Perancangan Kampanye Sosial "Peranan Orang Tua Terhadap Anak-anak Usia 5-13 Tahun Mengenai Gerakan Slow Food Di Kota Palembang".

Main Article Content

Niken Ardesta

Abstract

AbstrakSlow Food merupakan gerakan yang peduli terhadap keanekaragaman hayati dan makanan sehat. Namun seiring berjalannya waktu, makanan sehat kurang populer dibandingkan makanan cepat saji, dan banyak orang, terutama anak-anak, mengonsumsi makanan cepat saji berdasarkan gagasan bahwa mereka bisa makan lebih cepat  tanpa harus menunggu lebih lama. Perencanaan ini menggunakan metode project berfikir untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi dengan menggunakan metode 5W 2H (apa, mengapa, siapa, dimana, mengapa, bagaimana dan berapa banyak). menciptakan ide-ide yang akan diimplementasikan pada tahapan pengujian pada  anak usia 5-13 tahun. karya yang dibuat  akan diklasifikasikan menjadi tiga jenis media, di antaranya media utama adalah buku pop-up, media penerbitan yaitu. poster, flyer dan  media pendukung kaos oblong, stiker, puzzle, mug, drum, tas bekal, sapu tangan, buku catatan, kalender, gantungan kunci. Aplikasi media ini menggunakan  ikon 4 sehat 5 sempurna dan anak-anak yang sedang makan makanan sehat.


 


Kata kunci: Buku Pop up, Gerakan Slow Food, Kampanye Sosial

Article Details

Section
Articles

References

Adelila ,Sri (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi . Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107-113, 2017 http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Arisudewi, Ni Putu Ayu Nita. (2021), “Slow Food Movement Dari Perspekti Etika Lingkungan Antroposentrisme Dan Relevansinya Dengan Keanekaragaman Hayati Pertanian Di Indonesia”, Skripsi Ilmu Filsafat, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Aulina, R. (2011). Gizi Seimbang dan Makanan Sehat Untuk Anak Usia. Parenting Class Di Islamic Baby School Playgroup and Child Care “Rumah Ibu,” 4.

Eka Endah Yuniasri. (2016), Pengaruh Suplementasi Seng Dan Zat Besi Terhadap Berat Badan Balita Usia 3-5 Tahun Di Kota Semarang; Journal Of Nutrition And Health:Vol 4, No 2.

Luca, Simonetti. (2012), "The ideology of Slow Food," Journal of European Studies, pp. 168-189

Slow Food. (2014). “From Slow Food to Slow Tourism, Article provided by

University of Oradea”, Faculty of Economics in its journal The Journal of

the Faculty of Economics – Economic. Volume 1, 2 December 2014.

Pages: 137-144

Slow Food (2018). Slow Food World Wide. https://www.slowfood.com/ diakses 15 Februari 2023 jam 19.02)

World Health Organization (2019). Obesity and overweight. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/obesity-and-overweight diakses pada 15 Februari 2023 pukul 19.16.