Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Bisnis Kuliner

Fidelia Hartato, Sarwo Edy Handoyo
| Abstract views: 193 | views: 132

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of entrepreneurial orientation, market orientation, and business strategy on the business performance of MSME in the culinary field in West Jakarta. The sample used in this study were 100 respondents who owned MSMEs in West Jakarta with purposive sampling technique. This research was analyzed using SmartPLS software. The results of this study indicate that entrepreneurial orientation, market orientation, and business strategy have a positive and significant impact on MSME business performance.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan strategi bisnis terhadap kinerja bisnis UMKM bidang kuliner di Jakarta Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden pemilik UMKM di Jakarta Barat dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan strategi bisnis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis.

Keywords

entrepreneurial orientation; market orientation; business strategy; MSME business performance; orientasi kewirausahaan; orientasi pasar; kinerja bisnis UMKM

Full Text:

PDF

References

CNN Indonesia. (2020). Retrieved from www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200626123545-297-517786/menyelamatkan-umkm-menyelamatkan-ekonomi-indonesia.

Garson, G. D. (2016). Partial Least Square: Regression and Structural Equation Models. Statistical Associates Publishers.

Kevin, & Puspitowati, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(3), 612-620.

Kompas. (2020). Retrieved from https://money.kompas.com/read/2020/02/15/190000026/tipsusaha-kuliner-yang-bikin-laris-dan-untung?page=all

Kurnia, D., Yaspita, H., & Yulianda, A. (2020). Manajemen Kewirausahaan. Yogyakarta: Deepublish.

Malhotra, N. K. (2015). Essential of Marketing research. Pearson Education Limited.

Nadhar, M., Tawe, A., & Parawansa, D. A. (2017). The Effect of Work Motivation and Entrepreneurship Orientation on Business Performance through Entrepreneurial Commitments of Coffee Shops in Makassar. Econ Journal, 7(1), 470-474.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Panca Terra Firma.

Suriyanti, H. L., & Binangkit, D. I. (2019). Peran Kebijakan Pemerintah Dalam Memoderasi Pengaruh Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Usaha (Studi Kasus Pada UMKM Bidang Makanan dan Minuman di Kota Pekanbaru). Jurnal Akutansi dan Ekonomika, 9(1), 120-128.

Syariati, Rosalina, Azriani, & Iqbal. (2013). Balance Scorecard. Malang: Ub Press.

Widjaja, O. H., & Sondra, T. C. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan inovasi Terhadap Kinerja Usaha UKM Bidang Konveksi di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 500-508.

Yuliana, R., & Pujiastuti, Y. (2018). Orientasi Kewiraushaan, Orientasi Pasar, dan Strategi Bisnis terhadap Kinerja Bisnis (Studi kasus pada UMKM di Semarang). Tirtayasa Ekonomika, 13(2), 320.

Copyright (c) 2021 Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.