Dampak Perancangan Interior Sekolah Dalam Efektivitas Pembelajaran
Main Article Content
Abstract
Perkembangan sekolah di Indonesia saat ini semakin pesat. Tak hanya itu, kualitas pendidikan di Indonesia semakin meningkat, mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi dunia global. Sekolah - sekolah di Jakarta menghadapi berbagai tantangan dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Oleh karena itu, pembangunan kembali struktur gedung dan interior sangat diperlukan agar misi pendidikan yang diemban oleh Sekolah Kristen Ketapang dapat lebih dioptimalkan. Dengan interior baru yang lebih aman, nyaman, dan modern, sekolah ini diharapkan dapat memberikan lingkungan belajar yang lebih baik bagi para siswa, sehingga kualitas pendidikan dan nilai - nilai Kristiani yang diajarkan dapat disampaikan dengan lebih efektif. Upaya ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa fasilitas sekolah mendukung perkembangan akademis dan karakter siswa secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana elemen-elemen desain interior, seperti tata letak ruang, pencahayaan, warna, sirkulasi udara, serta pemilihan furnitur, memengaruhi konsentrasi, motivasi, dan kenyamanan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada beberapa sekolah yang menerapkan prinsip desain interior modern dan ramah belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan fokus siswa hingga 30%, menurunkan tingkat stres, serta mendorong interaksi positif antara guru dan siswa. Kesimpulannya, perancangan interior sekolah yang ergonomis, estetis, dan fungsional tidak hanya memperindah ruang belajar, tetapi juga berkontribusi signifikan terhadap peningkatan efektivitas proses pembelajaran secara keseluruhan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Visual by Faculty of Art and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.untar.ac.id/index.php/visual
References
Ariella, C., & Indrani, H. C. (2023).
Perancangan Interior Sekolah Dasar Katolik Santa Angela di Surabaya dengan Pendekatan Student Centered Learning dalam Kurikulum Merdeka
(Doctoral dissertation, Petra Christian University).
Ismaniah, N., Cardiah, T., & Palupi, F. R. (2018).
Perancangan Interior Sekolah Dasar Islam Terpadu Adzkia 1 Sukabumi. eProceedings of Art & Design, 5(1).
Jojor, A. (2022).
DAMPAK PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PROSES BELAJAR SISWA DI SMA KRISTEN KETAPANG 1 JAKARTA. Jurnal
Manajemen Pendidikan, 11(1),
23-31.
Az-zahra, S. S., Firmansyah, R., & Laksitarini, N. (2023).
PERANCANGAN ULANG INTERIOR SEKOLAH ISLAM TERPADU INSAN SEJAHTERA BOARDING SCHOOL
SUMEDANG DENGAN
PENDEKATAN HUMAN
BEHAVIOUR. eProceedings of Art & Design, 10(3).
Hasbullah. (2006).
Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pratama, A., & Santoso, D. (2022).
Desain sekolah ramah lingkungan: Pendekatan berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Arsitektur Nusantara, 12(1), 45–60.
Susilo, D. (2020).
Pengaruh tata ruang sekolah terhadap motivasi belajar siswa [Tesis]. Universitas Negeri Jakarta.
Lestari, S. P. (2019).
Pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(3), 123–135.
Hartono, B., & Wicaksono, A. (2021).
Strategi peningkatan kualitas infrastruktur pendidikan di sekolah negeri. Jurnal Infrastruktur Pendidikan, 7(2), 89–102.
Rini, H. (2021).
Inovasi desain interior sekolah untuk mendukung pembelajaran aktif dan kreatif. Jurnal Pendidikan dan Desain, 10(2), 120–13