Ilustrasi Dalam Perancangan Buku Novel Berjudul "Reuni SMP" Karya Lian Sebagai Refleksi Kesehatan Mental Dan Upaya Pencegahan Bullying

Main Article Content

Delicia Delicia
Tri Wahyudi

Abstract

Bullying adalah kata dalam bahasa Inggris yang berarti penindasan dalam bahasa Indonesia. Tindakan bullying sangat erat kaitannya dengan kesehatan mental seseorang. Dampak terhadap kesehatan mental dapat dilihat melalui tekanan psikologis yang merupakan efek negatif dari bullying. Sangat disayangkan karena banyak orang dan masyarakat sekitar sering menganggap remeh atau bahkan biasa akan hal ini. Dengan adanya buku mengenai hal ini yang dibuat dalam buku novel ilustrasi, dapat memberikan rasa tidak mudah merasa bosan saat membacanya karena adanya dukungan ilustrasi sehingga diharapkan agar dapat meningkatkan minat membaca pada era seperti jaman sekarang ini. Hal ini juga akan didukung dengan mengadakan kegiatan offline seperti peluncuran dan bedah buku novel ilustrasi Reuni SMP yang akan menghadirkan moderator serta narasumber yang sesuai pada bidangnya, sehingga dapat memberikan edukasi dan pengalaman secara langsung. Metode yang akan digunakan dalam pembuatan buku novel ilustrasi Reuni SMP adalah metode Robin Landa yang terdiri dari 5 tahap yaitu melalui orientasi, analisis dan strategi, konsep perancangan, pengembangan desain, dan implementasi. Media buku ini memiliki ukuran 13 cm x 20 cm dalam bentuk buku soft cover. Pembuatan buku novel ilustrasi ini bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat agar lebih sadar serta peduli terhadap tindakan bullying dan dapat membantu untuk mencegahnya yang berdampak pada kesehatan mental orang yang mengalaminya.

Article Details

Section
Articles

References

Zahar, I. (2020). Penerapan Model Desain Lima Langkah dalam Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual: Evaluasi Kritis. In VISUAL (Vol. 15, No. 2).

Asmad & Pertiwi, R. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Line Art #FOODIE(S)T Mengatur Pola Makan Dengan 4 Tipe Diet. Jurnal Inosains 15(2):53.

Fuad, A., Reyza, J. E., Marwan, R. H., & Maulana, D. (2021). Book Design Of Bilingual Illustration Story History Of The Struggle” Sultan Ageng Tirtayasa” From Banten. Review Of International Geographical Education Online, 11(6), 1340-1354.

Damayantie, I., Pertiwi, R., & Nugroho, O. F. (2021, March). Peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pemilihan warna pada pendekatan steam ditinjau dari psikologi desain. In Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 01).

Willim, E., Wahyudi, T. H., & Zahar, I. (2021). Perancangan Ilustrasi Buku “Bibit Cinta” Geshe Michael Roach. In VISUAL (Vol. 16, No. 2).

Imanto, T. (2020). PERANCANGAN LOGO 10.10 UNTUK TEMA EVENT KEJAR LIVE SALE 10.10 USUPSO INDONESIA DI SOSIAL MEDIA.

Fauzi, M. (2014). Karakteristik desain display untuk koleksi kain batik klasik dengan pendekatan analogi motif batik yang berdasarkan filosofinya. Inosains, 9(2), 82-91.

Hidayati, N. (2012). Bullying pada anak: Analisis dan alternatif solusi. Jurnal Insan, 14(1), 41-48.

Ayuningtyas, D., & Rayhani, M. (2018). Analisis situasi kesehatan mental pada masyarakat di Indonesia dan strategi penanggulangannya. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1), 1-10.

Faizah, F., & Amna, Z. (2017). Bullying dan kesehatan mental pada remaja sekolah menengah atas di Banda Aceh. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 3(1), 77-84.

Wahyudi, T. (2020). Seniman Mengajar Sebagai Metode Program Pendampingan Psikobudaya Masyarakat. ARTCHIVE: Indonesia Journal of Visual Art and Design, 1(1), 59-71.