Patung dalam Perspektif Modern: Eksplorasi Kritik Seni terhadap Minimalisme dan Partisipasi Seni

Main Article Content

ardi makki pantow gunawan

Abstract

Dalam bidang seni patung, terdapat evolusi yang konstan dalam pandangan dan penafsiran terhadap hasil karya seni tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap perspektif definisi dan imaginasi patung melalui partisipasi seni, dengan fokus pada pandangan Alex Potts dan Michael Fried dalam karya minimalisme dan High Modernis. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, studi ini mengeksplorasi pandangan Potts dan Fried yang memandang patung sebagai pertunjukan, literal teatrikal, benda sunyi, dan seni partisipatif. Dalam visi modern tersebut, patung tidak hanya menjadi objek visual tetapi juga medium yang aktif berinteraksi dengan pemirsa. Hasil kajian ini memperlihatkan bahwa dengan melibatkan proses perwujudan yang mendalam, patung dapat menciptakan hubungan yang kuat dan pengalaman yang unik bagi penonton dan penikmat seni. Abstraksi patung dalam konteks ini mencerminkan kompleksitas dan keragaman medium seni serta relevansinya dalam budaya dan estetika kontemporer.

Article Details

Section
Articles

References

Harman, Graham. 2020. Theatrical, Not Literal. Art and Objects. Polity Press.

Potts, Alex. 2012. Introduction: the Idea of Modern Sculpture. A Modern Sculpture Reader, ed. John Wood, David Hulks & Alex Potts. Los Angeles: Getty Trust.

Potts, Alex. 2000. The Sculptural Imagination: Figurative, Modernist, Minimalist. Yale University Press, New Haven.

Cage, John. 1955. SPEECH. Edition Peters.

Aronson, Arnold. 2000. American Avant-Garde Theater: a History. Routledge: New York.

Artaud, Antonin. 1958. The Theather and its Double. Grove Press: New York.

Schimmel, Peter. 1998. Out of Actions: Between Performance and the Object 1949-1979. Thames and Hudson: Los Angeles.

Butler, Rex. 2017. Art and Objecthood: Fried against Fried. Retrieved 4 January 2020 from https://nonsite.org/art-and-objecthood/

Farago, Jason. 2020. In the Swim of Digital Images There's Nothing Boring about Sculpture. Retrieved 4 January 2020 from https://www.nytimes.com/2020/01/02/arts/design/charles-ray-bertoldo-de-giovanni-bronzes.html

Mitchell, Carl. 2020. Anti-Realism and Absurdism. Retrieved 2 January 2020 from https://human.libretexts.org/Bookshelves/Theater_and_Film/Book%3A_Theatrical_Worlds_(Mitchell)/07%3A_Gen

Kotlomanov, Alexander. 2019. The crisis of the genre and the symptoms of style: The problem of monumentality in the new Russian art. Vestnik Sankt-Peterburgskogo Universiteta, Iskusstvovedenie. 9. 110-124. 10.21638/spbu15.2019.106.

Drummond, Harry. 2022. The “Social” in the Social Turn: Empathy, Bias, and Participatory Art, Journal of Aesthetics and Phenomenology, 9:1, 65-81, DOI: 10.1080/20539320.2022.2146874

Wiseman, Boris., Carusi, Annamaria., Briggs, Eloise. 2019. Embodied viewing and Degas’s Little Dancer Aged Fourteen: a multi-disciplinary experiment in eye-tracking and motion capture. The Senses and Society, 14 (3). pp. 284- 296. ISSN 1745-8927 https://doi.org/10.1080/17458927.2019.1652413

Punpeng, Grisana., Yodnane, Paonrach. 2023. The route to immersion: a conceptual framework for cross-disciplinary immersive theatre and experiences. Humanit Soc Sci Commun 10, 961 (2023). https://doi.org/10.1057/s41599-023-02485-1

Rachmadi, Gustiyan., Hendriyana, Husen., Miftahul, Asep. 2023. Panggung: Jurnal Seni Budaya, Vol 33, No 2, 155-171.