Rekomendasi Komunikasi Visual Maskot Untuk Yayasan Terumbu Karang

Main Article Content

Natasha Calista
Anny Valentina
Andreas

Abstract

Keadaan terumbu karang di Indonesia dalam beberapa dasawarsa terakhir terus memburuk, sehingga dibentuk sebuah yayasan non-pemerintah yang bertujuan yang bertujuan dalam menghubungkan dan menginspirasi masyarakat dengan pengelolaan terumbu karang di tanah air, yaitu Yayasan X. Untuk mempermudah dalam mengkomunikasikan visi dan misi yayasan tersebut kepada masyarakat Indonesia, dirancanglah sebuah maskot untuk yayasan X. Maskot merupakan perwujudan sebuah merek dagang dalam rupa karakter tertentu. Maskot dapat dijadikan alat komunikasi sekaligus diferensiasi. Maskot yang dibuat adalah maskot yang dapat mengkomunikasikan nilai serta goals dari perusahaan. Hasil akhir dari perancangan ini adalah maskot yang bernama Karina. Proses perancangan maskot Karina dilakukan dengan metode tahapan perancangan yang disusun oleh Robin Landa, dengan tahapan sebagai berikut; orientasi, analisis, konsep, pembuatan desain dan implementasi. Maskot yang telah dirancang dapat dijadikan sarana komunikasi antar masyarakat melalui media pendukung seperti poster dan flyer.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Anny Valentina, Universitas Tarumanagara

Jurusan Desain Komunikasi Visual (Visual Communication Department)

Fakultas Seni Rupa dan Desain (Visual Art and Desain Faculty)

 

References

Allen, G., & Werner, T. B. (2002). Coral Reef Fish Assessment in the “Coral Triangle” of Southeastern Asia. Environmental Biology of Fishes, 65(2), 209–214. https://doi.org/10.1023/A:1020093012502

Fitinline. (2013). Keunikan Makna Filosofi Batik Klasik: Motif Udan Liris. https://fitinline.com/article/read/keunikan-makna-filosofi-batik-klasik-motif-udan-liris/

Ghiffar, M. A. (2017). Mengenal Bentuk Umum Pertumbuhan Karang. http://www.national-oceanographic.com/article/survei-hidrografi-dan-survei-batimetri-

Giyanto, Abrar, M., Hadi, T. A., Hafizt, M., Salatalohy, A., & Iswari, M. Y. (2017). Status Terumbu Karang Indonesia 2017. Puslit Oseanografi - LIPI.

Heri. (2017). 13 Arti Warna dan Psikologi Warna, Terlengkap! (Merah, Ungu, Kuning, Hijau, Coklat, Biru dll). Salamadian. https://salamadian.com/arti-warna/

Kurniawan, F. L., & Sayatman, S. (2018). Perancangan Maskot untuk Memperkuat Identitas Visual Kota Kediri. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 7(1). https://doi.org/10.12962/j23373520.v7i1.29547

Larasati, A., Hermanto, Y. A. L., & Sarjono. (2020). UM’s Mascott Design for Supporting Brand Identity. International Conference on Art, Design, Education, KnE Social Sciences, 651–663. https://doi.org/10.18502/kss.v4i12.7639

LIPI. (2020). Kondisi Terkini Ekosistem Pesisir Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. http://lipi.go.id/berita/Kondisi-Terkini-Ekosistem-Pesisir-Indonesia/22072

Ricky. (2021). Jenis-jenis Gambar Ilustrasi: Pengertian, Fungsi, Unsur, dan Langkah-langkah. Gramedia. https://www.gramedia.com/literasi/gambar-ilustrasi/

Simon. (2016). Character design in branding : How mascots can help your brand stand out. https://wearemarvellous.com/character-mascot-design-branding/

Tayib, S., & Jamaludin, Z. (2016). An Algorithm to Define Emotions Based on Facial Gestures as Automated Input in Survey Instrument. Advance Science Letters, 22(10), 2889–2893. https://doi.org/https://doi.org/10.1166/asl.2016.7088

Terangi. (2017). Profil Yayasan Terumbu Karang Indonesia. https://terangi.or.id/index.php/tentang-kami