Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada KFC Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 2839-2847.

Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 4(1), 575–584.

Nursanti, T. D., & Herlina, H. (2012). Analisis Pengaruh Suasana Toko, Variasi Merchandise, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Aksesoris Gadget: Studi Kasus Gerai Wellcommshop Mal Citraland. Binus Business Review, 3(1), 356.

Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–11.

Oscar, Y., & Keni. (2019). Pengaruh Brand Image, Peresepsi Harga, dan Service Quality terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis. 3(1), 20-28. http://dx.doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300

Rachman, D. A., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Rumah Makan Wajan Mas Kudus). Diponegoro Journal of Social and Political Science, 1–8.

Risanti, A., & Khuzaini. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(4), 1-17.

Sejati, B. S. A., & Yahya. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada Starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(3), 1-19

Sholihat, A. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Krema Koffie. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sriyanto, A., & Utami, D. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone di Jakarta. Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 163–175.

Suharto, G. P. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Suasana Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Giggle Box Cafe & Resto Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(024), 118–129.

Wahyuningtias, R., & Wahyuati. A. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(3), 1-18