Analisis Identitas Visual Produk Jasa Desain Website Keola Studio terhadap Kompetitornya
Main Article Content
Abstract
Abstrak— Di era digital yang terus berkembang, kecepatan dan kenyamanan dalam mendapatkan produk atau layanan menjadi prioritas utama bagi konsumen. Pertumbuhan pesat perusahaan penyedia jasa pengembangan website mencerminkan meningkatnya kebutuhan akan digitalisasi dalam bisnis. Tidak hanya layanan, identitas visual menjadi faktor penting dalam meningkatkan daya saing perusahaan, di mana logo sebagai elemen utama identitas visual harus mampu mencerminkan karakter dan reputasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis identitas visual, khususnya logo Keola Studio, dan membandingkannya dengan empat kompetitornya di industri teknologi: Dibilabs, Flow Ninja, Finsweet, dan Amply. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengadopsi strategi diferensiasi merek Kartajaya yang berfokus pada identitas visual. Data dikumpulkan melalui studi pustaka dan observasi, serta analisis komparatif terhadap lima logo dari berbagai aspek visual seperti bentuk, warna, tipografi, elemen, dan relevansi dengan identitas merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa logo Keola Studio memiliki kelemahan dalam penggunaan elemen grafis yang terlalu umum dan generik dibandingkan kompetitornya. Di sisi lain, logo kompetitor lebih efektif dalam mencerminkan identitas perusahaan melalui penggunaan elemen visual yang unik dan lebih bermakna bagi konsumen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan daya saing, Keola Studio perlu merancang ulang logonya agar lebih khas dan relevan dengan bidang teknologi, serta mengembangkan elemen visual yang lebih bermakna.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Visual by Faculty of Art and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.untar.ac.id/index.php/visual
References
Hanindharputri, M. A., & Pradnyanita, A. S. I. (2018, November). Elemen Visual Sebagai Pembentuk Kekuatan Logo. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 1, pp. 161- 166).
Lestari, S., Samihardjo, R., & Sapanji, R. V. T. (2023). Pelatihan Brand Identity Untuk UMKM: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Daya Saing di Era Digital. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 490-
Aprilian, R. (2015). Perancangan Corporate Identity Pada Ordr Brand dan Desain Website CV Jeremiah. Jurnal Sketsa, 2(2).
Sinaga, A. S., & Sawitri, D. K. (2024). Meningkatkan Citra Merek Melalui Desain dan Identitas Visual. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(14), 279-287.
Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya peran logo dalam membangun branding pada UMKM.
Hidayat, A. (2023). Teori Desain Dan Perancangan Logo.
Chandra, E., & Mutiara, M. W. (2022). New Ancol Logo Design, Brings the Meaning of “Happiness” or “Disappointment” for
Indonesian People. IMAGIONARY, 1(1), 10-
Nurcholiq, R., Nalendra, M. A. S., & Gucci, D. O.
D. R. (2024). Analisis Perbandingan Logo X Dan Twitter Dengan Pendekatan Semiotika. Jurnal Rupa Matra, 2(2), 165-
Kusuma, K. (2023, June 20). 8 Kriteria Logo yang Baik agar Logo-mu Mudah Diingat Konsumen. Akarmula. https://akarmula.id/blog/8-kriteria-saat- membuat-logo/
Nara, G. A. N. (2023). Analisis Perbandingan Logo Pertamina Dengan Logo Karya Artificial Intelligence Menggunakan Logo Ai. ASKARA: Jurnal Seni dan Desain, 2(2), 130-144.
Audrey, A. (2023). Perancangan Ulang Identitas Visual Christine Bakery. Universitas Multimedia Nusantara.
Paramitha Safitri, D. (2023). Tugas Akhir Perancangan Ulang Identitas Visual Ellionaire Project. Politeknik Negeri Jakarta.
Angela Cuaca, M., Ginon Warjoyo, J., & Darmo,
B. (2023). Perancangan Ulang Identitas Visual Sebuah Usaha Elektronik Rumah Tangga. Jurnal Seni Rupa, 12(1).
Rusdian, S. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Roseberry Cake Shop Garut).
Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 132
-. https://doi.org/10.34308/eqien.v8i1.161 Setiarini, A. T. (2015). Strategi Positioning Dan Diferensiasi Dalam Upaya Membangun Brand, Studi Kasus Ngayogjazz. Jurnal Tata
Kelola Seni, 1(2), 54-67.