Mural Permainan Interaktif di Area Lahan Terbatas SDN Jurang Mangu Timur 02 Tangerang Selatan
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran keterampilan motorik untuk anak-anak di area lahan terbatas memiliki tantangan tersendiri. Kehidupan perkotaan tidak lepas dari kenyataan pertumbuhan penduduk, populasi semakin meningkat sedangkan ruang makin terbatas. Hal ini terjadi di SDN Jurang Mangu Timur 02 Tangerang Selatan, Indonesia, area untuk bermain, upacara, berolah raga, dan parkir ada dalam lapangan yang sama. Maka dari itu dibuatlah perancangan mural interaktif, mural tidak berada di tembok seperti pada umumnya, namun di lapangan. Penelitian ini mengatasi keterbatasan area bermain dengan merancang mural interaktif permainan tradisional (ular tangga dan engklek) di atas permukaan paving lapangan sekolah. Mural ini selain menjadi daya tarik visual juga meningkatkan keterampilan kognitif, sosial, dan motorik siswa. Menggunakan metode kualitatif—termasuk observasi, wawancara, dan partisipasi kolaboratif dengan siswa dan guru—proyek ini mengubah ruang yang kurang dimanfaatkan menjadi lingkungan belajar yang fungsional dan menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mural berhasil mengoptimalkan lahan terbatas, mendorong kreativitas, interaksi sosial, dan aktivitas fisik. Studi ini menyoroti potensi ruang belajar yang inovatif di daerah perkotaan dengan area lahan terbatas.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Visual by Faculty of Art and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.untar.ac.id/index.php/visual
References
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492.
Bodnar, G. H., & Hopwood, W. S. (2006). Sistem informasi akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Budiman, B. (2020). PERANCANGAN APLIKASI SISTEM TINDAK LANJUT PELANGGAN PADA PT. XYZ. SisInfo–Jurnal Sistem Informasi dan Informatika, 2(1), 1-7.
Dewi, Mera Putri, Neviyarni S, and Irdamurni Irdamurni. 2020b. “Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(1): 1. doi:10.30659/pendas.7.1.1- 11.
Rokhamah, Yana, P. R., Hernadi, N. A., Rachmawati, F., Dey, N. P. H., Purwanti, E. W., Noviana, R., Bawono, Y., Rianto, Masruha, Kosasih, M. S. R., Mola, M. S. R., Djumaty, B. L., & Putra, G. K. (2024). Metode penelitian kualitatif: Teori, metode dan praktik. Widina Media Utama.
Sudjana, N. dan Rivai, A. 2002. Media Pengajaran. Bandung : Penerbit C.V.Sinar Baru Zainudin, M. 1990.
Suherman, Suherman, et al. “Mural Di Lingkungan Sekolah Dalam Konteks Pendidikan Konservasi.” Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 9, no. 2, 2019, pp. 193–203, https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/3303/1734.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.