Eksplorasi Prinsip Arsitektur Neo- Vernakular pada Bangunan PKBM Alfa Omega

Main Article Content

Marvel
Andrey Caesar Effendi

Abstract

Indonesia mempunyai tradisi yang sangat kental dan melekat pada segi arsitektur. Salah satu peninggalan budaya setempat adalah bangunan yang dibangun tanpa adanya seorang arsitek melainkan masyarakat setempat yang bersama-sama membangun sesuai dengan keadaan setempat. Gaya arsitektur ini disebut sebagai arsitektur vernakular. Seiring berjalannya waktu dan proses modernisasi, interpretasi arsitektur vernakular disebut arsitektur neo vernakular, yang merupakan gabungan dua konsep yang berbeda yaitu modern dan vernakular. Objek studi kasus pada penelitian ini merupakan sekolah Alfa Omega. Sekolah ini menerima penghargaan IAI Jakarta Awards pada tahun 2020, serta sempat beberapa kali menjadi finalis dari Fibra Awards 2019 dan Deezen Awards 2019. Seperti yang sudah dikatakan oleh Realrich Sjarief dalam websitenya, bahwa bangunan ini merupakan respon dari lingkungan sekitar yang memperhatikan keramahan lingkungan baik pengguna maupun sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dugaan pribadi terhadap desain arsitektur neo vernakular pada bangunan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Alfa Omega di Kosambi, Kabupaten Tangerang, Indonesia. Metode yang digunakan untuk membedah penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini diharapkan nantinya akan memberikan dampak positif berupa gambaran penerapan arsitektur neo vernakular pada desain bangunan untuk penelitian lain yang akan membahas langgam arsitektur neo vernakular.

Article Details

Section
Articles

References

Aprianto, M. R., Schiffer, L. R., Mildawani, I., Arsitektur, J., Sipil, F. T., & Gunadarma, P. U. (2018). PENGARUH ARSITEKTUR EKOLOGI TERHADAP PRODUKTIVITAS BELAJAR PADA SEKOLAH ALAM ALFA OMEGA , TANGERANG ,. 2(3), 4752–4759.

Curtis, W. J. R. (1996). Modern Architecture Since 1900 (3rd ed.). Phaidon Press.

Fathy, H. (2010). Architecture for the Poor: An Experiment in Rural Egypt. University of Chicago Press. https://books.google.co.id/books?id=KhrHzE5yOOkC

Frampton, K. (2008). Modern architecture : a critical history (4th ed.). Thames & Hudson.

Jencks, C. (1977). The Language of Post-modern Architecture. Rizzoli. https://books.google.co.id/books?id=Sz04AQAAIAAJ

Richardson, V. (2001). New Vernacular Architecture. Edinburgh University Press.

Salain, N. R. P. (2017). Paham Arsitektur Neo Vernakular di Era Post-Modern. Makalah Pada Pameran PS. Arsitektur Unud.

Tiwari, S., Vij, M., Society, A. V., & Pradesh, U. (2024). Adaption of Neo-Vernacular Architecture in the Contemporary Temples in India : Insights from Selected Case Studies. 11(8), 1–23.

Unwin, S. (2009). Analysing Architecture. Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203880906

Worang, J. A. (2020). PUSAT PAGELARAN DAN PELATIHAN SENI DI TOMOHON Arsitektur Neo Vernakular. 9(2), 284–294.

Wulan, P. N. (2020). Pengaruh penggunaan material alami terhadap kenyamanan termal alfa omega school, tangerang. Universitas Brawijaya.