Penerapan Customer Relationship Management Melalui Media Sosial Terhadap Kinerja Bisnis : Kompetensi Sosial Sebagai Variabel Moderasi

Main Article Content

Marshel Erastus Hariyanto
Lydiawati Soelaiman

Abstract

The purpose of this study was to determine whether there is a positive effect on the use of social media for Customer Relationship Management (CRM) as an independent variable and social competency as a moderating variable on the business performance of MSMEs in Jakarta. The research design used is descriptive research, the sample used in this study non-probability sampling. This study collect data by distributing questionnaires to 42 MSMEs in Jakarta, the results of this study indicate that the use of social media for CRM has a positive and significant effect on business performance, social competency has a positive effect on business performance and social competency is unable to moderate the effect of the use of social media for CRM on business performance.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif penggunaan media sosial untuk Customer Relationship Management (CRM) sebagai variabel independen dan kompetensi sosial sebagai variabel moderasi terhadap kinerja bisnis UMKM di Jakarta. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif, sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu non-probability sampling. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menyebar kuesioner kepada 42 UMKM yang ada di Jakarta, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial untuk CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, kompetensi sosial berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis dan kompetensi sosial tidak mampu memoderasi pengaruh penggunaan media sosial untuk CRM terhadap kinerja bisnis.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Marshel Erastus Hariyanto, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Lydiawati Soelaiman, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Aristarini, L., Kirya, K.I., Yulianthini, N. N. (2014). Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi Sosial Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Pemasaran PT Adira Finance Singaraja.

Jurnal Manajemen, Vol.2. Asbari, Masduki., Purwanto, A., Santoso, B. P. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi dan Kepemimpinan Trasnformasional Terhadap Produktivitas Kerja Inovatif Pada Industri Manufaktur di Pati Jawa Tengah. Jurnal Produktivitas 7, Vol.7, No,1.

Aziz, Abdul., Mursityo, T, Y,. & Rachmadi, A. (2018). Analisis Pengunaan Media Sosial Instagram dan Pengaruhnya Terhadap Business Performance Satisfaction, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.11, No,11

Charoensukmongkol, P & Sasatanun, S. (2017). Social media use for CRM and business performance satisfaction : The moderating roles of social skills and social media sales intensity. Asia Pasific Management Review.

Cahyono, S, A. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia, Vol.9, No.1.

Chin, W. W. (1998) .The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling. Modern methods for business research

Ferdinand, A. (2004). Strategi Selling-In Management: Sebuah Pendekatan pemodelan Strategi. Research Paper Series.

Leonardi, T. E. (2013). Hubungan antara Kompetensi Sosial dengan Perilaku Cyberbullying yang Dilakukan oleh Remaja Usia 15-17 Tahun. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, Vol.2, No.2.

Mazurencu, M. M., Mihaescu, C., & Niculescu-Aron, G. I. (2007). Why should SME adopt IT enabled CRM strategy? Informatica Economica.

Malthouse, E. C., Haenlein, M., Skiera, B., Wege, E., & Zhang, M. (2013). Managing customer relationships in the social media Era: Introducing the social CRM house. Journal of Interactive Marketing, 27 (4).

Rapali, J.A., Soelaiman, L. (2019). Pengaruh Teknologi, Organisasi, Dan Lingkungan Eksternal Terhadap Kinerja Bisnis Umkm Di Jakarta Melalui Adopsi Media Sosial Sebagai Variabel Mediasi, Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan Vol.1,No.4

Sidiq, A., Wijayanti, T. H. (2018). Analisis Model Relasional Jejaring Sebagai Katalisator Dalam Membangun Kinerja Bisnis. Media Ekonomi dan Manajemen, Vol.33, No.1.

Soelaiman, L., Utami, A. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Media Sosial Instagram dan Dampaknya Terhadap Kinerja Bisnis. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Vol.5, No.1.

Sumardi. (2007). Password menuju sukses: Rahasia membangun sukses individu, lembaga, dan perusahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sasvari, P., & Majoros, Z. (2013). How microenterprises can benefit from the use of business information systems. Bahria University Journal of Information & Communication Technology, 6 (1).

Setyaleksana, Y. B, Suharyono, Yulianto, E. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terharap Kepuasan Dan Loyalitas Pelangan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.46, No.1.

Salami, Mojtaba. (2009). Impact of Customer Relationship Management (CRM). International Journal of Organitional Inovation. Vol 2 (1)

Trainor, K. J., Andzulis, J., Rapp, A., & Agnihotri, R. (2014). Social media technology usage and customer relationship performance: A capabilities-based examination of social CRM. Journal of Business Research, 67 (6).

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Wardoyo, P, Rusdianti, E, Purwantini, S. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Strategi Usaha Dan Kinerja Bisnis UMKM Di Desa Ujung-Ujung, Kec. Pabelan, Kab Semarang, Vol.5, No.1.

Widyaningrum, W. P. (2016) Peran Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah, Vol.2, No.2.

Woodcock, N., Green, A., & Starkey, M. (2011). Social CRM as a business strategy. Journal of Database Marketing & Customer Strategy Management, 18(1).