Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kepuasan Pengusaha Wanita

Main Article Content

Vanessya Blandina Dasmasela
Hetty Karunia Tunjungsari

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the factors that influence the use of social media Instagram and its impact on the satisfaction of women entrepreneurs. This research was conducted by using judgment sampling method. Researchers distributed questionnaires to 200 women entrepreneurs. Data analysis using PLS SEM analysis. The results of the analysis conclude that Multi-channel has a significant effect on the use of social media among women entrepreneurs in West Jakarta. Trust has a significant effect on the use of social media among women entrepreneurs in West Jakarta. Ease has no significant effect on the use of social media among women entrepreneurs in West Jakarta. Accessibility has a significant effect on the use of social media among women entrepreneurs in West Jakarta. Security has a significant effect on the use of social media among female entrepreneurs in West Jakarta. Benefits have a significant effect on the use of social media among women entrepreneurs in West Jakarta. The use of social media has a significant effect on the satisfaction of women entrepreneurs in West Jakarta. The use of social media is able to mediate the effect of multi-channel on the satisfaction of entrepreneurs in West Jakarta. The use of social media is able to mediate the effect of trust on entrepreneur satisfaction in West Jakarta. The use of social media is not able to mediate the effect of convenience on the satisfaction of entrepreneurs in West Jakarta. The use of social media is able to mediate the effect of accessibility on entrepreneur satisfaction in West Jakarta. The use of social media is able to mediate the effect of security on the satisfaction of entrepreneurs in West Jakarta. The use of social media is able to mediate the effect of benefits on entrepreneur satisfaction in West Jakarta

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media sosial instagram dan dampaknya terhadap kepuasan pengusaha wanita. Penelitian ini dilakukan dengan metode judgement sampling. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 200 pengusaha wanita. Analsisi data menggunakan analisis SEM PLS. Hasil analisis menyimpulkan bahwa Multi-channel berpengaruh signifikan terhadap penggunaan media sosial di kalangan pengusaha wanita di Jakarta Barat. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan media sosial di kalangan pengusaha wanita di Jakarta Barat. Kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan media sosial di kalangan pengusaha wanita di Jakarta Barat. Aksesibility berpengaruh signifikan terhadap penggunaan media sosial di kalangan pengusaha wanita di Jakarta Barat. Keamanan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan media sosial di kalangan pengusaha wanita di Jakarta Barat. Manfaat berpengaruh signifikan terhadap penggunaan media sosial di kalangan pengusaha wanita di Jakarta Barat. Penggunaan media sosial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengusaha wanita di Jakarta Barat. Penggunaan media sosial mampu memediasi pengaruh multi-channel terhadap kepuasan pengusaha di Jakarta Barat. Penggunaan media sosial mampu memediasi pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan pengusaha di Jakarta Barat. Penggunaan media sosial tidak mampu memediasi pengaruh kemudahan terhadap kepuasan pengusaha di Jakarta Barat. Penggunaan media sosial mampu memediasi pengaruh aksesibility terhadap kepuasan pengusaha di Jakarta Barat. Penggunaan media sosial mampu memediasi pengaruh keamanan terhadap kepuasan pengusaha di Jakarta Barat. Penggunaan media sosial mampu memediasi pengaruh manfaat terhadap kepuasan pengusaha di Jakarta Barat

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Vanessya Blandina Dasmasela, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

Hetty Karunia Tunjungsari, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara, Jakarta

References

Aryanto. (2010). Pengolahan Database MySQL. Yogyakarta: Budi Utama Aritonang,R.Lerbin. (2007). Teori dan Praktik Riset Pemasaran Bogor.

Ghalia Indonesia Azman (2018) Penggunaan Media Massa dan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Komunikasi. Jurnal Peurawi. 1 (1), 1-13

Ghozali, Imam. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Lathifah, Zahrah dan Djuara P. Lubis (2016) Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Perkembangan Usaha Kecil Dan Menengah Kuliner Wilayah Solo Raya. Jurnal Komunikasi Pembangunan. 16 (1 ), 75-88

Merza, Ziauddin (2019) The Role And Importance Of Social Media On Women Entrepreneurship.Development Economics: Women, Gender, & Human Development eJournal. 1(4), 1-24

Malhotra, Naresh K. (2012). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. Jakarta: Index.

Putri, Yohani Dwi dan Mei Ie (2020) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Lingkungan dan Media Sosial terhadap Kinerja Usaha UMKM di Jakarta.Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan. 2 (4), 1106-111

Raman, Kavitha; Anantharaman, R.N. and Sharmila Jayasingam (2008). Motivational Factors Affecting Entrepreneurial Decision: A Comparison between Malaysian Women Entrepreneurs and Women Non Entrepreneurs. Communications of the IBIMA. 2 (1), 85- 89

Sanggabuwana, Danang dan Susi Andrini (2017) Dampak Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Sentra Industri Keramik Plered, Kabupaten Purwakarta. Jurnal Komunikasi. 2 (2), 172-181

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach, 7th Edition. New Jersey: Wiley

Slamet, F., & Tunjungsari, H. K. (2019). Pengembangan kewirausahaan untuk siswa SMA Saint John’s Catholic School Meruya melalui peningkatan pemahaman identifikasi ide bisnis. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 22-28.

Thebaud, Sarah. (2010).Gender and Entrepreneurship as a Career Choice: Do Self- assessments of Ability Matter?Social Psychology Quarterly. 73(3), 1-15

Wardhana, Onny Herlambang Putra (2016) Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-commerce.Jurnal Ilmia Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 4 (2), 1-28

Wibowo, Setyo Ferry, Dede Rosmauli dan Usep Suhud (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan EMoney Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Dijakarta).Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia . 6 (1),441-456

Yogananda, A. S., dan I. M. B. Dirgantara, (2017) Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal Of Management. 6 (4), 116-122