Pengaruh Motivasi Intrinsik, Sikap, Dan Norma Subjektif Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Swasta Di Jakarta Barat

Main Article Content

Megi Elvando
Ida Puspitowati

Abstract

The purpose of this study was to examine the effect of intrinsic motivation, attitudes, subjective norms on entrepreneurial intentions. The population of this study was 165 respondents spread across five private universities in West Jakarta. The non-probability sampling method was used by distributing online questionnaires using a google form which was then processed using smartPLS-SEM. The results of this study are intrinsic motivation,attitudes, and subjective norms affect to entrepreneurial intentions.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi intrinsik, sikap, norma subejktif terhadap niat berwirausaha. Populasi dari penelitian ini adalah 165 responden yang tersebar di lima Universitas Swasta di Jakarta Barat. Metode non-probability sampling digunakan dengan menyebarkan kuesioner secara online dengan menggunakan google form yang kemudian diolah menggunakansmartPLS-SEM. Hasil dari penelitian ini adalah motivasi intrinsik, sikap,dan norma subyektif berpengaruh terhadap niat berwirausaha.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Megi Elvando, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

Ida Puspitowati, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

References

Anis, E., Shocrul, R., Ahmad, R. S., Alfian, R., & Desynta, R. G. (2020). The role of motivation on attitudes and entrepreneur achievement. Systematic Review in Pharmacy, 11(8), 335-343.

Anwar, H. (2009). Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu, 2 (5), 103-112.

Chatterjee, N., Das, N., & Srivastava, N. K. (2019). A structural model assessing key factors affecting women’s entrepreneurial success: Evidence from India. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 11(1), 122–151. https://doi.org/10.1108/JEEE08-2016-0030

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2010). Intrinsic motivation. The Corsini Encyclopedia of Psychology. doi: 10.1002/9780470479216

Eagly, A. H., & Chaiken, S. (1993). The psychology of attitudes. Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.

Feldman, R.S. (1995). Social Psychology. New Jersey: Prentice Hall.

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679190202.

Hartono, J., & Puspitowati, I. (2019). Pengaruh Attitude, subjective norms, dan self efficacy terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(2). 234-241.

Hansfel, L., & Puspitowati, I. (2020). Pengaruh attitude, subjective norm dan perceived behavior control terhadap entrepreneurial intention. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 2(4). 985-993.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenpri). (2018). Indonesia butuh 4 juta wirausaha baru untuk menjadi negara maju. Jakarta: Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenpri).

Lin, H. F. (2007). Effect of extrinsic motivation and intrinsic motivation on employee knowledge sharing intentions. Journal of Information Science, 33(2). 135-149.doi: 10.1177/0165551506068174.

Listyawati, I. H. (2020). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi terhadap niat berwirausaha. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 7(2), 110-118.

Munawar, A., & Supriatna, N. (2018). Pengaruh Sikap dan Motrivasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(1).

Nur, S., R., & Amir., H. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Norma Subjektif, Sikap Berperilaku dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1(7), 63-74. http://dx.doi.org/10.33603/jimb.v1i1.481.

Rahmawati, T., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh faktor perilaku dan faktor kontekstual terhadap niat berwirausa. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(4). 115-121.

Rochayati, U., Kusumawardani, M. S., & Sari, A. K. (2013). Pengaruh faktor sosiodemografi, sikap, dan kontekstual terhadap niat berwirausaha. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(2), 154-163. https://doi.org/10.21831/jk.v43i2.1970

Roscoe, J. T. (1975). Fundamental research statistics for the behavioural sciences (2nd Edition). In Holt Rinehart & Winston, New York.

Schwarz, N., & Bohner, G. (2001). The construction of Attitudes, Blackwell Handbook of Social Psychology, Interpersonal Processes, pp. 436-457. New York and Oxford: Blackwell

Sugiyono. (2008). Metodologi penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soomro, B. A., & Shah, N. (2015). Developing attitudes and intentions among potential entrepreneurs. Journal of Enterprise Information Management, 28(2), 304-322.doi: 10.1108JEIM-07-2014-007