Nilai-Nilai Budaya dalam Anime Haikyuu!!

Michael Indriyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai budaya dalam anime Haikyuu!! yang di rilis pada tahun 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif bersifat kualitatif dengan pendekatan analisa semiotika komunikasi. Acuan dalam penelitian ini adalah semiotika Charles Sanders Pierce menggunakan teori segitiga makna (sign, object dan interpretant). Dalam film anime Haikyuu!! ini memperlihatkan nilai-nilai budaya Jepang dari kata “Seishin yang memiliki arti semangat dengan menggunakan sebuah tanda. Tema cerita dalam film anime ini menggunakan olah raga voli dan bergenre comedy, drama, school, shounen, dan sport. Namun anime ini lebih menekankan pada kerja keras, dan perjuangan yang mereka lakukan ketika bertanding. Di dalam film ini juga terdapat beberapa scene tentang semangat yang tersamarkan dalam narasi film. Contoh yang di ambil penulis dalam penelitian ini berupa jimat, spanduk, dan perkataan tidak menyenangkan dari seorang pak tua.


Keywords


Anime; Semiotika; Charles Sanders Pierce; Semangat; dan Nilai-nilai Budaya

References


Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaney, David. (1996). Lifestyle. New York: Routledge.

Samovar, Larry A., Richard E.Porter, & Edwin R.McDaniel. (2010). Komunikasi Lintas Budaya: Communication Between Cultures. Jakarta: Salemba Humanika.

Sobur, Alex. (2009). Analisis teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tonny Dian Effendi. (2011). Ganbatte Kudasai! Karakter Jepang yang Mensukseskan!. Data diakses pada 15 Juni 2017. 11:00 WIB. Data terarsip: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jshi/article/view/1127

Paramita, Sinta. (2014). Komunikasi Media Dan Budaya Melahirkan Spectacle Society. Data diakses pada 21 Juli 2017 12:46 WIB. Data terarsip: http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/26


Refbacks

  • There are currently no refbacks.