Pengaruh Kebutuhan Kognisi, Preferensi Risiko Dan Jenis Kelamin Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa

Main Article Content

Fanny Bidori
Ida Puspitowati

Abstract

This study aims to empirically examine the effect of cognitive needs, risk preferences and gender on entrepreneurial intentions in private university students in West Jakarta. This research uses data processing method with SmartPLS version 3.0. with a sample of 250 respondents from FE students at several private universities in West Jakarta. Types of samples Non-probability Sampling with Snowball Sampling. The results of this study indicate that: Cognitive Needs and Risk Preferences have a significant effect on Entrepreneurial Intentions in Private Higher Education Students in West Jakarta, while Gender has no significant effect on Entrepreneurial Intentions in Private Higher Education Students in West Jakarta.


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kebutuhan kognisi, preferensi risiko dan jenis kelamin terhadap niat berwirausaha pada mahasiswa perguruan tinggi swasta di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode pengolahan data dengan SmartPLS versi 3.0. dengan jumlah sampel responden sebanyak 250 responden dari Mahasiswa FE pada beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta Barat. Jenis sampel Nonprobability Sampling dengan Snowball Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kebutuhan Kognisi dan Preferensi Risiko memiliki pengaruh signifikan terhadap Niat Berwirausaha Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta Barat, sementara Jenis Kelamin tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Niat Berwirausaha Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta Barat.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fanny Bidori, Universitas Tarumanagara

Program Studi Sarjana Manajemen, Universitas Tarumanagara

Ida Puspitowati, Universitas Tarumanagara

Program Studi Sarjana Manajemen, Universitas Tarumanagara

References

Andika dan Nyoman. (2014). Pengaruh preferensi risiko, etika dan partisipasi penyusunan anggaran pada senjangan anggaran pendapatan di pemerintah provinsi bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Azhar dan Arsyad. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Baumol, W. J., R. E. Litan, dan C. J. Schramm. (2007). Sustaining Entrepreneurial Capitalism. Capitalism and Society, 2(2), 1-38.

Giantari, N. P. (2016). Peran pendidikan kewirausahaan dalam memediasi pengaruh norma subjektif terhadap niat berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 533-560.

Hansfel dan Puspitowati. (2020). Pengaruh Attitude, Subjective Norm dan Perceived Behavior Control terhadap Entrepreneurial Intention. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 985-993.

Hisrich, R.D., Peters, M.P., dan Shepherd D.A. (2008). Kewirausahaan Edisi 7. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Hmieleski, K.M. and Corbett, A.C. (2006). Proclivity for improvisation as a predictor of entrepreneurial intentions. Journal of Small Business Management, 44(1), 45–63

Indah Yunilasari, R. (2016). Analsis Pengaruh Faktor Gender Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Mahasiswa. Diponegoro Journal Of Management, 5(3), 1-11.

Kurniasih, A., Lestari S.D. dan Herminingsih A. (2013). Persepsi mahasiswa terhadap kuliah kewirausahaan dan pengaruhnya terhadap sikap dan intensi berwirausaha mahasiswa. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 2 (2), 129-146.

McClelland, D. C. (1961). The Achieving Society, Prin-ceton. NJ: Van Nostrand.

Mullins, J, Walker, O, C, Boyd, H, W and Larreche, J, C. 2005. “Marketing Management: A Strategic Decision – Making Approach”. McGraw – Hill, New York. Markus, H.R., and Kitayama, S. (1991). Culture and the self: Implications for cognition, emotion, and motivation. Psychological Review, 98, 224-253.

Nasrun, M. A. (2010). Mengapa Banyak Sarjana yang Menganggur, Suara Merdeka.

Neisser, Ulric. (1976). Cognition and reality: Principles and Implication Of Cognitive Psychology. San Francisco: Freeman and Company

Nistorescu, T. D. (2015). Determinants of Entrepreneurial Intent of Student in Oltenia Region. Review of International Comparative 12 (2).

Nurul Indarti, dan Rokhima Rostiani. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi perbandingan antara Indonesia, Jepan, dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia 23(4).

Ozaralli, N., and Rivenburgh, N. K. (2016). Entrepreneurial Intention: Antecedents to Entrepreneurial Behavior in the U.S.A. and Turkey. Journal of Global Entrepreneurship Research, 6(3), 1-32.

Rodhiah, C. N. (2019). Pengaruh Kreativitas, Edukasi Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Dalam Generasi Z. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1(2), 164-171.

Santoso dan Slamet. (2019). Pengaruh Dukungan Universitas Dan Sikap Proaktif Terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Di Jakarta. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1(3), 401-410.

Sarwoko E dan Nurdiana I. (2013). “Gender Differences in Entrepreneurial Intentions.” International Conference on Entrepreneurship and Business Management, page 91-95.

Setiadi, U. (2008). Suatu Pemikiran Mengenai Pen-dekatan Kembali Antara Dunia Pendidikan S1 Manajemen Dengan Dunia Kerja. Prosiding Konferensi Merefleksi Domain Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Salatiga.

Shaver, K. G. and L. R. Scott. (1991). Person Process, Choice: The Psycology of New Venture Creation.” Entrepreneurship Theory and Practice, 16(2): 23-45

Tjahjono, H. K., dan Ardi, H. (2008). Kajian Niat Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogjakarta Untuk Menjadi Wirausaha. Utilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16 (1).

Triawan dan Sumaryono. (2008). Kecenderungan Perilaku Pengambilan Resiko Dengan Minat Wirausaha. Psikologika, 26 (13).

Tubbs, M.E. and Ekeberg, S. E. (1991). "The Role of intentions in work motivation: Implications for goal setting theory and research". Academy of Management Review. Vol. 16.

Weber, E. U. and Hsee, C. (1998). Cross-Cultural Differences in Risk Perception, But CrossCultural Similarities in Attitudes towards Perceived Risk. Management Science, 44(9), 1205-1217

Widayat dan Ni’matuzahroh (2017) Entrepreneurial attitude and student business start-up intention: A partial least square modelling. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 19(1). 46-53.

Yildirim, C., Sumuer, E., Adnan, M and Yildirim, S. (2016). A Growing Fear: Prevalence of Nomophobia among Turkish College Students. Information Development, 32(5), 1322- 1331

Yuhendri. (2015). Perbedaan Minat Berwirausaha Mahasiswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Pekerjaan Orang Tua. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, ISBN: 978- 602-17129-5-5.

Zaidatol Akmaliah Lope Pihie, A. B. (2013). Knowledge of cognition and entrepreneurial intentions: Implications for learning entrepreneurship in public and private universities. Social and Behavioral Sciences 97, 174-181.

Zimmerer, W.T. 2002. Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Third Edition. New York: Prentice-Hall.